alexa-tracking

Nissan B13 Community (Sunny / Sentra Genesis) Official Thread...

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010566000/nissan-b13-community-sunny---sentra-genesis-official-thread
Quote:


hadeh lier bongkar sendiri....maklum udah generasi tuwir om..
Quote:


Ane jawab ya :
2. Paking atau gasketnya biasanya gak rusak Om kalo nyopot IACV, makanya jgn dipakein sealent banyak2. Atau malah kalo masih ada packing nya dan kondisi masih bagus, gak usah ditambahin sealent juga gpp.
3. Ketutup Om, pan kalo lihat di body ECCS nya cuma ada satu lubang doang khan (yang besar), lubang kecilnya gak ada. Itu ketutup sama packing nantinya.
4. Kalo gak ada gasket atau packingnya bisa bikin dgn nyeplak bentuk luar IACV nya. Kemaren waktu ane bongkar IACV juga gasketnya ancur karena ane kebanyakan pake sealent, jadi pas dibongkar gasketnya nempel semua. Mau gak mau dikerok pake cutter biar bersih. Setelah itu ane bikin gasket abal2 dari kertas bungkus rokok A-Mild (kebetulan kemaren nemunya bungkus rokok ini doang). Kasih sedikit sealent, mau sealentnya diolesih di packing atau di body eECCS sama aja. Naaah misal pas bongkar IACV dah gak ada gasketnya ya pastiin masangnya lagi nanti pake sealent secukupnya.

Btw, nyambung infonya yang baru terungkap dari B13 gorup di FB kalo ternyata selang vakum booster rem bocor. Kalo aja kondisi ini diawal dikasih tau mungkin analisa nya gak meleber kemana2. Kondisi vakum yang bocor mempengaruhi idle Om Gus. Jadi ini di prioritasin dulu penyelesaiannya, cari selang vakum booster yang bener sebagai gantinya.

Kalo di kasus ane pernah ngalamin ujung selang vakum booster rem pecah, tapi masih bisa diakalin dgn potong seperempat trus ganti selang biasa (yang bagus yang tahan vakum). So far sampe sekarang aman2 aja. Walau gitu ane tetep ngerekomendasiin ganti sama selang vakum booster rem yang utuh juka memungkinkan. Selang IACV juga begitu, pastikan gak ada yang pecah atau bocor. Kalo selang ini sedikit lebih mudah utk replacementnya, karena gak ada valve nya seperti halnya selang vakum booster.


~Prianto~
baru sempat bersihin Air Filter, Air Flow sama throttle body. Untuk IACVnya belum sempat... waktu pengerjaannya tidak sampai 60 menit

Nissan B13 Community (Sunny / Sentra Genesis) Official Thread...

Nissan B13 Community (Sunny / Sentra Genesis) Official Thread...

Nissan B13 Community (Sunny / Sentra Genesis) Official Thread...
Quote:


absen sore sambil nyimak, mantab jaya acara ngoprek barengnya, istimewa sampe2 toko tetangganya Om Ary ditutup smua nyambut tim VIP B13 kaskus emoticon-Ngakak
Quote:

1. maf sensor ane semprot2 dengan maf cleaner setelah keliling2 seluruh toko onderdil mobil di ptk, akhirnya dapat di ACE
2. Mobil dinyalakan setelah socket dipasang.
Kasus yg terjadi setelah iacv dan maf dibersihin sama yaitu mobil nyala sekali kick dan pada rpm diatas 2500 bagus, cuman pada kasus setelah iacv dibersihin, bunyi mesin lebih stabil dan halus, tapi itupun tidak berlansung lama sekitar 30 detik trus rpm drop dan gak lama mati.
Yang ane heran setelah sekali kick nyala, habis mati trus distart susah sekali bahkan seringnya gak mau nyala.
Apa mesin nyala settelah disempot2 pake carbu cleaner dan maf cleaner bukan karena doping dari bahan cleaner tersebut yg masih tersisa? sehingga setelah bahan cleaner habis, mesin trus mati dan gak mau nyala?
tapi ini baru pikiran ane om,

harap dibaca baik2 dari awal sampe akhir

Quote:


setelah dibaca2 betmen rasa gak perlu terlalu banyak quotenya, langkah pertama ya quote penyakitnya dulu aja...

ini kayaknya betmen pernah ngalamin deh, kebetulan kejadiannya di ichan & di SJ410 betmen... dua mobil, gejala ampir sama, penyebab yang berbeda..

sebelumnya maaf, betmen gak bermaksud mentahin lagi analisa dari temen2 disini ya.. selain itu betmen juga gak punya maksud buat bikin om lugazh pusing karena ada masukan baru dan aneh lagi dari betmen...

gejala gene om lugazh, kalo betmen rangkum tuh kira2 gini (kalo salah tolong koreksi)
Spoiler for "klik : penyakit":


sebelumnya betmen mo tanya dulu, itu kalo mesin nyala setelah mati karena stall & di start dalam waktu lama, knalpot keluar asap gak? mungkin putih atau agak kehitam2an asapnya...

disini betmen kasi suspect ke bagian bahan bakar... kalo menurut om pri, setelah fuel pump ma fuel filter diganti, suplai bahan bakar gak ada masalah.. betmen setuju disitu, tapi bukan berarti mesin harus normal setelah fuel pump ma fuel filter diganti... soalnya perjalanan bahan bakar ke mesin tuh gak cuma lewat dua part itu aja, tapi masih ada fuel rail ma nozzle injector...
btw fuel filter yang diganti yang di dalem ruang mesin aja atau sekalian yang di deket tanki bensinnya?

saran betmen, disini om lugazh kalo misal belum terlalu menguasai bagian2 mesin/elektikal mobil & gak terlalu yakin buat jalaninnya, mending minta bantuan mekanik senior kepercayaan atau bengkel yang profesional (gak harus bengkel resmi)... maap ya om lugazh, betmen gak bermaksud merendahkan om lugazh atau nganggap om lugazh gak bisa kerjain.. cuma disini betmen mo ngingetin kalo ini bukan bahan DIY biasa2 alias resikonya agak tinggi juga.. tapi kalo misal om lugazh merasa mampu jalaninnya, ya bagus aja soalnya bisa buat tambah pengalaman juga... maap kalo om lugazh merasa gak berkenan emoticon-Smilie

pertama yang harus dilakukan, start dulu mesin, tahan nyala bentaran aja gak usah sampe bermenit2 dibawah 1 menit juga gak masalah.. kalo nyalanya harus sambil tahan pedal gas di rpm menengah, tahan aja dulu.. setelah beberapa saat lepasin gasnya terus kalo mesinnya mulai stall biarin aja sampe mati...

ini saatnya periksa beberapa kemungkinan, klik spoiler dibawah..
Spoiler for "klik : cara ngetes":

jawaban pertama, kalo busi ternyata basah bensin atau bau bensin yang menyengat :
Spoiler for "klik : pertama":


kalo misal gak sesuai dengan jawaban pertama, ini jawaban kedua, kalo busi gak ada basah/bau bensin menyengat :
Spoiler for "klik : kedua":



penanganan selanjutnya, untuk jawaban kedua ampir bisa disebut wajib dilakukan tapi kalo ternyata cocok ma jawaban pertama, ini gak harus dilakukan...

jawabannya di post yang bawah ya om, kasian postingan betmen yang bawah dianggurin emoticon-Big Grin

Smile 
ini juga baca baik2 ya

ngelanjutin postingan atas, coba nozzle injectornya dibersiin deh..

ini kerjaan buat yang udah level intermediate sampe expert ya, beginner gak disarankan dan jangan lupa untuk DIY, Do With Your Own Risk alias betmen gak ikut tanggung jawab kalo ada kegagalan dalam pengerjaan yang berdampak kerusakan kecil maupun fatal emoticon-Smilie

Spoiler for "klik : bersiin nozzle":


sekali lagi betmen ngingetin, Do With Your Own Risk ya, betmen gak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi akibat kesalahan proses pengerjaan emoticon-Smilie


kenapa betmen ngasi analisa ini di 2 post ini?

pertama, di ichan betmen pernah kejadian mesin stall terus pas pertama idup.. setelah mati susah gila nyalainnya, walaupun udah nyala tapi tetep aja stall terus... pas dibuka busi, itu busi basah sama bensin aja.. itu berarti kalo di mobil karbu, bensinnya banjir jadi susah nyala bener mesinnya...
betmen juga gak ngerti kenapa injeksi bisa banjir, sampe sekarang masih jadi misteri.. tapi waktu itu betmen ngatasinnya ya itu, cabut sekering fuel pump, paksa sampe nyala mesinnya, pas mesin mati karena abis bensin ya betmen coba nyalain lagi aja... Alhamdulillah sampe sekarang normal2 aja emoticon-Big Grin

kedua, di SJ410, tempo hari pernah juga ngalamin kayak gitu.. mesin stall setelah nyala pertama kali, kalo sampe mati, susah banget buat nyalanya lagi... disitu betmen ngatasinnya pas mesin pertama kali nyala, gas ditahan dulu di rpm menengah (diatas 2000) selama beberapa menit... setelah beberapa menit itu, mesin baru bisa stabil.. usut punya usut ternyata spuyer karburatornya kekecilan, setelah diganti sama yang lebih besar spuyernya, sampe sekarang normal lagi gak ada apa2 emoticon-Stick Out Tongue
apa hubungannya spuyer ma injeksi? siapa tau nozzle injectornya mampet & gak nganterin bbm dengan baik dan akhirnya bensin tekor... who knows kan emoticon-Wink




sekarang kalo ternyata semua yang betmen bilang diatas gak berhasil, nampaknya itu bener2 banyak yang harus diperiksa deh om lugazh... termasuk apa yang udah ditulis ma om pri juga... soalnya betmen kebetulan gak bisa menganalisa dengan baik kalo mobilnya gak ada di depan betmen langsung... maklum betmen nubietol emoticon-Malu (S)


tapi semoga tulisan betmen yang pendek maksa ini bisa bantu om lugazh menyelesaikan masalahnya & makin awet ma genenya amiiiiiiin.....

oh iya, biasakan setiap ngerjain apapun ketika perbaikan ini, cabut kutub negatif (-) aki & jangan lupa juga pasang lagi kalo mau test emoticon-Smilie


sekali lagi makasih, dan betmen sebagai nubietol mohon maap kalo replynya panjang banget emoticon-Smilie




emoticon-Paw
Quote:


Nunggu jwban betmen....
emoticon-Toast
Quote:


bikin strutbar ada yang tau kah om-om?
Quote:


maap OOT, klik link INI om, postingan betmen buat om...

makasi emoticon-Smilie

selang radiator bawah

Lapor Bos.. bis beli :
1. selang radiator atas Rp.15.000 (KW punya katana)
2. selang radiator bawah Rp. 125.000 (KW B13)emoticon-Games
lokasi atrium senen.... pissss
Quote:


nyimak sambil manggut2 narik jenggot...
Quote:


kita jo rasa om..sabar.. telp aja toko spart nissan di senen om, mereka bisa kirim.
No Afgan No Rosa.. Kotak: pelan pelaann..sajjaaemoticon-Cendol (S)
Quote:


Coba cek LINK INI

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Quote:


pelan2...masih peret yak..?emoticon-Ngakak
Quote:


Siap om Pri...ntar ane upload fotonya

DRL ane beli di kaskus emoticon-Toast
Quote:


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

T-Shirt Nissan B13 Series

Pake gak ya buat kopdar besok..... emoticon-Toast

Nissan B13 Community (Sunny / Sentra Genesis) Official Thread...

Nissan B13 Community (Sunny / Sentra Genesis) Official Thread...

~Prianto~
Quote:


Pake donk oum....emoticon-Ngakak
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Quote:


Uwwaaahhh..udah jadi ajaaahhh..mantaapp
Just info Nih Om ... Kemaren maren ane ambil cuti (ngabisin cuti tahunan juga). emoticon-Matabelo
Dengan nekatnya ane bongkar sendiri power window bermodal postingan DIY service Power window yang di posting Om Pri dan Om Edu.

Alhamdulillah ane berhasil ganti kabel baja yang kusut pake kabel gas motor vespa (ane cuman pake 1 kable udah cukup) alhasil jendela dah bisa naek turun lagi ....
emoticon-Kiss makin cinta nih sama group ini ... banyak manfaat yg bisa kita ambil ... keep posting Bro ...