alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / REGIONAL / All / ... / Japan /
Belajar Bahasa Jepang
4.87 stars - based on 97 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000878328/belajar-bahasa-jepang

Belajar Bahasa Jepang

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 47 dari 503
Quote:


san kakeru ni ha roku (tiga kali dua sama dengan enam)
yon waru ni ha ni (empat bagi dua sama dengan dua)

kakeru: kali
waru: bagi
Quote:


otsuri wa irimasen
atau
otsuri wa totte oite kudasai


Quote:


1+1=2
ichi tasu ichi wa ni

2-1=1
ni hiku ichi wa ichi

3x2=6
san kakeru ni wa roku

4:2 = 2
yon waru ni wa ni
Quote:


Quote:



sugoiii~ kyou mo benkyou shimasu emoticon-Belo

senpai-tachi banzai !! :maho



sekalian deh kalo gitu nanya juga emoticon-Malu

penggunaan shika, gurai sama yori masih kurang paham emoticon-Embarrassment
Quote:


Quote:


horee dapet ilmu lagi...emoticon-Embarrassment makasi tmen2 emoticon-Smilie
kpn2 tanya lagi yah...kl kebanyakan nanya lupa juga sih emoticon-Peace

Doumo!
emoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer
gak tau bro, gw bisa nya mandarin tu juga cuma bisa nulis Wo (saya) emoticon-Cape deeehh
Quote:


kalau gua bilang belajar jangan random. Gramatik, kosakata dll semuanya saling berhubungan, kalau lu belajar satu2 bakal bingung nantinya. Semua harus dipelajrin secara bersamaan perlahan lahan.
Coba cari buku yg paling pas ama lu trus ikutin buku itu. Kalau kata orang2 sih "minna no nihongo" (gua nggak pernah pake buku ini).
Kalau di gua sih paling pas sama buku yg banyak percakapannya (kalau bisa ada kasetnya) trus setelah itu baru dijelasin masing2 artinya beserta gramatik.
Ini cuma opini gua doang, tapi biasanya buku bahasa yg bagus itu awal mulanya selalu "perkenalan" (memperkenalkan diri sendiri dan memperkenalkan orang).
Jadi prinsipnya belajar bukan "menghafal" tapi "dimengerti".

Kalau mau cari contoh percakapan, disini lumayan banyak
http://www.japanesepod101.com/index.php?cat=3




Quote:


shika - hanya
harap diperhatikan !!!!
pemakaian "shika" selalu dengan kalimat negatif.
shika + -nai
contoh :
watashi wa yasai shika tabemasen (saya cuma makan sayuran)
ima shika nai (secara harafiah "hanya sekarang", dengan kata lain "sekarang atau tidak selama lamanya")


gurai - sekitar
bedanya dengan "goro", kalau "goro" artinya sekitar untuk waktu.
Pakai "gurai" kalau nominalnya bisa ditambah atau dikurangin.

1 jikan gurai (sekitar 1 jam lamanya)
1 ji goro ( sekitar jam 1)

1 me-ta gurai (sekitar 1 meter)
1 kg gurai (sekitar 1 Kg)
natsu no goro (sewaktu musim panas)


yori

biasanya dipakai untuk perbandingan. Kata benda yg letaknya tepat berada dibelakang "yori" itu yg "kalah" dalam perbandingan.
contoh:
Tokyo no hou ga Osaka yori ooki desu (Tokyo lebih besar dari Osaka)
Tokyo wa Osaka yori ooki desu (Tokyo lebih besar dari Osaka)
Osaka wa Tokyo yori chiisai desu (Osaka lebih kecil dari Tokyo)
A-san wa B-san yori takai desu (A-san lebih tinggi dari B-san)


"yori" juga bisa berarti "dari"
contoh:
kokoro yori kansha shimasu (saya berterima kasih dari lubuk hati yg paling dalam)

atau kalau dalam surat:
bla bla bla ..........................
Anton yori (dari Anton("surat ini Anton yg nulis") )
Quote:


SHIKA:
artinya kalo dalam bahasa indonesia kira2 "cuma", penggunaan kata ini menyatakan rasanya sedikit, kurang. bedakan dengan "dake" yang artinya kira2 mirip, tapi dake lebih netral. kalau menggunakan shika, di belakangnya harus bentuk negatif (nai), kalo dake nggak perlu.

mis: kono hen ni hoteru wa mittsu shika nai.
(di deket2 sini cuman ada 3 hotel. ada perasaan dikit, harusnya lebih banyak lagi hotel di deket2 sini, mungkin karena di deket sini daerah jalan besar dsb)

vs kono hen ni hoteru wa mittsu dake arimasu.
(di deket2 sini cuman ada 3 hotel. dibandingkan shika lebih netral, tapi tetep aja menyatakan perasaan 'cuman'emoticon-Wink

vs kono hen ni hoteru wa mittsu mo arimasu
(di deket2 ada 3 hotel lho! penambahan mo membuat kesan banyak, meskipun sama2 3, mungkin untuk daerah itu udah termasuk hebat. mungkin daerahnya kecil dsb)

GURAI:
kalo ini artinya menyatakan "kira-kira", biasanya untuk menyatakan perkiraan jumlah atau besaran.

mis: kono hen ni wa hoteru ga mittsu gurai arimasu
(di deket2 sini ada sekitar/kira-kira 3 hotel. mungkin ada 4, 5 atau malah 2. kira2 ada 3)

dipake bareng2 shika ato dake jg boleh
kono hen ni wa hoteru ga mittsu gurai shika nai.
(di deket sini cuman ada kira2 3 hotel doang)

YORI:

ini ya kira2 artinya "lebih...daripada".

watashi no ie wa kono hoteru yori ookii.
(rumah gue lebih gede daripada hotel ini)

kono hoteru to kuraberu to, watashi no ie wa yori ookii.
(kalo dibandingin sama hotel ini, rumah gw lebih gede)

jadi inget deh, gurai jg bisa dipake untuk menyatakan perbandingan yang kira2 sama.

watashi no ie wa kono hoteru no ookisa gurai desu.
(rumah gw yaa...kira2 segede hotel ini lah!)
Quote:


Quote:


koko ni kiita honto yokatta emoticon-Frown
thamee-san, david-san, saikou daaa~ emoticon-Embarrassment

benkyou benkyou :maho
Ini daftar perkalian dalam bahasa Jepang
anak SD di Jepang ngapalinnya kayak gini

Belajar Bahasa Jepang
^ ga ngerti emoticon-Frown

yg 7 x 1... itu shichi ichi ga shichi gitu yah? emoticon-Embarrassment
Quote:


iya, ngapalinnya persis spt tulisan hiragananya
ini kalau cara belajar di SD ya
mereka (anak kelas 2-3 SD) hafal di luar kepala

bukan berarti shichi kakeru ichi atau nana kakeru ichi itu salah
tp kl ngomong sama orang biasanya yg mana bro? yg nana kakeru ichi deshou?
Quote:


saia juga g ngarti paan yg ane tulisemoticon-Hammer emoticon-Peace
;;;;;;;;;;;;;;;;;;;ngacir:
tnya donkemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
bedanye かいた ある sama かいて いる paan yahemoticon-Bingung
apa sama2 artinye (dlm keadaan/sedang)menulis, ato ap yeemoticon-Amazed
nanya lagi...singkat aja hehe ...bgmn sih cara penggunaan bentuk ~nagara emoticon-Embarrassmentemoticon-Smilie
lagi banyak nanya yah emoticon-Embarrassment
tambah lg emoticon-Smilie
"Mendiang almarhum B-san adalah kakek yg baik"
bahasa jepangnya kyk gimana?
emoticon-Embarrassment
Quote:


~nagara bukannya langsung aja dipasang yah om zupa, gak ada aturan apa2

setau saya loh ya emoticon-Stick Out Tongue
^
^
mesti d rubah dlo bro,k dlm bentuk akhiran ~i,sama ky bentuk ます-けい,ます nye tinggal di ganti Nagara.emoticon-Smilie

misalnye:
-Yaru(mengerjakan) jadi YariNagara=sambil mengerjakan,bukan yarunagara.
-asobu(bermain) jadi AsobiNagara=sambil bermain,bukan AsobuNagara.
-benkyou suru jd benkyou shinagara=sambil belajar,bukan benkyou suru nagara.

itu yg ane tauemoticon-Malu
Quote:


itu sih emang uda tau bro, maksudnya langsung aja ditempel kan kata kerja sama nagara emoticon-Big Grin
Halaman 47 dari 503
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di