triadnolpanAvatar border
TS
triadnolpan
Harga Cabai di Temanggung Membaik
TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Petani cabai di kabupaten Temanggung tengah menikmati masa panen pada akhir musim kemarau tahun ini, dengan harga yang terus membaik. Dalam waktu sepekan terakhir harga komoditas cabai terus mengalami peningkatan harga.

Barkah (44), petani Desa Kranggan, Kecamatan Kranggan mengatakan, harga cabai di tingkat petani dalam satu minggu terakhir semakin membaik. Cabai keriting hijau dihargai Rp 10.000/kg, naik dari sebelumnya Rp 9.000/kg.

"Harga Rp 9.000/kg itu bertahan cukup lama. Tapi sejak seminggu lalu naik jadi Rp 10.000/kg. Ini mengejutkan kami, soalnya satu setengah bulan lalu harganya cabai keriting hijau sempat anjlok di harga Rp 5.000/kg,"ujarnya kemarin.

Barkah sendiri memiliki lahan seluas 1.500 meter persegi. Dari total lahan itu didapat hasil panen bervariatif. Pada awal panen, sekali petik bisa memperoleh 18-20 kilogram cabai. Namun, pada puncak panen bisa sampai 60 kilogram sekali petik. Sementara itu, Parjono (43), petani lainnya mengatakan selain cabai keriting hijau, cabai rawit saat ini harganya juga naik. Semula Rp 11.000/kg sekarang menjadi Rp 14.000/kg.

Menurutnya, kenaikan harga cabai ini dikarenakan persediaan di tingkat petani menipis. Pasalnya, kebanyakan petani di Temanggung baru saja usai menanam tembakau sehingga lahan masih banyak yang dibiarkan. Bahkan untuk daerah Temanggung selatan masih memasuki musim panen tembakau.
( Raditia Yoni Ariya / CN26 / JBSM )

SUMBER :
Quote:


Quote:
0
1.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan