whahahaAvatar border
TS
whahaha
MICROSTOCK Mendapatkan Ribuan Dollar/bulan Hanya dr Ilustrasi Vector?
DILARANG MENGKOPI SEBAGIAN / SELURUH ISI DI TRIT INI



TENTANG MICROSTOCK
Hi, ini pengalaman TS -ditulis dari sudut pandang TS. Salah satu alasan TS menulis ini adalah karena minimnya informasi yg terbuka ttg microstok di indonesia. Sayang jika keuntungan industri microstock hanya dinikmati2 orang2 luar negeri, dan sedikit sekali di rasakan orang Indonesia.

Semua pasti sudah kenal apa itu Microstok. Tp banyak orang yg TIDAK faham seberapa serius ini bisa menjadi sumber pendapatan.

Microstok adalah bisnis menjual image foto atau ilustrasi vector atau juga footage dalam bentuk RF (royalti free) lewat agensi2 microstok. Agensi2 bisa menjual image kita berkali2, jadi tidak eksklusif u satu pembeli saja. Jadi kita bisa mendapatkan keuntungan yg terus menerus. RF image berarti pembeli image kita bisa menggunakan image kita beberapa kali, tetapi tetep tidak boleh menjualnya mentah berupa image tadi. Jadi kalo misalnya, ane beli image, image bisa dipake di berbagai media, dan dipakai lagi nantinya tanpa menyalahi aturan, tetapi hak cipta tetap dimiliki si artist, bukan pembeli, bukan agensi.

Walopun Microstock juga bisa buat foto, vector, footage (video) dll. Tp di trit ini TS hanya akan membicarakan Ilustrasi Vector. Karna disitulah konsentrasi TS. Foto persaingannya sudah cukup berat sekarang, selain itu diperlukan perlengkapan yg mahal; kamera, lensa (mahal bgetzz), dll. Footage masih bagus sekali prospeknya, tp TS tidak punya skill dan perlengkapan yg cukup u konsentasi di Footage.

Microstok tidak populer di Indonesia. saat trit ini ditulis, TS hanya menemukan 30 orang Indo saja yg serius di bisnis ini. Jumlahnya lebih sedikit lagi yg memfokuskan ke ilustrasi vector. Dan luueeebih sedikit lagi yg fokus di ilustasi dan fulltime (sebagai pekerjaan utama). jumlahnya bisa dihitung jari, dan pake tangan satu -TS saat ini salah satunya emoticon-Smilie. Tentu jumlah tersebut kecil banget to, lawong jumlah penduduk indonesia aja 250juta. belum lagi jurusan seni, desain, arsitek termasuk jurusan favorit, yg menghasilkan ribuan sarjana dibidang ini tiap tahun.

KENAPA KOK MICROSTOCK TIDAK PUPULER?
Microstock kalah jauh popularitasnya di Indonesia drpada bisnis desain yg lain. Kenapa ?

  • Di Indonesia pembajakan masih sangat umum, pertanyyan pemula pasti akan "Kenapa orang mau capek2 beli Ilustrasi, cari di Guugle ato sewa DVD images bajakan aja seambrekk". Target market bisnis microstok adalah negara2 maju terutama Eropa, Amerika, dan Asia Timur. dan disana mereka menghargai benar hak cipta orang lain. Diluar sana mereka mau menghargai capeknya ilustrator dalam membuatkan ilustrasi u keperluannya. Kita dan negara2 asia tenggara memang masih kurang menghargai hak cipta. tp seiring waktu kita juga akan menuju kesana. dan itu PELUANG.

  • Harga per downloatnya relatif sangat murah. Setiap image kita di beli kita hanya dapet sedikit. 0.3 sampe 5 usd. iya gan $0.3, hanya 3000 rupiah!! setiap gambar kita dibeli. Harga ini jauh lebih sedikit dibanding jasa desain konvensional, yg dibayar per project.

  • Microstok BUKAN bisnis yang instant. Hasil kerja kerasnya tidak bisa mendapat imbalan dalam kurun waktu segera. Dibutuhkan kesabaran, konsistensi, kualitas yg tak kalah dr pada desain-per-project, dan kuantitas. Tetapi saat kita sudah mempunyai portfolio yg BERKUALITAS DAN BERKUANTITAS kita akan mulai merasakan hasilnya. DAN AKHIRNYA KITA AKAN MENDAPATKAN HASILNYA DALAM BENTUK PASIF INCOME. tidak perlu jadi jenius untuk tau gimana kok tau2 bisa ngomong pasif income. Uraian diatas sudah bisa menjelaskannya. Kalo belum, uraian dibwah nanti akan semakin membuat jelas.


AGAN AKAN DIBAYAR Rp.3000,- PER GAMBAR YG DI DOWNLOT.
BISAKAN Rp.3000/donlot BISA BUAT MAKAN ??


Buset gann, rp.3000 mah cuma cukup buat makan sekali. Itu aja makannya di warteg nggak pake lauk . emoticon-Stick Out Tongue

Jawabannya BISA. Dengan dijual di agensi microstok, satu vector saja bisa di donlot berualang, ulang, ulang, ulaaaanggg kali. Semakin berkualitas, semakin sering didownload vectornya. Selain itu kita perlu mempergemuk porfolio kita. Karena semakin banyak vector kita, semakin besar kemungkinan vector kita di diwnloat. Jadi BERLIPATLAH kemungkinan kita memperoleh dollar. Semakin populer juga kita akhirnya, karena kita semakin mendominasi. Jangan berfikir hanya membuat satu atau dua vector saja bisa membuat sukses di sini.

BERAPA KUALITAS dan KUANTITAS yg diperlukan untuk mendapatkan berapa DOLLAR/bulan ?
Saya tidak punya ukuran yg pasti. Karena melibatkan variabel; kualitas, kuantitas, dan kecepatan agan2 berkarya. Fariabel Kualitas vectorlah yg membuat ini sulit diukur dengan akurat.

Tp un tuk gambaran kasar dari TS sendiri, TS saat trit ini ditulis mempunyai portfolio ±350 vector. yang di jual di 4 agensi micrsostok. perbulan TS bisa mendapatkan kurang lebih 400-1000 usd/bulan !!. dalam satu tahun kebelakang. Tiak pernah kurang dari itu, dan juga tidak pernah lebih emoticon-Malu. Dan kualitas TS adalah seperti ini
Spoiler for vector TS:



Jadi untuk mendapatkan sebanyak TS. Agan2 sebaiknya mempunyai portoflio yg mempunyai kualitas dan kuantitas sebanyak punya TS. Tentu hal ini tidak susah karena TS bukan jenis yg jago2 gambar banget, sumber daya di Indonesia kebanyakan hebat2. Selain itu TS tergolong orang yg males. Masak 2 tahun baru dapet 350 gabrr emoticon-Malu. TS telah serius sejak 2 tahun lalu. Jadi kalo agan2 serius mulai sekarang, tentu persaingan akan sedikit lebih ketat dibandingkan saat TS memulai. Jadi segera memulai adalah JUGA SANGAT PENTING.

HAH!!! 350 vector ?? banyak banget?!?
Tidak banyak juga, itu sedikit. Pertama yg perlu agan lakukan adalah mneghilangkan MIND BLOCKING. Adalah sikap mental yg terlalu dini menggap agan sendiri tidak mampu.

350 gambar tidak banyak !, bayangkan sehari agan bisa membuat 10 gambar. Agan hanya membutuhkan waktu sebulan u mencapai target 350 gambar. Kalo agan agak pemalas bisa 5 vector saja tiap hari, akan kelar tuh dua bulan.

Jangan menganggap ini berat. Jika agan bayangkan anak2 dkv, art director yg kerja di agensi periklanan atau sebangsanya. Berkerja bisa sampai 12 jam sehari NON STOP!!!. Sering lembur. Gajinya juga segitu2 aja. Kalo nggak kerja dimarahin, banyak revisi, udah dibuatin bagus2 suruh revisi jadi tambah jelek (kamprettemoticon-Mad (S)), gampang dipecat dll. Pengalaman TS sendiri dulunya. Silahken agan2 survei sendiri.

Bandingkan dgn microsrock; anda tidak pernah diomelin, tidak pernah revisi -anda mau gambar apa saja boleh asal bagus, bebas mangatur waktu, dan YG TERPENTING kalo agan tidak berkerja AGAN TETAP DIBAYAR !. TS sendiri hampir vacumm tidak berkarya dalam 6 bulan belakangan ini. Kayak pengangguran. Tp tetep dibayar.

DIMANA MENDAFTARNYA ? BAYAR KAH ?
Ini tidak bayar sepeserpun. Justru agan yg akan dibayar kalo berkerja. Saat mandaftar pakailah email yg realibel (TS pake gmail). Isilah form dengan aslinya. Jangan samaran dll, Nama asli, termasuk tgl lahir, Nationality dll. Siapkan username yg fix, kalo bisa tambahkan angka di usernamenya. Sekali lagi siapkan semuanya fix didepan. Karena mungkin akan susah nanti di depan u ganti dan sebaginya. Jadi siapkan diawal dan jangan berfikir u menggantinya lagi kedepan. Sebagian besar trafik di microstok masih diperiksa oleh HUMAN bukan ROBOT.

MENDAFTAR DI AGENSI MICROSTOK.
Sebelum melangkah kesini, pastikan agan sudah mempersiapkan semua data username, email dll, seperti yg sudah dijelaskan diatas. Isilah sesuai ASLI-nya. Jika sudah SIAP data2 nya, silaken mendaftar disini : GRATIS

emoticon-rainbow
NOTE: khusus link Shutterstock dibawah adalah link referal. Yang TS mendapat komisi Rp.300,- (bisa beli permen 2 butir) setiap image dr anggota referal yg didownload. Jika agan2 menggagap trit ini bermanfaat bagi agan secara finansial. tidak ada salahnya u memberikan sedikit manfaat juga untuk saya yang sudah capek2 menulis ini semua dan mau membaginya dengan agan2 semua dgn cara mendaftar melalui link referal saya. Lagian juga 300 rupiah itu juga tidak dipotong dari bagian agan, tapi dari Agensi. Tapi kalo agan keberatan silahkan masuk dgn menghapus bagian referalnya emoticon-Berduka (S).


Shutterstock\t: http://submit.shutterstock.com/?ref=111187 <-- link referal, jgn dihapus ya emoticon-Berduka (S)
iStockphoto \t: http://www.istockphoto.com/sell-stock-photos.php
Fotolia \t: http://www.fotolia.com/Info/Contributors
Dreamstime\t: http://www.dreamstime.com/sellimages


Quote:


DILARANG MENGKOPI SEBAGIAN / SELURUH ISI DI TRIT INI
Polling
0 suara
Berapa earning yg cukup bagi agan u banting stir menjadi FULLTIME microstoker?
Diubah oleh whahaha 06-12-2014 08:45
rynkyk
sealgeek
sealgeek dan rynkyk memberi reputasi
4
689.5K
6.8K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan