Hans.JrAvatar border
TS
Hans.Jr
[Share] Mempercepat Koneksi Internet (dalam LAN)
READ THIS FIRST!!!
Disarankan untuk membaca trid ini secara keseluruhan. Dengan harapan biar lebih paham aja. Tapi kalo udah merasa paham betul, ya udah, loncat2 aja bacanya juga ga apa.

Untuk agan2 yang udah jago jaringan, maaf kalo ada salah keterangan. Mohon dimaklumi karena ane sendiri bukan dari background IT. Ane ambil jurusan lain di kampus ane. Trid ini ane tulis berdasarkan pengalaman ane. Jadi bahasanya juga bahasa orang awam.

Dan untuk MOMOD MIMIN, maaf kalo salah kamar. Ane pos ini di Lounge biar banyak yang baca. Tapi kalo MOMOD MIMIN merasa akan lebih banyak yang baca di kamar COMPUTER, silakan dipindah aja. Ga papa.

Akhir kata untuk pembukaan ini, SEMOGA TRID INI BISA BERMANFAAT BAGI AGAN2 SEKALIAN.

SELAMAT MEMBACA
-----

SYARAT KONDISI DI MANA TRIK INI DAPAT DITERAPKAN:

Spoiler for SYARAT:

-----

PENDAHULUAN

Setelah komputer agan2 terhubung dengan internet lewat LAN, komputer agan akan mendapatkan IP address. IP address yang agan dapatkan ini bisa dari dua metode, yaitu setting otomatis, dan setting manual.

Pertama, IP address otomatis. Ciri mudahnya dari IP address jenis ini adalah ketika agan colokin kabel LAN ke kompi, udah ga perlu setting2 macem2 lagi, langsung bisa konek internet. Colok, langsung bisa. Bahasa ribetnya untuk sistem ini adalah, DHCP. Jadi sistem yang pake DHCP ini IPnya otomatis udah tersetting. Apa itu DHCP? Jangan tanya ane, ane ga bisa jelasinnya, ga tau. Bukan orang IT. IP jenis ini, kalaupun nantinya ada setting2 macem2, biasanya cuma setting DNS-nya aja. Gimana cara setting DNS? Ntar ane jelasin di bawah.

Kedua, IP address statis. Ciri mudahnya jenis IP address jenis ini adalah ketika agan colokin kabel LAN, harus atur macem2 biar bisa konek internet. Jenis IP kedua inilah yang nantinya bisa diterapkan trik ini

Lalu bagaimana cara-nya jika IP agan jenis pertama? Mudah, tinggal ubah aja menjadi IP statis. Caranya:
Spoiler for cara ubah ip otomatis/dinamis ke ip manual/statis:


Yang ane kotakin hijau, itu yang penting. Yang kotak merah, cuma buat sembunyiin identitas ane,gan. Sapa tau kalo korban trik ini baca trid ini.

Selanjutnya, ane asumsikan agan2 udah pada tau cara masuk connection properties. Kalau ga tau, cari aja sendiri masuknya ke mana gitu, sampai keluar tampilan seperti ini:
Spoiler for Gambar 2:


Setelah agan klik properties, lakukan langkah berikut:
Spoiler for Gambar 3:


Selamat, IP agan udah jadi statis.
-----

INI TRIKNYA

Sebelumnya, penjelasannya ane bikin secara kronologis aja ya. Diharapkan bisa lebih mempermudah pemahaman. Sekalian buat tambah info agan2, mungkin ada yang pernah ngalamin kondisi yang sama. OK, ane mulai.
-----

Hobi ane tu donlod,gan. Hobi ini tentunya bikin repot orang lain yang pake internet di jaringan LAN. Apalagi ane donlodnya pake IDM. Semua jadi pada lemot,baik yang browsing maupun yang game. Yang game, pada frustasi tuh. emoticon-NgakakTerus sama adminnya,temen kos ane,kayaknya dia batesin bandwidth buat ane. Jadi kalo siang, ane susah banget buat donlod. Ane dibilangin, jatah donlod tu malem aja.

Jadi, kalo siang, ane donlod, tu jadi susah banget,gan. Donlod pake IDM, begitu sampe 5 Mb, donlod rate-nya langsung jadi 0 kbps! Gila. Ane cuma dikasi jatah 5 Mb. Udah gitu, kalo siang, donlodnya paling kenceng cuma 20 kbps, padahal sebelum dilimit, bisa sampe 300 kbps. Jadi donlod 300 kbps itu cuma bisa ane nikmatin kalo malem aja. Tapi kan siang tetep aja butuh donlod2 yang lain.

Kondisi ini ane cari di inet, ada beberapa kemungkinan pembatasan, pertama ane dibatasi pake sistem penalty (silakan cari di google, pembatasan bandwidth sistem penalty). Kedua, pembatasan BW pake sistem jam, jadi kalo siang BW ane dikit bngt, malemnya baru diloss full BW. Ketiga, manual, intinya, sebelum tu admin tidur, BW ane di loss, slama dia tidur, BW ane full. Kalo dia bangun sampe tidur lagi, tu BW ane dibatesin.
-----

Usaha pertama yang ane lakuin,pake NETCUT. Ini sofwer buat putusin koneksi kompi lain,gan. Jadi biar kompi ente sendiri yang idup koneksinya, trus kompi ente jadi cepet koneksi inetnya.

Untuk donlod sofwer ini, silakan cari sendiri di google. Ane ga bagiin ini sofwer di sini. Ntar kalo korban ane baca, dia dapet ni sofwer. Ane kasi tau, buat cari NETCUT gratisan, kalo kata kuncinya kurang tepat, susah,gan.

Setelah install netcut, jalanin tu netcut. Akan kluar tampilan seperti ini:
Spoiler for Gambar 4:


Lagi2, yang ane tutup warna merah, tu buat sembunyiin identitas ane aja,gan. Setelah muncul itu, ane tinggal pilih targetnya. Trus klik CUT OFF.

NOTE: JANGAN CUT OFF GATEWAYNYA. Bisa putus koneksi inet agan kalo gateway-nya dicut off juga. Gatewaynya bisa diketahui dari gambar 3 di atas, default gateway. IP address gateway yang ada di netcut jangan dicut off juga.

Biasanya, ane cutoff admin-nya. Biar kompinya ga bisa utak atik lagi, jadi inet ane bebas limit. Ane tau adminnya soalnya kompinya dia pake namanya. Kalo ga tau yg mana adminnya? Y ane putusin semua. Trus coba ane RESUME satu2, mana yang bikin inet ane lemot (bukan sekedar lemot, tapi lemot kebangetan, ga normal )kalo dia ON, itu dia adminnya.

Untuk beberapa saat, ane lega, inet ane bisa cepat lagi. Tapi beberapa saat kemudian, inet ane balik lagi, lemot ga ketulungan. Sama seperti kondisi awal sebelum NETCUT. Trus ane lakuin usaha kedua.
-----

Dari daftar yang ada di netcut, selain gateway, ane crash-in IP addressnya. Caranya, masuk ke LAN properties (gambar 3). Klik advanced, kemudian klik add. Ane isi IP target ane. Untuk subnet, itu ntar ngisi sendiri, otomatis. ADD. Ane add lagi. Ane add lagi. Pokoknya ane add yang mau ane jadiin target. Terus klik OK, OK, Close.
Spoiler for Gambar 5:


Akan kluar peringat tentang IP CONFLICT. Klik aja OK. Inet ane jadi cepet lagi.

Tapi ternyata entah gimana, inet ane lemot lagi. Terus ane iseng2 kembangin kedua cara itu,gan.
-----

Jadi gini. Setelah sampai cara kedua itu, NETCUT terus ke bikin crash IP, di cara kedua, ane ADD JUGA GATEWAY-nya. Awalnya ane cuma coba2, tapi ternyata internet ane ga disconnect koq. Masih bisa main inet. Setelah itu, close netcut, open lagi netcut. Cuma buat ngecek aja, apa semua IP yang ada, sudah ane rampok.
Spoiler for Gambar 6:


Ternyata udah berhasil ane rampok tu IP. Tandanya, di sebelah IP ane, ada IP lain lagi yang sampai titik2 itu. Itu karena ane ambil semua IP yang ada.

Setelah terbukti, biar tambah JOSSSS, ane SELECT SEMUANYA, KECUALI punya ane, trus ane CUT OFF.

Akhir kata, kecepatan donlod ane balik lagi ke 300 kbps. Browsing juga tambah cepet. Sejauh ini, cara ini belum bisa diatasi admin (selain cabut kabel LAN ane. emoticon-Ngakak).
-----

PENUTUP
Semoga trik ini dapat membantu agan2 semua. Keberhasilan trik ini tergantung dari pinter ato ga-nya si admin. Saat ini ane gi cari cara lain lagi gan. Doain semoga ketemu,ntar ane update lagi trid ini kalo banyak yang minat.

Ane ga harapin cendol ato bata. Tulus cuma mau berbagi aja. Ane juga ga tau apa newbie kaya ane bisa trima cendol ato ga. Kalo ada yang mau kasi cendol, syukur. Terima kasih sebanyak-banyaknya.

Bata? Haha… Mungkin trid ane ini kurang bagus dan menyinggung. Ato yang bata itu, korban ane jangan2? emoticon-Ngakak

-----

BUAT YANG JADI KORBAN
Spoiler for maaf bro…:
0
56.9K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan