takdosAvatar border
TS
takdos
[Whatever Im Backpacker] Perbandingan Sevel Indonesia & Bbrpa Kota di Asia Tenggara


Mungkin tulisan gue ini bakalan sedikit sinis dan apatis, jadi buat yang ngerasa "Laskar Sevel" gak usah baca aja mendingan. MUAHAHAHA..

Seven Eleven atau anak gaul Jakarta sering nyebut Sevel ini adalah sejenis toko kelontong (convenience store) 24 jam yang menjual berbagai macam barang, mulai dari cemilan, mie instant, odol, sikat gigi sampai kondom dotted rasa pisang. <-- temen gue pernah beli.

Sebelum gue bercerita perbedaan sevel di Indonesia dan beberapa kota di Asia Tenggara, mari gue kasih tahu sejarahnya terlebih dahulu ;

Sejarah 7-Eleven sendiri dimulai dari Amerika Serikat, didirikan pada tahun 1927 di Oak Cliff, Texas. Nama "7-Eleven" sendiri mulai digunakan pada tahun 1946. Awal mulanya, 7-Eleven tidak beroperasi selama 24 jam, melainkan hanya beroperasi 16 jam, yaitu mulai dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 11.00 malam, maka dari itu dinamakan 7-11 (sebelas/ Eleven). Namun pada tahun 1991 sebagian sahamnya dijual kepada perusahaan jaringan supermarket Jepang, Ito-Yokada. Dan pada akhirnya, pada tahun 2005 semua sahamnya dibeli oleh perusahaan Jepang tersebut. Horeeeee !! (Kenapa gue seneng yee..)

Nah, sudah tahu kan sedikit sejarah tentang 7-Eleven. Sekarang gue mau curhat sedikit nih, guys !

Entah kapan 7-Eleven masuk ke Indonesia (Jakarta), gue gak tahu ! Tapi yang gue heran kenapa 7-Eleven bisa menjadi tempat gaul di Jakarta?? sedangkan di beberapa negara yang pernah gue kunjungi, 7-Eleven itu boro-boro gaul, malah sering banget gue lihat gembel-gembel nongkrong disana.

Gue rasa yah, 7-Eleven itu sama kaya alfamart, indomart bahkan yomart. Gak lebih !! Tapi kenapa banyak banget gue lihat di twitter kalau nongkrong di Sevel itu berasa nongkrong di tempat paling gaul ?? #hufftt

Spoiler for Sevel Jakarta yang keren:


Perbedaan yang mencolok dari Sevel Jakarta dengan Sevel Singapur dan Thailand contohnya, adalah dari segi bangunannya. Di Jakarta, sevel dibangun keren banget, ada parkiran, meja dan kursi buat nongkrong, dalemnya luas. Pokoknya keren !

Nah di Singapur ?? Sevel itu lebih kecil dari alfamart, bahkan di Orchard Road ada sevel kaya kios kecil gitu. Di Bangkok gak jauh beda sama di Singapur, Di Bangkok kita bisa nemu sevel dengan jarak berdekatan, setiap 500 meter lo jalan dikawasan Khao San Road lo bisa nemu sevel. Bahkan sevel disana letaknya bisa bersebrangan, gue heran kenapa bisa begitu. -____-"

Selama gue trip, gue sempat foto beberapa sevel, silahkan dibandingkan sendiri yah mbak nya.. mas nya.. monggo dilihat..

Spoiler for Sevel Krabi yang diluarnya jualan beras:


Spoiler for Sevel Bangkok yang sempit:


Spoiler for Sevel Orchard Road yang mirip kios:


Spoiler for Sevel Penang, Malaysia. Mau nongkrong disini ??:


Spoiler for Sevel Phi Phi Island yang sering ditongkrongin orang mabok:


Jadi moral cerita ditulisan gue ini adalah :

Kalau lo punya temen orang bule yang main ke Jakarta, jangan sekali-kali ngajak nongkrong di 7-Eleven !! Karena itu sama sekali gak keren !! #sekian.

Web : www.whateverbackpacker.blogspot.com
twitter : @takdos
0
13.6K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan