Nitoprabowo
TS
Nitoprabowo
Mesin injeksi motor itu apa sih? [masuk gan]
Motor injeksi sudah lama berada di Indonesia tau kah agan apa arti dari injeksi??
Mari kita ulas sedikit tentang Injeksi


Ada salah persepsi di masyarakat indonesia tentang motor yang menggunakan mesin injeksi, yang katanya ribet lah, lebih mahal lah. padahal kenyataannya motor dengan teknologi injeksi lebih irit 10% dalam konsumsi BBM dibanding motor berkarburator, soal perawatan juga mudah sekali karena tidak perlu bongkar dan stel karbu lagi, jika motor karburator butuh waktu servis selama 30 menit maka motor injeksi hanya butuh waktu 15 menit saja. emoticon-Cool

Kenapa kok bisa lebih irit injeksi dibanding karburator?
Itu karena takaran yang diberikan selalu tepat. dari putaran bawah sampai atas perbandingan bensin-udara selalu ditakar pas, Menurut informasi dari Sarwono Edhi, Technical Service Training Manager PT AHM. dimotor injeksi banyak sensor yang mengatur kinerja mesin, debit bahan bakar dan udara bisa disesuaikan kebutuhan sesuai bukaan gas. keunggulan lain, jika motor karburator tergantung dari kondisi lingkungan, jika motor itu berada di tempat lebih tinggi, maka akan lebih boros. begitu juga sebaliknya. tetapi kondisi seperti ini tidak mempengaruhi motor injeksi. karena adanya sensor di motor injeksi buat membaca suhu lingkungan sekitar, jadi debit bahan bakar juga sesuai suhu setempat.

Perawatan mudah
Jika karbu ketika dibersihkan harus dibongkar sehingga membutuhkan waktu lama, belum lagi resiko karena sering dibongkar sehingga beberapa komponen jadi rentan aus,terutama skep pelampung. sedang untuk tipe motor yang menggunakan injeksi rentan waktu perawatan lebih lama, cukup 10-15 ribu kilometer sekali, itu pun cukup di semprotkan injector cleaner. bahkan jika kualitas bengsin yang digunakan bagus, sebenarnya injeksi tidak perlu diapa-apakan lagi

Settingan CO pada Motor Injeksi
Karbon monoksida (CO) adalah gas tidak berwarna, gak berbau dan berasa. Muncul dari pembakaran ngak sempurna di mesin pembakaran dalam, akibat kekurangan oksigen atau kelebihan bensin dari kesalahan seting alat penyuplai gas bakar sistem manual.

Lantas agar kadar CO minim, penyuplai sistem injeksi yang sarat sensor pun diterapken. Seperti di Yamaha V-Ixion, Honda Supra X 125 PGM-FI (Honda Susi = Supra Injeksi) atau Suzuki Shogun 125 FI. Lalu yang jadi pertanyaan, apakah CO di injeksi masih perlu diseting. Mengingat adanya faktor keausan material dan perbedaan suhu sekitar.

YAMAHA V-IXION
Seting di Bengkel Resmi

Meski ditegaskan pabrikan tak perlu lagi seting CO, namun para penyemplak V-ixion banyak yang penasaran. Pengin coba seting di bengkel resmi. Apalagi Yamaha sudah membekali tiap bengkel dengan alat pendiagnosa bernama FI Diagnostic Tool.

Secara teknis, bila alat ini dicolok ke salah satu kabel di ECU (Electronic Contol Unit), maka FI Diagnostic Tool akan memberi info lengkap. Tentang kondisi injeksi maupun komponen penunjang kerja injeksi. Termasuk info CO yang banyak jadi pegangan bikers.

“Pabrikan pasti menyetel CO itu dalam batas aman untuk regulasi emisi. Karena itu setel di angka 0,” kata Riswandi, Manager Education-Service, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Lebih lanjut beliau menjelaskan, bahwa untuk wilayah Indonesia pada umumnya cukup di angka itu.

“Tapi memang kadang ada konsumen minta tambah atau dikurangi. Tindakan itu tentu ada konsekuensinya,” lanjut Riswandi. Alat ini sendiri bertugas melakukan adjuster atau penyetingan dengan range (jarak) antara -30 sampai +30. Maksudnya bila angka dinaikkan atau (+) bertambah, artinya campuran gas bakar akan kaya bensin.

“Efeknya tenaga memang bertambah,” terang pria ramah ini lebih lanjut. Riswandi juga menjelaskan, bahwa jika penambahan ini dilakukan, berarti angka CO meningkat atau emisinya juga berlebih. Penambahan ini mungkin dapat dilakukan di daerah yang relatif dingin.

Oh ya, setiap penambahan satu angka maka yang terjadi adalah penambahan suplai bensin sebesar 0,05 cc lebih banyak dibanding sebelumnya. Sedangkan kalau angkanya dibuat minus atau di bawah 0, maka itu artinya miskin bahan bakar.

“Efeknya mungkin tarikan agak enteng tapi tidak bertenaga. Selain itu mesin juga akan lebih cepat panas,” lanjut pria yang bisa ditemui di DDS Jakarta, Jl. Letjen Suprapto, No. 402, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Alat diagnosa ini sendiri punya tiga kabel. Kabel hijau disambungkan ke self diagnostic yang posisinya di bawah jok, warna merah ke (+) aki dan hitam ke (-). Untuk seting CO, kunci kontak harus dalam kondisi ON atau nyala.
Quote:

Ini ECU [ECU adalah otak pintar motor untuk mengatur sensor sensor yang ada di Motor] semuanya mulai dari input sampai out put di atur oleh ECU ini mas bro dan mba sis. emoticon-I Love Indonesia

HONDA SUPRA X 125 PGM-FI
Disarankan Setingan Pabrik


Untuk Supra X 125 PGM-FI, prinsip kerja seting CO juga sama dengan Yamaha. “Kalau digeser plus jadi kaya bensin, namun polutan CO jadi tinggi,” kata Bejo, kepala mekanik Jakarta Honda Center. Tapi doi tetap menyarankan konsumen agar tetap mematuhi setingan CO sesuai pabrikan. Karena kondisinya sudah siap dengan berbagai kondisi alam Indonesia.


Pola pikir masyarakat terhadap Mesin injeksi
1. mesin dengan sistem injeksi tenaganya Kurang responsif
ow tentu salah ! kan bbm udah disupply dalam jumlah yg tepat sesuai kebutuhan..
selama spec mesin sama, karburator atau injeksi itu tidak ada perbedaaan
tenaga yg dihasilkan [alias sama-sama emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir yg beda justru efisiensi bbm .. injeksi akan lebih irit

2. mesin dengan sistem injeksi susah di oprek / korek / up grade mesin
susah sih nggak, masalahnya ga semua bengkel punya komputer &
program untuk meng upgrade / setting ECU di sistem injeksi
apalagi komputer & program ini relatif mahal juga sih emoticon-Turut Berduka

kelemahan injeksi :
1. Harus pake aki / accu, soalnya ECU tadi butuh supply listrik yg stabil ...
2. Masih sedikit bengkel yg mengerti dengan sistem injeksi ..
padahal jangka waktu perawatannya cukup panjang loh ...

Oia TS saranin Buat para Pemilik atau calon pemilik motor injeksi , Jangan pernah mengutak-atik ECU [ECU adalah otak pintar dari motor injeksi untuk mengatur sensor sensor yang ada di Motor]

KESIMPULAN
1. Mesin Injeksi Lebih irit 10% dari karburator
2. Mesin Injeksi lebih mudah perawatannya
3. Mesin Injeksi disuport teknologi sensor alias Lebih canggih gan.
4. Mesin Injeksi Ramah lingkungan Alias Go Green Gan..!! emoticon-heart
5. Kata siapa Mesin Injeksi ga bisa Ngacir , Masih sama-sama bisa ngacir bareng Karburator. emoticon-Cool
6. KEEP SAFETY RIDING BRO SIS

Mudah-mudahan Info ini bisa membantu agan-agan sekalian emoticon-I Love Indonesia

Bantu di rate ya gan emoticon-Rate 5 Star

Kalau agan dan agan wati berkenan Lemparin emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
5.7K
22
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan