alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
{Terminal} Delphi and Pascal
4.74 stars - based on 58 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000872723/terminal-delphi-and-pascal

{Terminal} Delphi and Pascal

Tampilkan isi Thread
Halaman 342 dari 458
Quote:


coba dulu donlot yg baru gan, ane dulu sering gto klo pake quickrepot emoticon-Ngacir
Quote:


ane kemarin pakai yg baru gan tapi trial..
di pindah kompi softwarenya gak mau jalan emoticon-Cape d... (S)
Quote:


cari di delphi vcl threadnya ada full
Quote:


sorry gw belum pernah nyoba unit testing... jadi agak kurang paham ama unit testing...

secara essential apa ya bedanya ama tracing dengan break, f7, variables watches, dengan unit testing?

apakah unit testing itu sama spt mode pencarian otomatis akan array out of bond, overflow, divided by zero, spt di setting compiler delphi yg otomatis bisa di-set mencari kesalahan tsb dan tidak meng-ignore-nya ketika f9 ditekan?

kalau memang definisinya demikian, bagaimana dengan kesalahan logika, spt mestinya ditulis MoveBy(1) tetapi tertulis MoveBy(7) karena si programmer ngantuk misalnya?
Quote:


hampir mirip, debugertest, klo ada kesalahan bisa langsung ke unit yg dimaksud, klo salah ketik dan tidak menimbulkan result yg salah, tentu saja lewat emoticon-Big Grin
Quote:


thanks jelas banget... emoticon-Shakehand2

berarti secara sederhana bisa dijabarkan gini...

unit testing adalah suatu unit di compiler yang berfungsi untuk memeriksa apakah di suatu coding yang ditulis, ada problem teknis yang menjadi permasalahan atau berpotensi menjadi permasalahan, seperti integer overflow, string overflow, definisi yang salah (misalnya kalimat panjang dideklarasikan sbg string bukannya ansistring), divide by zero, index array out of bond, akses memory terlalu besar (misalnya mau men-create 4500 MB array statis), akses pointer ke memory address yg tidak sah, akses ke fungsi di suatu dcu yg belum diinisialisasi padahal butuh inisialisasi, dan problem2 atau potensi2 problem sejenisnya...

bener kan, gan domba?
Quote:

emoticon-Shakehand2 buener pake banget emoticon-Big Grin, malah klo pake dunit, bisa test frameworknya
http://sourceforge.net/projects/dunit/
sekarang sudah include di jcl keknya
Quote:


itu kan aturan hitungan aljabar bukan?
apa yang dihitung duluan itu ->dalam kurung->kali->bagi->tambah->kurang kan?
jadi hitungannya
1+2*3-(4-5)=1+2*3-(-1)
=1+6-(-1) => 1+6+1
= 8
gituka gan? emoticon-Big Grin
Quote:


kelamaan pake BNF

http://en.wikipedia.org/wiki/Shuntin...yard_algorithm
Quote:


iya aturan aljabar, tp komp ngga bisa langsun paham aturan aljabar itu kek gimana.. makanya butuh suatu aturan sintaktis, biar komp paham, mana di hitung duluan...

nih BNF gw jaman kuliahan, dengan judul: Program Evaluasi Fungsi Kompleks...

<pExp> = <pTerm> { <pAddOp> <pExp> }
<pTerm> = <pF> { <pMulOp> <pTerm> }
<pF> = <pOperand> { pangkat <pPangkat_ni> }

<pOperand> = "(" <pExp> ")" | <pFunc> <pExp> ")" | <pNumber> | var_X | var_Y | imajiner

<pPangkat_ni> = "(" <pExp_ni> ")" || <pNumber> || var_X || var_Y

<pExp_ni> = <pTerm_ni> { <pAddOp> <pExp_ni> }
<pTerm_ni> = <pF_ni> { <pMulOp> <pTerm_ni> }
<pF_ni> = <pOperand_ni> { pangkat <pPangkat_ni> }
<pOperand_ni> = "(" <pExp_ni> ")" | <pFunc> <pExp_ni> ")" | <pNumber> | var_X | var_Y

<pAddOp> = tambah || kurang
<pMulOp> = kali || bagi
<pNumber> = bil_real || real_neg || bulat || bulat_neg
<pFunc> = f_Cos || f_Sin || ... || f_Trunc || f_Exp

dimana:

produksi =
pExp, pTerm, pAddOp, pF, pMulOp, pOperand, pPangkat_ni, pFunc, pNumber, pExp_ni, pTerm_ni, pF_ni, pOperand_ni

//-- bagian token / terminal
bil_real, real_neg, bulat, bulat_neg, imajiner, var_X, var_Y, pangkat, kali, bagi, tambah, kurang, kurung_buka, kurung_tutup, fungsi, f_Cos, f_Sin, f_Tan, f_ArcSin, f_ArcTan, f_ArcCos, f_Ln, f_Log, f_Abs, f_Round, f_Trunc, f_Exp

monggo dinikmati dipelajari sambil ngembil kweetiauw ama nyeruput kolak pas buka nanti,,,

emoticon-Big Grin

Quote:


emoticon-Belo

btw, ente juga dr jalur sistem komputer ya mod?
gan ane coba bikin lapora per hari gak bisa terus,,,,,udah berkali" ane coba" coding laen,,tetep gax bisa,,,ne coding ane,,,,,,mohon pencerahannya gannemoticon-Bingung (S)emoticon-Sorry

var Awal,Akhir:string;

begin
quickreport1.adoquery1.Close;
quickreport1.adoquery1.SQL.Clear;
quickreport1.adoquery1.SQL.Add( 'select * from transaksi where transaksi.tgl_trans >= :Awal and transaksi.tgl_trans <= :Akhir'emoticon-Wink;
quickreport1.adoquery1.Close;
quickreport1.adoquery1.Parameters.ParamValues['Awal']:=datetimepicker1.DateTime;
quickreport1.adoquery1.Parameters.ParamValues['Akhir']:=datetimepicker2.DateTime;
quickreport1.adoquery1.Prepared;
quickreport1.adoquery1.Open;
if quickreport1.adoquery1.RecordCount > 0 then
quickreport1.preview
else
showmessage('data tidak ditemukan'emoticon-Wink;
end;
tanya lg dong emoticon-Malu

di calcfields query tu gk bisa ya di koding perulangan ??

ane mau rubah otomatis semua nilai di dbgrid jika kondisi tertentu
Quote:


perulangan macam apa dulu? kasih for, while setahu aku bisa... tapi jangan main2 dengan Next, MoveBy etc, yg memainkan record2 data di dataset, sebab bisa mengacaukan calcfields...

misalnya mau pake perulangan:

Code:

event ClientDataSet1.oncalcfield
var
c, ttl: integer;
begin
with ClientDataSet1 do
begin
ttl:= 1;
for c := 1 to 10 do
ttl := ttl * FieldByName('base').value;
FieldByName('total').Value := ttl;
end;
end;


gitu keknya bisa...

untested sih emoticon-Stick Out Tongue

help gan :(

numpang nanya gan, apa bisa import data dari excel ke stringgrid tanpa melalui database? kalo bisa gimana gan caranya?
atau simplenya copy dari kelompok data yang dipilih dari excel lalu di paste ke stringgrid.
terimakasih sebelumnya gan emoticon-Smilie
Quote:


bisa aja, kenapa tidak...

pertama file excell disave ke *.csv...

misalnya ada 4 kolom yak... id, nama, usia, kelamin...

so di delphi kamu pake logika split string kek gini:

Code:

var
Arr: TStringList;
c : integer;
begin
Arr := TStringList.Create;
... load file ke ANSIstring here ...
Split(',', strANSIstring, Arr) ;
for c := 0 to Arr.Count-1 do
StringGrid1.Cell[(c mod 4), (c div 4)] := arr[c];
end;


untested sih emoticon-Stick Out Tongue
numpang nanya jg...
ane pake quick report n jujur masih meraba2 caranya emoticon-Hammer

jd gini...
ane disuru bikin report pengelompokan groupingnya per tahun.

tp group footer nya alias summary semuanya harus ditaruh di bagian akhir report, beserta total semua.

ada ide ga ya pake cara apa?

jd kira2 kyk gini

kolom header nilai
group (tahun)
detail nilai

2004 10.000
2005 20.000
2006 30.000
TOTAL 60.000

ngutak ngatik cuma ketemu bentuk standar grup detail footer grup detail footer emoticon-Hammer
mod mod,
sumfee gw gak ngerti aplikasinya. emoticon-Hammer
ada yang agak gampang gak? emoticon-Hammer
Quote:


ini pake ClientDataSet di-query bisa kok...

Q := 'SELECT tahun, harga FROM table GROUP BY tahun ORDER BY tahun ASC'
.. do query here ..
ClientDataset1.Active := False;
ClientDataset1.Active := True;

trus ClientDataset1 tinggal dijadikan data source dr report data set... kalau aku dulu pake Rave.. jd rumusnya:

RvDataSet1.DataSource := ClientDataset1;

terus udah, dikonek di Rave reportnya... n enjoy.. emoticon-Big Grin

kl totalnya kamu bisa bikin 1 query khusus sum, terus hasilnya jadikan parameter ke report tsb emoticon-Big Grin

kalau enggak ya kamu juga bisa pake mainan group detail di report itu tadi.. cuma gw udah lupa caranya... tapi ngga susah, asal tahu properties report mana yg disetting... panduannya cari di Mbah Google aja yak

Quote:


sumfee apaan ya?
mod ada link download mydac full version yg baru gak ?? emoticon-Big Grin
udah cari2 adanya trial emoticon-Cape d...
Halaman 342 dari 458


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di