sanobayuAvatar border
TS
sanobayu
Rhoma Irama Minta Maaf Kepada Ibunda Jokowi


JAKARTA: Raja Dangdut Rhoma Irama menjadi tokoh sentral pada acara Indonesia Lawyers Club di TV One yang mengangkat topik tentang SARA di Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta, tadi malam (Selasa, 14 Agustus 2012). Selain Rhoma, juga hadir dua anaknya yaitu Debbie dan Ridho Rhoma.

Pada kesempatan itu, Rhoma Irama tetap pada pendiriannya bahwa ceramah yang disampaikannya di Masjid Al Isra, Jakarta Barat, pekan lalu, adalah sesuatu yang memang wajib dia lakukan.

Menurut Rhoma, sesuai dengan kaidah Islam yang dia yakini, pemimpin itu harus dipilih dari golongan muslim, tidak boleh dari nonmuslim. “Itu akidah yang harus saya sampaikan.”

Meski begitu, Rhoma mengaku tidak punya persoalan dengan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok). “I love you all,” begitu kata Rhoma saat bertelewicara dengan Jokowi pada acara yang dipandu oleh wartawan senior Karni Ilyas.

Rhoma pun menyampaikan permintaan maafnya kepada ibu Jokowi yang dia sebut dalam ceramahnya adalah nonmuslim. Informasi tentang ibu Jokowi yang beragama Kristen, menurut Rhoma, didapatnya dari Internet. “Sampaikan permohonan maaf saya kepada ibunda.”

Jokowi sambil tertawa kecil mengatakan bahwa keluarganya adalah muslim sejak dari kakek-nenek dan bapak. Dirinya dan saudara-saudaranya sendiri pun sudah menunaikan haji sejak beberapa tahun lalu. “Masak sih saya harus omong-omong kalau sudah haji,” kata Jokowi pada acara itu.

Debbie Rhoma yang diberi kesempatan bicara oleh Karni Ilyas, bercerita bahwa ayahnya orang yang konsisten dengan akidah Islam. Namun, ayahnya juga orang yang amat toleran terhadap pemeluk agama lain.

Lalu Debbie bercerita bahwa keluarganya memiliki teman dekat yang berasal dari Ambon dan beragama Kristen. Sampai ketika temannya itu menikah, katanya, mereka sekeluarga juga sibuk mengurusi. “Ketika acara di gereja, ayah saya tidak ikut. Tetapi ketika ada acara di gedung, ayah saya menyanyi seperti tidak mau berhenti.”

Debbie tidak menjelaskan apakah Kak Rhoma, begitu panggilan akrab Raja Dangdut itu di film-filmnya, menyanyikan lagu 135 juta yang bercerita tentang keragaman suku bangsa Indonesia.

Nah, bagaimana menurut Anda tentang permintaan maaf Rhoma kepada Jokowi tersebut. Silakan komentar. (LN)
=========================================================

Ane suka omongan Jokowi “Masak sih saya harus omong-omong kalau sudah haji..." emoticon-Ngakak (S)
karena ada tuh orang yang bangga sama gelar Hajinya dan bulunya emoticon-Ngakak (S)
0
25.5K
324
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan