acxellAvatar border
TS
acxell
Batavia air, pengalaman ane [baca yg benar]
ane mau share pengalaman ane naek batavia air, selama ini ane ga pernah naek batavia air.
ane harap yg baca trid ini bisa mencerna apa yg ane tuliskan, jgn sampai salah paham mengertikan tujuan pembuatan trid ini.

Cerita:
Tanggal 2 juli 2012, ane ada acara di makassar, ane cari2 tiket di travel2 secara online, mungkin saat tanggal itu lagi high season jadi harga tiket melonjak naik dan banyak maskapai penerbangan yg penuh. Kebetulan hanya Batavia air lah yg tiketnya terbilang murah (ane pikir alasan murah harga tiketnya karena waktu take offnya pukul 22.45 WIB) ya sudah ane ambil deh walaupun harus berangkat tengah malam, yang penting ane bisa di makassar besok hari.

jam 21.00 di tanggal yg sama ane udah tiba di bandara Soetta untuk checkin, dari boarding di layar yg ane liat menunjukkan bahwa pesawat ane ontime pemberangkatannya, ya ga apa2lah ane nunggu sekitar 1jam 45menit, daripada telat. Ternyata yg terbang ke makassar yg menggunakan batavia air 1 pesawat sama ane itu banyak gan, malah pas ane sudah di pesawat itu full seat.
jam 22.45 ada pengumuman informasi dari speaker bandara, kalau gate c-5 untuk batavia air tujuan makassar sudah bisa masuk ke pesawat, mendengar itu ya semua penumpang pada jalan ke gate, udah masuk gate eh pintu pesawat belum dibuka (pantes aja pas mau masuk gate ga ada pegawai yg cek tiket), terus datang deh itu pegawai dari batavia, kalau pesawat belum bisa dimasukin penumpang. emoticon-Cape d... banyak penumpang yg kecewa dan marah2, ada ibu2 yg marahin pegawai batavia, dia bilang gini "itu harus minta maaf sama penumpang, bikin info palsu" ane pikir bener jg sih, info palsu emoticon-Big Grin
Tapi memang seharusnya jam 22.45 udah bisa masuk pesawat sih, jadi menurut ane ada miss communication antara pihak bandara dan batavia air, pihak bandara tahunya pukul 22.45 pesawat siap untuk dinaiki penumpang, namun sepertinya pihak batavia tidak memberi konfirmasi kepada pihak bandara. Dari kejadian itu saja sudah terlihat kalau ada sistem yg tidak berjalan dengan benar.

Lalu akhirnya terdengar informasi dari pengeras suara (pengeras suara dari sound system, bukan dari bandara) bahwa pesawat akan DELAY selama 45 menit. Haduuh makin dongkol aja saya dan beberapa penumpang lainnya.
Lalu akhirnya sekitar 50 mnit berlalu ada informasi dari pengeras suara bahwa pesawat sudah siap untuk dinaiki penumpang, tapi bukan di gate C-5 yg kami tahu adalah pesawat yg kami naiki ada di gate itu, melainkan di Gate C-7, hmmm.. saya pikir mungkin pesawat yg harus saya naiki itu mengalami masalah, dan di alihkan ke pesawat batavia yg lain, ok lah tidak apa2 asalkan malam ini saya bisa terbang ke makassar.

Saat dalam pesawat, ternyata penumpang memang penuh dan tak ada kursi yg kosong. Saat pesawat akan take off, seperti biasa pramugari senior bicara di pengeras suara, dan meminta maaf atas keterlambatan yg terjadi karena masalah TEKNIS. Lalu pesawat pun take off, hmm...pengalaman saya yg pertama menggunakan batavia air tidak berjalan mulus, saat sudah mulai terbang, sangat terasa getaran2 kasar (mungkin bisa dibilang guncangan), bukan cuma itu saja, setelah ketinggian sesuai pun guncangan di pesawat terjadi sangat sering, yg membuat saya jujur saja takut (karena saya bandingkan dengan maskapai lain, inilah yg terburuk guncangannya), saya masih positive thinking smuanya akan baik2 saja walaupun kondisi terbang yg menurut saya tidak nyaman emoticon-Big Grin .

Akhirnya setelah melalui 2jam 5 menit, pesawat pun akan landing. Namun inilah yg membuat saya akhirnya merasa sangat tidak nyaman di pesawat ini, saat menukik turun untuk landing, tekanan udara di pesawat sangat terasa, bahkan telinga kiri saya terasa sakit tertekan. Jujur saja gan, selama naik pesawat merpati, lion dan garuda, tekanan udara saat landing di pesawat batavia ini yg terburuk.

Cerita ini tidak berakhir setelah saya tiba di makassar gan, setelah beberapa hari urusan saya beres di makassar, saya memesan tiket untuk ke esokan harinya pulang ke jakarta. Dan lagi smua tiket penerbangan ke jakarta MAHAL gan, hadeuh.. tidak sesuai dengan budget ane saat itu gan, kebetulan emang saya dari awal berangkat sampai mau pulang kondisinya bokek berat emoticon-Stick Out Tongue , jadi ane cari2 tiket yg murah, eh dapetnya batavia lagi emoticon-Cape d... daripada ane ga pulang besok kamis (5 juli 2012) dan takutnya kalau ane tunda pulang sampai besoknya ( jumat, 6 juli 2012) harga tiket akan naik lagi karena itu kan menjelang weekend. Ya sudah dengan berat hati (karena masih teringat penerbangan ke makassar menggunakan batavia) ane ambil jg itu tiket yg terbang ke jakarta pukul 17.20 waktu makassar.

Tanggal 5 juli 2012, ane pergi ke bandara Int'l Sultan Hasanudin makassar sekita pukul 16.00. Ane pun check in dulu, baru deh santai di kantin untuk coffe time. Jam 17.00 ane cek di layar boarding, eh pesawat nya DELAY lagi saja, ga tanggung delay nya, 2 jam 10 menit, alias baru bisa masuk pesawat 19.30, hadeuh... makin kecewa saja saya dengan batavia, sudah pas di jkt mau ke makassar delay, ini dari makassar ke jkt jg delay. Ya sudah terima nasib saja akhirnya.

Sekitar pukul 19.30 kurang, akhirnya penumpang dipersilahkan untk masuk ke pesawat. Saat pesawat akan take off, seperti biasa pramugari senior bicara di pengeras suara, dan meminta maaf atas keterlambatan yg terjadi karena masalah TEKNIS, perasaan kemarin2 dari jkt pun bilangnya masalah TEKNIS, lah ko ini masalah teknis lagi?

Timbul pertanyaan di pikiran saya, mungkinkah pesawat batavia sering mengalami gangguan teknis? apa yg membuat pesawat ini harga tiketnya lebih murah dibandingkan yg lain?

Karena setahu saya penumpang batavia itu hampir selalu penuh (analisa pribadi, dilihat dari pengalaman saya naik pesawat ini), jadi seharusnya pelayanan yg diberikan bisa lebih maksimal.

berdasarkan penilaian saya sebagai customer:
  • kurang ramahnya pramugari, terkesan jutek dan cuek
  • sering terjadi delay
  • kondisi interior pesawat yg saya rasa kotor
  • tidak adanya teamwork yg kompak
  • dipertanyakan kondisi pesawat seutuhnya, apakah nyaman terbang atau tidak
  • saat saya meminta bagasi untuk tas saya, petugasnya malah menyuruh untuk dibawa ke pesawat saja, padahal saya punya hak bagasi 20Kg, dan setelah saya memaksa untuk tetap di taruh di bagasi akhirnya dikasih jg, namun dengan muka kesal.


sekian cerita dan analisa saya, disini saya tidak ada maksud untuk menghina maskapai ini, saya hanya bermaksud untuk bercerita pengalaman saya, mudah2an ada pihak batavia yg lihat trid ini dan bisa ditembuskan ke manajemen, siapa tahu bisa diperbaiki lagi kekurangannya. Karena jujur saja, sangat disayangkan bila kenyamanan penumpang tidak terlalu diperdulikan, karena antusiasme pengguna jasa pesawat terhadap batavia itu tinggi, jgn sampai lari ke maskapai lain dong emoticon-Big Grin


haduh ternyata ada yg sudah masuk surat kabar jg beritanya:
Spoiler for kompas:


Sekali lg Baca yg benar, benar yg baca emoticon-Smilie
0
8.7K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan