pal82Avatar border
TS
pal82
SEJARAH PLASTIK
Spoiler for :

Alexander Parkeradalah seorang pemuda berkebangsaan Inggris yang menciptakan parkesine untuk pertama kalinya. Perkesine memiliki ciri-ciri seperti karet namun terbuat dari bahan organik selulosa. Parkesine inilah yang menjadi cikal bakal pembuatan plastik.

Ia pernah mendapatkan penghargaan Great International Exhibition di London pada tahun 1862. Ia juga mendirikan sebuah perusahaan, The Parkesine Company untuk meproduksi hasil risetnya dan diedarkan di pasaran. Produk dari parkesine ini diantaranya berupa medali, nampan, gagang pisau, dan manik-manik. Karena harganya yang mahal, membuat perusahaan ini menjadi bangkrut.
Perjuangannya pun diteruskan oleh Jhon Wasley Hyatt seorang ilmuwan berkebangsaan Amerika. Dalam penelitiannya, ia mencampurkan selulosan nitrat dan kamfor yang dilarutkan dalam alkohol, dan menghasilkan plastik yang dinamakan seluloid.
Hasil riset inilah yang membuat Hyatt menang dalam sebuah perlombaan ilmiah, dan ketika itu, untuk pertama kalinya ia membuat bola billiard dari plastik, yang sebelumnya terbuat dari gading gajah.
Inilah awal dari perkembangan plastik yang masih terus digunakan sampai saat kini untuk keperluan dan peralatan kehidupan sehari-hari.

Spoiler for sampel pertama parkesine:

Spoiler for parkesine:

Spoiler for dadu yg terbuat dari parkesine:

Spoiler for bola biliard / snooker dari bahan plastik:


sumber

Semoga bermafaat yah gan

emoticon-Toast
emoticon-Rate 5 Star
0
2.4K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan