bitingAvatar border
TS
biting
Regional Karesidenan Kedu [Prime ID Only - No Clone] - Part 7
Selamat Datang
Di
۞ ◄- Regional Karesidenan Kedu -► ۞





Quote:



[size=+2]Profil Daerah
[/size]

Karesidenan Kedu (ditulis pula Kedoe atau Kedoo) adalah satuan administrasi yang berlaku di Jawa Tengah pada masa penjajahan Hindia-Belanda dan beberapa tahun sesudahnya, yang terletak di wilayah historis Dataran Kedu.

Pusat pemerintahan berada di Magelang. Wilayah karesidenan ini mencakup Magelang (kabupaten dan kota), Temanggung, Kabupaten Purworejo (dulu disebut Bagelen), Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Kebumen.



[size=+2]Sejarah
[/size]

Dalam sejarah kepurbakalaan Indonesia, dataran Kedu dikenal sebagai tempat berkembangnya peradaban Jawa Kuno dinasti Syailendra, dan merupakan daerah penting dalam sejarah kerajaan Medang.

Candi Borobudur yang terkenal itu terletak di kawasan ini. Dalam sejarah, pada abad ke-17 Kedu, sebagai sebuah kadipaten, berada di bawah kekuasaan Kesultanan Mataram yang kemudian diserahkan kepada VOC pada abad ke-18 sebagai imbalan atas bantuan VOC membantu Mataram melawan pemberontakan.

Semenjak itu, seorang residen (orang Belanda) ditempatkan untuk mengatur wilayah ini. Wilayah Karesidenan Bagelen digabungkan pada masa selanjutnya (1 Agustus 1901), dan cakupan wilayah ini berlaku hingga sekarang.



[size=+2]Peta Wilayah
[/size]


Quote:





emoticon-army: Prime ID Only - Saben Dino - Clone Dilarang Bergentayanganemoticon-army:

NB : Yang kebagian Post #2 - #11 nanti siap2 edit post buat info tentang Regional Karesidenan Kedu
Post #12 - #20 khusus warga Regional Karesidenan Kedu (cukup 1 post per ID)
bila melanggar sanksi request delete post

emoticon-shakehand







0
111.1K
10K
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan