elvaelisyaduthaAvatar border
TS
elvaelisyadutha
Basarnas Serahkan FDR Sukhoi ke KNKT
Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) menyerahkan penemuan rekaman data penerbangan atau Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sukhoi Superjet 100. Perangkat itu merekam data terkait kecelakaan jatuhnya pesawat asal Rusia itu di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, pada 9 Mei 2012.

Kepala Basarnas Marsekal Madya Daryatmo menyerahkan langsung perangkat tersebut kepada Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (31/5). Serah terima disaksikan langsung utusan Sukhoi dan Danrem 061 Suryakancana Kol Inf AM Putranto yang memimpin evakuasi di lokasi kejadian.

Tatang mengakui FDR penting dalam penyelidikan kecelakaan pesawat. Sebelumnya, tim evakuasi menemukan rekaman suara kokpit atau cockpit voice recorder (CVR). FDR dan CVR merupakan bagian dari kotak hitam (black box). Dengan FDR, pembacaan data mengenai penyebab kecelakaan bisa dilakukan dengan mudah. Meski demikian, pengumuman hasil penyelidikan bisa dilakukan paling lambat 12 bulan setelah dua perangkat itu ditemukan.

Ia mengakui sulit menemukan FDR di darat. Bila di laut, sinyal dari pemancar FDR akan terus berbunyi selama satu bulan penuh, sehingga posisi FDR dapat dipastikan. Tapi sinyal tersebut tak berfungsi bila kecelakaan terjadi di darat.

Hal senada disampaikan Danrem 061 Suryakancana Kol Inf AM Putranto. Itu terbukti FDR ditemukan 21 hari setelah kecelakaan yang menewaskan 45 penumpang dan kru pesawat tersebut. Warga yang tergabung dalam tim evakuasi menemukan FDR sekitar 30 meter di bawah reruntuhan ekor pesawat.

Posisinya, kata Putranto, setengah terbalik. Tim lalu melakukan penggalian dan mencocokkan bentuk temuan tersebut dengan foto. Hasilnya cocok. Tim langsung menyerahkan perangkat tersebut ke Basarnas.

Kepala Basarnas Daryatmo mengucapkan terimakasih kepada anggota dan warga yang melakukan proses evakuasi. Kini proses evakuasi selesai. "Kita fokus pada korban. FDR dan CVR pun sudah ditemukan. Jadi evakuasi selesai," kata Daryatmo.

Sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news...Sukhoi-ke-KNKT
0
2K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan