ibnutiangfeiAvatar border
TS
ibnutiangfei
Karya Siswa SMK, Kulit Durian Bisa Jadi Baterai


Selama tiga hari, ratusan siswa SMK dari 38 kota dan kabupaten di Jatim unjuk kreativitas dan inovasi, dalam Gelar Karya dan Pameran SMK dan Perguruan Tinggi di Jatim Expo, Jumat (14/9/2012).

Dalam pameran, ditampilkan berbagai karya siswa yang memiliki keunggulan inovatif dan belum ada di dunia industri. Salah satunya, adalah sepeda motor berbahan bakar elpiji karya siswa SMKN Bangkalan.

Adapula sepeda motor yang ditambah dengan retrofit sebuah penggerak motor yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, ada juga karya paling inovatif, menciptakan bahan baterai dari bahan kulit durian. Inilah karya siswa SMKN 1 Cerme, Gresik.

"Baterai ini bisa kita buat dengan memanfaatkan kulit bagian dalam durian. Selain tahan lama, baterai ini sangat ramah lingkungan dan mudah pembuatannya," ucap Nurlaili Chodriyah, siswa SMKN 1 Cerme.

Cara membuatnya, baterai bekas dikeluarkan isinya. Kemudian diisi dengan kulit durian bagian dalam yang sudah diblender. Setelah itu ditutup dan bisa digunakan. Bateri ini diberinama nice batteray dry cell.

"Inspirasinya, saat kami mencari informasi dari internet dan diketahui kalau kulit durian bagian dalam mengandung kalium dan natrium. Zat inil merupakan kandungan dalam baterai," tambah Nurlaili.

Pameran ini dibuka oleh Sekdaprov Rasiyo. "Siswa SMK perlu ajang untuk mewadahai dan mengapresiasi karyanya dengan pemeran seperti ini. Kami sangat mengapresiasi," kata Rasiyo.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun menuturkan, sudah banyak lulusan SMK yang langsung ditawari kerja di industri karena memiliki skill. "Kita juga gandeng perguruan tinggi untuk bisa berinteraksi dengan siswa," ujarnya.


SUMBER

semoga acara2 serupa lebih sering digelar...agar karya2 inovatif siswa SMK dapat tersalurkan dan diketahui publik....emoticon-2 Jempol

Silahkan Mampir ke Trit ane yg lain:

Akibat Konsumsi Narkoba, 50 Orang Tewas Setiap Hari di Indonesia
The Rainbow Troops[Laskar Pelangi Edisi Internasional]Sudah Bisa Dipesan di Amazon
Google dan BNPB akan Kerja Sama Publikasikan Data Bencana
Atlet Ini Dedikasikan Emasnya untuk Korban Banjir Bandang
[HOT INFO]DKI Terapkan Peraturan Gedung Hijau di 2013
Wali Kota Termuda Usia 15 Tahun Terinspirasi Soekarno
Burung Albatross Jadi Inspirator Pesawat Masa Depan
Empat Pulau Di Indonesia Dikaji Untuk Bandar Antariksa
[PARAH]Selain Juara Korupsi, Indonesia Juga Juara Merokok!
Bekasi dan Bandar Lampung Kota Terkotor se-Indonesia
Bebas Plagiarisme, Perpustakaan ITS Jadi Nomor 1

Jika berkenan mohon sumbanganemoticon-Rate 5 Star -nya
Syukur2 dihujani emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan