annas123
TS
annas123
Satu lagi : Startup Indonesia yang sedang menanjak !
Pagi ini baca artikel yang menarik, bisa dijadikan contoh bagi para startup indonesia untuk maju, baca selengkapnya di :

http://www.teknojurnal.com/2012/12/0...jutaan-rupiah/



Artikelnya :
Pengembang Aplikasi Dibalik Aplikasi iOS yang Berharga Jutaan Rupiah
Posted by Firman Nugraha on December 6, 2012

Mungkin pembaca TeknoJurnal masih ingat dengan artikel minggu lalu yang membahas tentang sebuah aplikasi iOS buatan lokal yang berharga jutaan dan masuk di jajaran “Top Grossing” di Apple App Store. Aplikasi tersebut adalah Themis Reader Pro yang isinya seputar undang-undang di Indonesia. Nah, kali ini saya ingin membahas lebih dalam tentang pengembang aplikasi di balik aplikasi tersebut yaitu Mahoni.com melalui interview dengan tim Mahoni.com.

Awal Didirikannya Mahoni.com
Mahoni.com sendiri adalah sebuah perusahaan pengembang aplikasi mobile yang fokus di sistem operasi iOS buatan Apple. Mahoni.com bisa dibilang sudah agak lama berkutat di dunia pengembangan aplikasi mobile karena mereka didirikan pada bulan Oktober 2009 di Surabaya. Pendiri Mahoni.com pun merupakan seorang pelaku TI di Indonesia yang sudah sejak tahun 1996 berkecimpung di dunia Internet yaitu bapak Ginting Sadtyono.

Awal ide didirikannya Mahoni.com sudah mulai dipikirkan di tahun 2007 di mana iPhone seri pertama baru saja dirilis. Mahoni.com sudah melihat bahwa iPhone berbeda dari kebanyakan ponsel yang saat itu beredar. Sudah terbayang di pemikiran mereka bahwa dikemudian hari model-model ponsel dan komputer akan bergeser bentuknya seperti iPhone. Akhirnya setelah riset selama 2 tahun seputar pengembang aplikasi di iPhone, mereka sudah siap untuk masuk ke dunia pengembangan aplikasi di iPhone dan menggunakan namanama yang singkat namun mudah diingat dan bagus artinya bagi perusahaan mereka: Mahoni.

Sekarang
Saat ini, Mahoni.com telah berkembang menjadi perusahaan pengembang aplikasi iOS yang jumlah timnya mencapai 17 orang dan tersebar di Surabaya dan Jakarta. Mahoni.com kini juga lebih fokus di pengembangan produk aplikasi terutama untuk segmen e-book dan material presentasi.

Total aplikasi iOS yang sudah diciptakan dan dirilis oleh Mahoni.com sudah mencapai 39 aplikasi dan segera bertambah menjadi 50 aplikasi dalam beberapa bulan ke depan. Beberapa aplikasi yang menjadi andalan dari Mahoni.com adalah sebagai berikut:

- Themis Reader Pro, aplikasi yang berisi ribuan kitab undang-undang Indonesia
- Indonesia Paradise, aplikasi galeri yang menampilkan foto-foto seputar tempat pariwisata di Indonesia
- Travel to East Java, aplikasi travel yang berisi seputar keindahan provinsi Jawa Timur
- Discover Indonesia, aplikasi yang berisi artikel-artikel seputar dunia pariwisata di Indonesia
- Aa Gym Corner, aplikasi stand toko buku yang menjual buku-buku karya Abdullah Gymnastiar
- Aplikasi Travel to East Java, Indonesia Paradise, Discover Indonesia, dan Themis Reader Pro buatan Mahoni.com

Alasan Fokus di iOS
Mahoni.com melihat saat ini terdapat 4 platform yang handal, yaitu: IOS, Android, Windows 8 & BlackBerry.
Untuk BlackBerry, mereka tidak fokus di situ dikarenakan mereka melihat prospek ke depan yang kurang cerah. Namun, untuk BlackBerry 10 mereka masih belum membuat kesimpulan.
Untuk Android, mereka kesulitan dalam membuat sebuah aplikasi yang handal, stabil dan kuat. Ini disebabkan oleh banyaknya jenis perangkat keras dengan ukuran yang berbeda-beda dan juga versi sistem operasinya yang juga bervariasi di ponsel-ponsel berbasis Android yang beredar saat in. Hal-hal tersebut menyulitkan membuat aplikasi yang bisa jalan lancar di semua perangkat. Hingga saat ini Mahoni.com hanya sampai di tahap riset dan pengembangan saja untuk Android dan baru membuat 2 aplikasi Android. Prospek pasar di Android paling besar menurut mereka namun mereka kesulitan untuk mendapatkan penghasilan di Android.
Untuk Windows 8, mereka masih melihat perkembangan sistem operasi dan perangkat keras yang ada. Jika mereka melihat prospeknya bagus maka mereka juga akan masuk ke dunia ini.
Dari keempat sistem operasi tersebut, mereka melihat bahwa infrastruktur iOS dari Apple paling lengkap dan itu sangat memudahkan dan membantu mereka sebagai pengembang aplikasi sehingga mereka bisa berkonsentrasi dalam mengembangkan suatu aplikasi dan mendapatkan hasil dari penjualan aplikasi-aplikasi tersebut.

Ke Depan
Mahoni.com saat ini sedang mengembang aplikasi berjenis “Newstand” dari sebuah majalah terkenal di Indonesia yang sudah berumur 50 tahun. Dalam waktu dekat akan siap dan segera dirilis di App Store. Mahoni.com juga akan meluncurkan aplikasi translator bahasa yang tidak membutuhkan koneksi Internet dan aplikasi yang dapat menjual ratusan majalah Indonesia (seperti Wayang Force & Scoop).

Selain aplikasi-aplikasi tersebut, Mahoni.com masih menyelesaikan proyek-proyek aplikasi yang sedang berjalan yang berjumlah sekitar 20 aplikasi. Dalam waktu beberapa bulan lagi mereka menargetkan aplikasi-aplikasi tersebut dirilis di App Store dan menjadikan Mahoni.com sebagai pengembang aplikasi Indonesia yang mempunyai jumlah aplikasi terbanyak di App Store secara de-facto.
Diubah oleh annas123 13-12-2012 03:38
0
24.5K
272
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan