asirathAvatar border
TS
asirath
[SHARING] Chatuchak Weekend Market in Bangkok
[sebelumnya aye minta maap agan2 skalian kalo udah pernah baca info ini sebelumnya.. aye baru bisa post disini skrg, aslinya pernah dipost di facebook dan foto2nya ada yg aye ambil dr google emoticon-Stick Out Tongue ]


Apa kabar kalau anda nyasar si pasar terbesar?
Sejujurnya saya tidak yakin apakah Chatuchak merupakan pasar terbesar di Bangkok, Thailand, Asia atau bahkan dunia, namun seorang teman pernah bilang ke saya "Dipasar itu anda tidak akan menemukan tempat yang sama dua kali". Mengapa demikian?


This is why

Walaupun ada banyak pasar di Bangkok, Chatuchak tetap dipertimbangkan sebagai salah satu "Raja" dari semua pasar-pasar di Bangkok. Luasnya cukup unbelievable, sekitar 35 acres dengan 15.000 toko dan stall, pengunjung sekitar 200.000 hingga 300.000 per hari dan transaksi per hari mencapai US$750.000!
- http://www.into-asia.com/bangkok/mar.../chatuchak.php


Once inside the market, you will be catch up in a world of bursting crowds and stalls stretching as far as the eye can see


Chatuchak basically is shoppers paradise and a must for anyone in Bangkok who has shopping on their agenda

Barang-barang yang dijual dipasar ini sangat beragam, mulai dari makanan (jadi ataupun mentah), peralatan dapur, karya seni, oleh-oleh khas Thailand, antiques, hewan peliharaan, buku, pakaian (baru ataupun bekas), hiasan rumah, tanaman dan masih banyak lagi.

Chatuchak adalah tempat yang paling menyenangkan untuk belanja, selain karena semua yang anda cari bisa ditemukan disini, harga-harga disini juga jauh lebih murah daripada di tempat-tempat lain di Bangkok (seperti MBK, Pratunam, dsb). Tawar menawar dipasar ini adalah suatu keharusan, namun tidak seperti di Indonesia, harga yang ditawarkan paling hanya bisa turun 10-25% dari harga semula. Sebenarnya harga yang ditawarkan pertama kali saja sudah termasuk murah mengingat persaingan yang ketat ditempat sebesar ini.


Bargaining is expected

Toko-toko dipasar ini buka hari Sabtu dan Minggu pukul 7 pagi, namun baru beroperasi jam 9 dan tutup pukul 6 sore (walaupun ada beberapa yang buka lebih telat dan banyak yang sudah tutup saat matahari mulai terbenam), jadi bagi anda yang berniat pergi ke Bangkok akan lebih baik apabila jadwalnya dipaskan dengan kedua hari tersebut. Ada beberapa toko yang buka selain hari Sabtu atau Minggu, namun "not sufficient to warrant a visit".

Luasnya pasar ini sering sekali membuat pengunjungnya tersesat. Saya tidak merekomendasikan anda untuk pergi ke pasar ini dalam satu grup besar, akan lebih baik apabila anda pergi berdua, bertiga atau berempat saja. Dan jangan jadikan tempat-tempat dipasar ini sebagai rendezvous point, mungkin itu hanya akan menjadi rencana yang sia-sia.


Chatuchak is a particularly good place to buy all sorts of Thai handicrafts

Satu hal buruk yang mungkin ditemukan disetiap pasar didunia adalah pencopet. Walaupun banyak expat yang menyatakan Thailand adalah negara yang aman, namun tidak ada salahnya berhati-hati. Berhati-hatilah dengan barang bawaan anda ketika berada di Chatuchak. Gunakanlah pakaian yang santai dan letakan dompet atau HP anda ditempat yang aman. Biasanya pencopet beraksi di tempat-tempat yang ramai dikerumuni orang, walaupun sebenarnya kasus pencopetan di Chatuchak tidak sesering di Pasar Senen atau di Tanah abang.


The clocktower, the central point of the market

Pasar ini terbagi menjadi beberapa sections, semua diberikan nomer dan tiap section memiliki barang-barang dagangan tertentu. Ada peta yang disediakan di pasar ini, menjelaskan tentang masing-masing section, peta ini bisa ditemukan di hotel ataupun dibeberapa tempat di dalam pasar. Sebenarnya saya tidak menyarankan memakai peta, karena kondisi pasarnya tidak semudah yang tergambar dipeta. Banyak sekali jalan-jalan kecil dan belokan-belokan, sehingga membaca peta hanya akan membuat anda bingung dan frustasi. Ketika saya disana, saya hanya berjalan-jalan sembarang tanpa membaca peta, disorientasi tapi enjoy.


Sections in Chatuchak

Panasnya Chatuchak disiang hari akan membuat anda berkeringat (terutama bulan April dan Mei), hal ini dikarenakan banyaknya orang, suhu yang sama dengan Jakarta dan jalan-jalan yang sempit. Tapi saya rasa bagi orang Indonesia ini bukan masalah, karena Chatuchak akan terkesan luas dan bersih apabila dibandingkan dengan Pasar Senen atau Pasar Majestik. Saya menyarankan datanglah saat toko-toko baru buka atau sore hari setelah jam 2 supaya hawanya lebih sejuk.


Fish for sale at the animal section


Putting your bartering skills to the test

Bagi saya yang suka wisata kuliner, di Chatuchak refreshing drink dan makanan-makanan khas Thailand bisa ditemukan. Ada banyak sekali variasi makanan dan minuman yang bisa dicoba, seperti iced refreshments, mie, nasi kari, kue-kue, tom yam, lumpia, berbagai macam permen, Thai-style fast foods, dll.


Thai-style fast foods anyone?

Selain daripada toko-toko yang berjejer, anda juga bisa melihat para penjual menawarkan barang dagangannya dengan cara yang unik. Ada yang meneriakkan barang dagangan mereka, membuat bunyi-bunyian aneh, memainkan alat musik, atau bahkan menggunakan pakaian tradisional. Semua ini mereka lakukan demi mendapatkan perhatian anda.


Get ready for a head-spinning earth-moving experience

How to get there? Anda bisa menggunakan Skytrain (monorail) dan turun di stasiun terakhir Mo Chit, dari situ hanya berjarak jalan kaki 5 menit. Apabila anda bingung, setelah turun di Mo Chit, langsung saja menuju pintu keluarnya dan ikutilah arah kerumunan orang yang berjalan. Anda juga bisa mencapai tempat ini dengan bus ataupun taksi. Apabila menggunakan taksi, maka anda cukup katakan ke supirnya hendak menuju Suan Jatujak (Chatuchak).


Just follow your instincts and leave it all up to karma

Setelah anda membaca catatan saya ini, saya yakin anda sudah siap untuk begin your quest dan langsung mingle with the crowds, sweat it out and have fun in The World's Biggest Weekend Market!


Selling practically everything under the sun


Trust me, you won't go home empty-handed... emoticon-Wink






asirath
Monday, 16 March 2009


0
22.5K
172
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan