p4mun6k45Avatar border
TS
p4mun6k45
Langkah memperkuat cahaya batin
CARA MEMBUAT HATI LEBIH MULIA

ADA BEBERAPA LANGKAH

YANG MEMILIKI PENGARUH POSITIF TERHADAP KECERMELANGAN
CAHAYA BATIN MANUSIA YAITU :


•\t1.\tZidkir
•\t2.\tDo’a
•\t3.\tSholawat nabi
•\t4.\tMakanan halal dan bersih
•\t5.\tBerpantang Dosa besar
•\t6.\tBerhati Ikhlas dan Berpantang Tamak
•\t7.\tBersedekah ( Dermawan)
•\t8.\tMengurangi Makan dan Tidur
•\t9.\tZdikir Kalimat Toyyibah
•\t10.\tMengenakan Wewangian

Beberapa hal tersebut diatas apabila diamalkan, Insyaallah seseorang akan memiliki cahaya/ kekuatan batin yang kuat sehingga apa yang terprogram dalam hati akan cepat terlaksana.

1.\tZdikir

zdikir memiliki pengaruh yang kuat terhadap kecermelangan cahaya batin. Hati yang selalu terisi dengan Cahaya Zdikir akan memancarkan Nur Allah dan kekeberadaannya akan mempengaruhi perilaku serba positif.

Kebiasaan melakukan zdikir dg baik & benar akan menimbulkan ketentraman hati & menumbuhkan sifat ikhlas. Hikmah zdikir amatlah besar bagi orang yg ingin membangkitkan indera keenamnya (hati). Ditinjau dari sisi Ibadah,Zdikir merupakan latihan menuju Ikhlasnya hati & Istiqomah dalam berkomunikasi dg AL Kholiq (Sang pencipta).

Ditinjau dari sisi kekuatan batin,Zdikir merupakan metode membentuk & memperkuat Niat Hati, sehingga dg seijin ALLAH SWT, apa yg terdapat dalam hati, itu pula yg akan dikabulkan oleh ALLAH.Dengan kata lain Zdikir memilik beberapa manfaat diantaranya : membentuk, memperkuat kehendak, Mempertajam Batin, sekaligus bernilai Ibadah.

Dengan zikir berarti membersihkan dinding kaca Batin, Ibarat bohlam yg tertutup kaca yg kotor,menyebabkan cahaya sinarnya tidak muncul keluar secara maksimal.Melalui Zikir,berarti membersihkan kotoran yang melekat sehingga kaca menjadi bersih & cahaya sinarnya bias memancar keluar.
Dalam sebuah Hadist,Bahwa dg selalu mengingat ALLAH menyebabkan ALLAH membalas ingat kepada hamba-Nya “Aku selalu menyertai dan membantunya,selama ia mengingat Aku” karena itu, agar Allah senantiasa mengingat kita,perbanyaklah mengingat-Nya dg selalu berzikir.

2.\tDo’a

\tSeseorang yg ingin memiliki kekuatan Rohani pada dirinya,hendaklah memperbanyak do’a kepada orang lain,disamping untuk diri sendiri dan keluarganya. Caranya, cobalah anda mendo’akan seseorang yg anda kenal dimana orang itu sedang mengalami kesulitan.

\tMenurut para Ahli Hikmah, Seseorang yg mendo’akan sesamanya maka reaksi doa itu akan kembali kepadanya,contohnya : Anda mendoakan si “ A “ yg sedang berduka agar Allah berkenan mengeluarkan dr kedukaan, maka yg pertama kali merasakan reaksi do’a itu adalah orang yg mendo’akan,baru setelah itu reaksi do’anya untuk orang yg dituju. Karena itu semakin banyak anda berdo’a,semakin banyak pula kebaikan yang anda rasakan. Sebaliknya jika anda berdo’a untuk kejelekan maka reaksi do’a tersebut akan kembali kepada anda
\tTetapi dalam sebuah Hadist desebutkan, seseorang yg berdo’a untuk kejelekan sesamanya maka do’a itu melayang-layang di Angkasa,jika orang yg dido’akan jelek itu orang zholim maka Allah SWT akan memperkenankan do’anya,sebaliknya jika orang yg dituju itu orang baik maka do’a itu akan kembali menghantam orang yg berdo’a.
\tDari sini lalu timbul konsep “ Saling Do’a men Do’akan” seperti seperti guru memberikan do’a berupa surat AL Fatehah kepada muridnya.Sebaliknya muridpun berdoa untuk kebaikan gurunya.Lalu siapa yg patut disebut guru / guru adalah orang yg memberikan informasi pengetahuan akan suatu ilmu dimana ilmu tersebut kita amalkan dan bermanfaat.
\tDalam hadist lain disebutkan bahwa yg mudah dikabulkan adalah do’a yg diucapkan oleh seorang sahabat secara rahasia. Mengapa ?? ini disebabkan karena do’a itu diucapkan secara ikhlas.keikhlasan memiliki nilai (kekuatan) yg sangat tinggi.
\tDisamping itu, mendo’akan memiliki nilai dalam membentuk kepribadian yg lebih peka terhadap persoalan orang lain. Jika hal itu dikaitkan dengan janji ALLAH : Barang siapa mengasihi yang dibumi maka yang dilangit akan mengasihinya,berlakulah hukum timbal balik. Siapa menanam kebajikan ia akan menuai kebajikan pula,sebaliknya jika ia menanam kezaliman maka iapun akan menua kezaliman juga.


3.\tSholawat Nabi

\tMungkin sudah sering / pernah mendengar nasehat dari orang-orang tua kita bahwa kalau ada bahaya,kita disarankan salah satunya untuk memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

\tKonon dengan mendo’akan keselamatan kepada nabi, Allah SWT akan mengutus para Malaikatnya untuk ganti mendoakan keselamatan kepada orang itu, Dalam beberapa Hadist Rosululloh banyak kita temukan berbagai keterangan tentang afdalnya bersholawat. Diantaranya “ Setiap Do’a itu tertandingi,sampai dibacakan Sholawat Nabi “ (HR. Ad-Dailami ).
\tPada hadist yg lain yg diriwayatkan oleh Ahmad, Nasa’I, dan Hakim, Rosululloh SAW bersabda “ Barang siapa membaca Sholawat kepadaku dalam sehari seratus sekali,maka ALLAH membalas Sholawat untuknya sepuluh kali dan menanggalkan sepuluh kesalahan darinya dan meninggikan sepuluh derajat “.
\tYang berkenaan dengan urusan kekuatan Batin, terdapat dalam Hadist yg diriwayatkan Ibnu Najjar dan jabir, “ Barangsiapa ber-sholawat kepadaku dalam satu hari seratus kali,,aka ALLAH SWT memenuhi seratus hajatnya,tujuh puluh daripadanya untuk kepentingan akherat dan tiga puluh lagi untuk kepentingan dunia “.
\tBerdasarkan hadist-Hadist itu,benarlah jika orang-orang tua kita menyuruh anak- anaknya untuk memperbanyak sholawat kepada anak cucunya.Karena selain merupakan penghormatan kepada junjungannya juga memiliki dampak yg menguntungkan dunia dan akherat.

4.\tMakanan Halal dan Bersih

\tSeseorang yg ingin memiliki kekuatan batin bersumber dari tenaga Ilahiyah harus memperhatikan makanannya.Baginya pantang kemasukan makanan yang haram karena keberadaannya akan mengotori hati.
\tMakanan yg haram akan membentuk jiwa yg kasar & tidak religius.Makanan yg haram disini bukan hanya dilihat dr jenisnya saja (misalnya : Babi, bangkai, dll),tapi juga dr cara dan proses untuk mendapatkan makanan tersebut.
\tEfek dr makanan yg haram ini menyebabkan jiwa sulit untuk diajak menyatu dg hal-hal yg positif, seperti : dibuat zikir tidak khusuk,berdoa tidak sungguh-sungguh & hati tidak tawakal kepada Allah.
\tDaging yang tumbuh dr makanan yg haram selalu menuntut utk diberi makanan yg haram pula.Seseorang yg sudah terjebak dlm lingkaran ini sulit untuk melepaskannya,sehingga secara tdk langsung menjadikan hijab seseorang memperoleh getaran / cahaya Ilahiyah.
\tDisebutkan, setitik makanan yg haram memberikan efek terhadap kejernihan hati.Ibarat setitik tinta yg jatuh diatas kertas putih, semakin banyak unsur makanan yg haram masuk,ibarat kertas putih yg banyak ternoda tinta.Sedikit demi sedikit akan hitamlah semuanya.
\tHati yg gelap menutupi hati nurani,menyebabkan tidak peka terhadap nilai-nilai kehidupan yg mulia .Seperti kaca yg kotor oleh debu-debu,sulitlah cahaya menembusnya.Tapi dengan zikir dan menjaga makanan haram,hati menjadi bersih bercahaya.
\tBegitu halnya jika anda menghendaki dijaga oleh para malaikat Allah,jangan kotori diri anda dengan darah dan daging yg tumbuh dari makanan yg haram. Inilah mengapa para ahli ilmu batin sering menyarankan seorang calon siswanya agar memulai suatu pelajaran dengan laku batin seperti puasa.
\tKonon puasa itu bertujuan mensucikan darah dan daging yg timbul dr makanan yg haram. Dengan kondisi badan yg bersih, diharapkan Ilmu batin lebih mampu bersenyawa dg jiwa & raga. Bahkan ada suatu keyakinan bahwa puasa tidak terkait dengan suatu ilmu. Fungsinya hanya untuk mempersiapkan wadah yg bersih terhadap ilmu yg akan diwadahinya.


Sebenernya masih ada 6 point lagi tp akan TS lanjutkan jka dianggap emang bermanfaat

Disini TS hanya sekedar berbagi saja demi tercapainya rohani pribadi yg lebih baik,jika ada yang mengatakan repost silahkan saja emoticon-Bata (S) , tapi TS minta kiriman emoticon-Bata (S) yang bagus n positif demi kuatnya pondasi keimanan kita .......Amien

Salam Salim
nona212
nona212 memberi reputasi
1
16.1K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan