berbagikomengAvatar border
TS
berbagikomeng
16 Pemda Berintegritas Rendah (CEK DAERAH MASING-MASING)
emoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara PleaseJAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei integritas sektor publik 2012 yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi menunjukkan ada 16 pemerintah daerah yang mendapatkan nilai di bawah standar. Hasil survei integritas tersebut dipaparkan KPK di hadapan sejumlah intansi pemerintah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Deputi Pencegahan KPK Iswan Helmi mengatakan, survei dilakukan dengan mengukur integritas terkait dengan tiga unit pelayanan di daerah, yakni kepengurusan kartu tanda penduduk (KTP), kepengurusan surat izin usaha perdagangan (SIUP), dan izin mendirikan bangunan (IMB). Adapun 16 pemda yang mendapat skor di bawah standar, atau di bawah enam, adalah sebagai berikut :

1. Pemerintah Kota Depok

2. Pemerintah Kota Cirebon

3. Pemerintah Kota Medan

4. Pemerintah Kota Jayapura

5. Pemerintah Kota Bima

6. Pemerintah Kota Ternate

7. Pemerintah Kota Palu

8. Pemerintah Kota Kendari

9. Pemerintah Kota Bandung

10. Pemerintah Kota Serang

11. Pemerintah Kota Bengkulu

12. Pemerintah Kota Semarang

13. Pemerintah Kabupaten Jember

14. Pemerintah Kotra Metro

15. Pemerintah Kota Bandar Lampung

16. Pemerintah Kota Bekasi

Menurut Helmi, survei ini sekaligus peringatan awal kepada instansi pusat, instansi vertikal, maupun pemerintah daerah untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas dalam kegiatan layanan publik. “KPK akan terus melalukan pemantauan terhadap berbagai sektor pelayanan publik yang ada di instansi pusat maupun daerah,” ujarnya.

Dia mengatakan, survei dilakukan dengan menggabungkan dua unsur, yakni pengalaman integritas dengan bobot 0,667 dan potensi integritas yang menyumbang bobot 0,333. Adapun pengalaman integritas mencerminkan pengalaman responden terhadap tingkat korupsi yang dialaminya sedangkan potensi integritas merefleksikan faktor-faktor yang berpotensi menyebabkan korupsi.

Survei berlangsung pada Juni-Oktober 2012 dengan melibatkan 5.640 responden di tingkat pemda. “Seluruh responden merupakan pengguna langsung dari layanan publik yang disurvei dalam satu tahun terakhir. Dalam survei ini standar minimal integritas yang ditetapkan KPK adalah 6,00,” kata Helmi.

Selain mencatat 16 pemda yang masih di bawah standar, hasil survei integritas tersebut menunjukkan empat pemda yang dianggap baik. Keempatnya adalah Pemkot Bitung, Pemkot Pare-pare, Pemkot Banjarbaru, dan Pemkot Banda Aceh.

YUUKKK,, KITA BANGUN INDONESIA DIMULAI DARI KESADARAN INDIVIDU MASING-MASINGemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-No Sara Please
0
3.6K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan