w4y4ng.kulitAvatar border
TS
w4y4ng.kulit
Memprediksi HARGA dengan analisa CANDLESTICK
Maaf thread ini kalau seandainya ini thread dasar, atau pengetahuan umum dari pola dasar dan dinamika trading menggunakan analisa candlestick. Thread ini saya buat untuk memahami lebih jauh lagi tentang sebuah candlestick untuk menganalisa market agar mengetahui kecendrungan harga apakah akan bergerak naik atau bergerak turun dengan pola candlestick.

Next:
Analisa teknikal adalah metode analisis berdasarkan pergerakan harga saham sesuai dengan kemungkinan teknis dari historical data statistic pergerakannya pada jangka waktu tertentu (Tryfino, 2009:18)

Analisis teknikal merupakan suatu teknik yang meggunakan data atau catatan pasar untuk berusaha mengakses permintaan dan penawaran suatu saham, volume perdagangan, indeks harga saham baik individual maupun gabungan, serta faktor-faktor lain yang bersifat teknis (Husnan, 2001:338).

Model analisis teknikal lebih menekankan pada perilaku pasar modal dimasa datang berdasarkan kebiasaan dimasa lalu. Analisis ini berupaya untuk memperkirakan harga saham (kondisi pasar) dengan mengamati perubahan harga saham tersebut (kondisi pasar) diwaktu lalu. Para penganut analisis ini, menyatakan bahwa :

a. Harga saham mencerminkan informasi yang relevan.
b. Informasi tersebut ditunjukkan oleh perubahan harga saham diwaktu lalu.
c. Karena perubahan harga saham akan mempunyai pola tertentu, maka pola tersebut akan berulang.

Analisis teknikal mengamati pembentukan grafik harga dengan berbagai varian yang mungkin terjadi dibandingkan dengan perilaku harga sebelumnya. Sekalipun analisis teknikal mempertimbangkan data-data statistik lainnya, namun perangkat utama analisis adalah pada grafik harga yang dianggap dapat memenuhi prediksi harga terkini dan kecenderungannya.

Tujuan pokok mengamati grafik adalah :
1. Secepat mungkin menemukan kecenderungan harga
2. Memperkirakan kemungkinan waktu dan jarak kecenderungan itu
3. Memilih saat yang paling menguntungkan untuk masuk dan keluar pas

Bagi analis teknikal, berlaku semboyan “ harga tanpa pergerakan cenderung bertahan (diam tanpa gerakan), sedangkan harga yang bergejolak cenderung akan tetap bergejolak.”

Mereka berburu kesempatan isyarat perubahan harga dari keadaan diam menjadi bergejolak atau saat kecenderungan harga berbalik arah atau gejolak harga berakhir tanpa gerakan.

Namun,ada tiga prinsip yang bisa digunakan sebagai patokan dalam memahami analisis teknikal, yaitu:
1. Refleksi semua kejadian. Segala sesuatu yang terjadi yang bisa mempengaruhi baik yang rasional maupun irasional sudah di refleksikan dalam harga yang terbentuk.
2. Tren. Harga bergerak dalam suatu tren, dan tren ini tidak mungkin di manipulasi. Jika tren memang bergerak kearah naik, tidaklah mungkin membuatnya turun, kecuali dalam suatu titik tertentu akah terjadi puncak untuk kemudian berbalik arah (reversal).
3. Selalu berulang. Aksi pasar (market action) selalu berulang. Artinya, para analis teknikal percaya bahwa setiap investor akan mengulangi tindakan yang sama jika kondisi pasar yang terjadi juga sama. Keadaan ini biasanya dipetakan dalam suatu diagram yang populer dengan sebutan chart (sehingga para analis teknikal sering juga disebut sebagai chartist).

Sasaran yang ingin dicapai dari analisis adalah ketepatan waktu dalam memprediksi pergerakan harga jangka pendek suatu saham, oleh karena itu informasi yang berasal dari faktor-faktor teknis sangat penting bagi pemodal untuk menentukan kapan suatu saham dibeli atau harus dijual.

Analisa Candlestick merupakan bentuk analisa teknikal yang menggunakan batang-batang lilin sebagai deskripsi pergerakan saham dan informasi saham pada periode waktu tertentu.

Metode analisis ini adalah aplikasi dari analisis teknikal candlestick dengan menggunakan pendekatan formulasi untuk melihat formula candle yang terjadi. Setiap harga mengandung informasi. Untuk itu, diperlukan data mengenai harga Open, High, Low dan Close dari perusahaan agar dapat mengaplikasikan pendekatan formulasi dalam melakukan analisis Candlestick.

Kalau seandainya kepada forumer yang ada disini dirasa thread ini tidak berguna diharapkan agar memberikan statement yang mendidik dan tidak mendzat dan membuat perdebatan yang tidak memberikan arti apa-apa. Tujuan saya disini hanya ingin mengedukasi pengertian candlestick itu sendiri dan tidak berjualan e-book atau menjanjikan keuntungan dalam trading.

Thx b4 semoga bermanfaat. SALAM TRADER
tata604
tata604 memberi reputasi
1
7.2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan