alexa-tracking

Mengapa Orang Percaya Tuhan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a06596cdad770b9668b4568/mengapa-orang-percaya-tuhan
Quote:


Mencari eksistensi Tuhan sepertinya hal yg sombong. Beradaptasi dan juga mengembangkan apa yang telah diberikan-Nya dengan logika berpikir yang sehat itu penting.

Mencari tahu hal baik dengan logika berpikir sehat scr terus menerus jg penting. Hakikatnya manusia adalah bergerak. Sudah tercermin, dr aliran darah yg terus bergelak dan mengalir memberikan makan di penjuru tubuh utk setiap sel yg ada. Bahkan saat manusia tidur.

Bayangkan jika mereka berhenti, mati sudah.
Quote:


Widiih. Kalo semua orang punya pikiran kayak lo begini, dunia akan kembali ke zaman kegelapan. Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak akan berkembang. Manusianya lebih memilih terbuai berkhayal dengan dongeng kuno daripada berusaha mencari tahu tentang jawaban dari fenomena2 yang terjadi di dunia ini.
Quote:


bukannya eropa dulu zaman kegelapan gara2 ninggalin agamanya? lalu peradaban di timteng menghilangkan zaman kegelapan dengan paduan ilmu + agama + logika. Ilmu tanpa iman bukannya ga guna? Mendel aja juga seorang anggota gereja kok
Quote:


Benar, kita tidak didoktrin agama utk tidak percaya ilmu pengetahuan, tapi agama lah yg menyuruh kita berpikir. emoticon-Jempol
Quote:


Boleh, bagi yang percaya bisa dijadikan rujukan yang membimbing demikian. Disisi lain ada juga yang berpendapat, bahwa memang kita sebagai manusia sudah layak dan sepantasnya untuk terus berpikir sesuai dengan kapasitas/talenta yang dimiliki. Tanpa diminta siapapun juga. Bebas menurut saya, sejauh tidak melukai fisik dan hati orang lain, lebih2 keseimbangan alam.

Saya sempat bertanya, ketika manusia sudah "menguasai" bumi, dan indikasi populasi 9 milyar sudah terwujud, lantas apa dan bagaimana selanjutnya?
Quote:


Salah.

Eropa sebelum zaman renaissance itu malah zamannya overdosis agama. Zaman dimana gereja katolik memegang kendali yang sangat besar pada segala sendi pemerintahan dan kehidupan sosial. Sampe ada jual beli surat penebusan dosa, persekusi terhadap ilmuwan2 seperti Copernicus & Galileo, dan korupsi berskala masif yang terjadi dalam organisasi gereja katolik.

Islamic Golden Age itu terjadi pada abad ke-8 s.d abad ke-13, sedangkan zaman yang sering disebut abad kegelapan itu terjadi pada abad ke-5 s.d abad ke 14. Yang menghilangkan zaman kegelapan adalah zaman renaissance, dimulai pada abad ke-14. Renaissance itu masa dimana munculnya tokoh2 intelektual dan filsuf2 besar yang mengedepankan filosofi humanisme daripada dogma agama. Kemudian dilanjutkan oleh masa Age of Enlightment. Masa di mana kemerdekaan, toleransi, dan kemajuan ilmu pengetahuan dijunjung tinggi. Pemisahan antara gereja dan negara juga dimulai pada masa ini.

Ilmu tanpa iman gak guna? Gak guna gimana? Gak perlu beriman buat mencari ilmu setinggi mungkin. Malah iman lah yang seringkali menjadi tembok penghalang berkembangnya ilmu. Dogma agama seringkali tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan, dan sebaliknya. Ujung2nya Wallahu alam. Usaha untuk mencari kebenaran dihentikan karena hasil penelitian tidak sesuai dogma.
orang percaya sama Tuhan itu tanda orang2 yang berpikir emoticon-Wowcantik



emoticon-babi emoticon-Big Grin
×