alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Saltwater Fish /
░▒▓█Klinik ★ Saltwater Fish█▓▒
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005350712/9617961896199608klinik-9733-saltwater-fish960896199618

░▒▓█Klinik ★ Saltwater Fish█▓▒

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 8
Quote:


setau ane gk bs bos karena berpengaruh sama airnya emoticon-Embarrassment
karena airnya kan asin atau bergaram
kl d tambah cairan kimia bisa berpengaruh sama kualitas air

soalnya pernah iseng pake itu alhasil tsunami dan aquariumnya emoticon-norose emoticon-Frown

pake cara alami aja bos
beli udang pelet lebih efektif emoticon-Big Grin
Gan mo nanya dunk

Kaca akuarium ane knp jadi burem yah? Agak ijo" gitu
Normal ga sih, 2 minggu lalu baru cycling airnya.
Ukuran akuariumnya 60x30x36
Nyalain lampu sekitar 10jam pk timer
Quote:



boz,kalo mau bikin aquarium karantina isi'y apa ja trz pake obat apa ja?? ane nyoba bikin aquarium karantina tp isi'y cuma air d tambah copper sulfate/terusi trz ma ane dah d masukin ikan yg kena WS,dah gitu d gimanain lg boz?? emoticon-Bingung
Quote:


Kalau ane sih simple aja gan...alhamdulillah mujarab..

Ini obatnya gan, beli di toko ikan banyak, jangan ke toko sayur yah gan.. emoticon-Ngakak
░▒▓█Klinik ★ Saltwater Fish█▓▒

Ini karantina tanknya heheheh, baskom plastik plus baskom penyaringnya
░▒▓█Klinik ★ Saltwater Fish█▓▒

Jangan lupa lampu buat bikin airnya jadi anget dan matiin parasitnya gan...emang banyak cara yg lebih bener dan lebih baik dari ini, pake arus kenceng, trus ada obat khusus dan bla...bla..bla..lainnya, ribet gan...

Kalau ane sih, 3 tetes obat (acriflavine plus) sama 2 tetes fishtamin (sera vitamin), aduk airnya (air laut), masukin ikannya, pasang deh tuh lampu semaleman, besoknya ganti airnya sama air laut 3/4 + 1/4 air AQUA dibaskom itu. baca doa tinggalin deh sejaman, pas ane cek WS dah ilang, ikan dah aktif gerak, jangan lupa berdoa gan, percuma diobatin kalau yg diatas gak kasih sembuh huehheuhe....

Udah dicoba ke 4 jenis ikan kena WS....keling palsu, onde2, nemo sama koper, cuma yg ikan kopernya mati...

DWYOR yah gan..
Quote:



kemaren ane berexperimen pake copper sulfate buat ikan nemo & dakocan,truz ilang WS'y tp yg nemo jd kaya yg mabok boz,kaya'y g kuat dech ma copper sulfate trz k sedot mesin aerator tewas dech tu nemo tp yg dakocan jd lincah bgt boz..

obat acriflavine & fishtamin harga'y berapa boz?? truz tu baskom penyaring cuma gitu ja boz,g pake mesin arus/filter??
Quote:


Waduhh...itu dia gan ane blom pernah nyoba copper sulfate...itu bukannya larutan tembaga yah? Beracun bukan tuh? dikasihnya di tank karantina kan gan? Bahaya kalau ditaro ke main tank hueheheh

Obat yg ane pake waktu itu beli 15rb kalo gak salah, yg mahal fistaminnya 58rb...
Ini tehnik bukan jaminan ikan bakalan sembuh, cuma untuk beberapa ikan yg ane coba sih sukses gan, walaupun ada yg mati juga emoticon-Ngakak
Quote:


ea gan bahan dasar tembaga,yg bentuk'y kristal,klo g salah copper safe jg bahan dasar'y dari tu dech cuma dah d campur2 lagi sama pa lagi gitu,klo ane sie langsung pake bahan dasar'y ja,maklum kantong g mendukung klo beli obat instan d toko.... emoticon-Ngakak sama ane d larutin d tank buat karantina 1 malem ane coba buat ikan dakocan,hasil'y tokcer tu ws pd rontok truz ikan langsung lincah bgt,nafsu makan bertambah tp klo buat nemo g bakalan kuat boz pk copper sulfate tu,langsung mabok...

ane setuju bgt boz mau pake obat2an/alat2 yg bla bla bla yg harga'y ampe edan2nan semua'y tehnik bukan jaminan ikan bakalan sembuh,lagian kehidupan makhluk hidup g bs d tentuin sama obat2an/alat2 tp semua'y d tentuin sm yg d atas,yg penting kita dah nyoba n berusaha,... emoticon-I Love Indonesia
mo nanya dong..ane kan punya anemon rumahnya clown fish,kok tu anemon tentaclenya kurus" dan mulai menciut..padahal lampunya ane nyalain terus dan dia tepat di bawah lampu...

kira" itu knapa ya?
Quote:


bisa dari kualitas air'y dah jelek n kandungan makanan yg da d air dah abis,ganti air'y kira2 20% dari quota tank agan.. btw pake mesin ombak ga?

~semoga bisa membantu~
Quote:


blh tau parameter airnya gak? anemonnya jenis apa? btw hampir semua anemon itu jenis hewan photosyntethic (meng-host zooxanthellae) jd mungkin lampunya kurang... btw diaklimasi dulu gak sebelum masuk akuarium?
Mantap gan.... emoticon-2 Jempol
sebenernya kalau ga pake obat"an gtu bisa sembuh ga dari whitespot, maklum ank kost gan berat kalau beli macem".
agan-agan, jamur laut ane ko ga ngembang2, solusinya dong ????
share pengalaman gw selama 3 tahun miara ikan laut....

1. ws biasa muncul pada tank yg baru di setup dan belum stabil...
2. tank mulai stabil ketika berumur 3 bulan
3. selama tank belum stabil jangan di isi ikan apa2 dulu << pantangan beneran nih, ikan pasti cepet koit
4. kalo akua udah stabil mah ikan bakal sehat walafiat gan...

ane miara clown fish sama dori udah ada 2 tahun belum mati2 gan emoticon-Big Grin
padahal cahaya cuma pake sinar matahari.., akua ga pake chiller heater vitamin dll, cuma pake cara simple > rajin ganti air sebulan sekali 1/3 nya emoticon-Big Grin
selamat sore semuanya..
salam kenal...

emoticon-I Love Indonesia
Quote:

Saran aja gan,jangan pelihara anemon jika lampu dan temperatur didalam tank masih diatas 26C.Anemon dialam rata2 berada dikedalaman 1-5meter yang terdapat supply cahaya sangat kuat,kalo memang lampu dan suhu belum memadai jangan pelihara anemon gan,kasian mulai dari bleaching dan kemudian mati.


Quote:

Untuk sembuh dari whitespot cukup sederhana gan,jaga kondisi ikannya,asal dia mau makan banyak pasti lama2 sembuh,bisa juga menggunakan copper gan,beli ditoko kimia juga jual,tapi hati2 pemakaiannya gan,karena copper bisa menghasilkan suhu yang panas,cukup sedikit aja,penggunaan copper hanya untuk tank yang hanya berisi ikan saja,tanpa coral.alternatif lain bisa menaikan salinitas(keasinan air) secara perlahan,kemudian naikan pula suhu tanknya diatas 29 derajat,sama seperti penggunaan copper,treatment ini hanya boleh dilakukan pada tank yang berisikan ikan saja,setelah WS ilang usahain jangan beli ikan dulu dalam waktu lama,guna memutus kehidupan WS dalam tank agan,yang perlu dijaga kualitas air gan,air agan baik,maka WS pun tidak akan ada.
Quote:


Untuk jamur,usahain tidak terkena arus kecang gan,letakan yang kira2 arusnya pelan,dan tentu saja cek kualitas air agan...
gan..
Kalo ws yg kena ke ikan nemo ntu gmna sih gan ??
Ane pnya ikan nemo 2 ekor,,
yg 1 ekor, di bagian putihnya (wrna ikan oranye garis putih) ada kyak biram gitu gan, warna ptih yg dulunya kilat, skrg kyak pucat gtu...
Ane gatau pasti ntu apa,,
mngkin krna brantem(tpi gw gayakin), ato krna pnyakit..
Nhon masukan dong..
Quote:


pastikan ikan makannya lahap aja gan...
terus jaga kualitas airnya juga gan...
selama ikan mau makan lama2 sembuh gan...
kalo mau repot,sediakan aquarium baru untuk karantina...
air yang dipakai untuk aquarium karantina bukan dari air aquarium yang sudah ada...
setelah itu saring ikan yang kena WS,bilas bagian yang terkena WS dengan air tawar,cukup 10detik saja gan...
setelah itu masukan ikan ke aquarium karantina,naikan suhu aquarium karantina hingga 30derajat saja...
seperti itu gan tahapannya...
oh gitu..
Jadi kalo dibiarin aja d MT gapapa ya ?
Yg pnting ikanny msih lahap mkan gtu ?
Okedah..
Makasih bnyk yah gan mw ngeshare..
Halaman 2 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di