alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51d051e0582acf4041000001/sistem-bioflok
Biofloc adalah sistem budidaya padat tebar tinggi 1000ekor/m3 dan pengolahan limbah menjadi protein(mkanan) dengan bantuan bakteri dan manipulasi c/n ratio gan.
ada bahasan baru nih ... hmmm
Quote:Original Posted By rovihadi
Biofloc adalah sistem budidaya padat tebar tinggi 1000ekor/m3 dan pengolahan limbah menjadi protein(mkanan) dengan bantuan bakteri dan manipulasi c/n ratio gan.


kalau dari penjelasan di atas... sepertinya lebih ke arah2 ikan konsumsi yah??

soalnya kalau ikan hias2 gitu.... populasi padat..rentan penyakit.....

gan, gimana sistem bioflok y
halo......ha............ kmn orang2nya nih?
Quote:Original Posted By OzManch
ane lagi belajar bioflok, udah dapet bukunya. tapi masih puyeng karna rumus2 kimia. emoticon-Hammer (S)


Judul buku nya apa gan?
Assalamu'alaikum

Salam kenal,..
Newbie numpang share Gold Fish adopsian dari Taman Pasar Burung & Ikan Hias Depok, Solo

Maaf ikan biasa aja, Pasar Quality,.. hehe emoticon-Malu

Sistem pemeliharaan pakai Biofloc Technology (BFT)

Sementara pakan masih pake Takari. Ntar kalau Takari habis, udah ngantri 2 pouch Agaru Sinking,.. emoticon-Traveller

Untuk selingan, biasanya saya kasih nasi (untuk menjaga CN Ratio) atau semut atau pakan kucing (kebetulan adopsi kucing juga)

Bacteria starter, pakai Yakult. Kebetulan saya sendiri rutin minum Yakult, jadi saat minum, disisihkan sedikit utk ikan & kucing saya emoticon-Big Grin

Spoiler for Lokasi Pasar Ikan Hias Depok, Solo:


emoticon-Motret

Spoiler for Takari & 2 pouch Agaru Sinking:


youtube-thumbnail


-------------------------------------------------------

Untuk pemakaian sistem ini, hal yg harus disadari diawal adalah bahwa sistem ini bukan untuk pemeliharaan ikan display atau pajangan (karena airnya keruh, kurang enak dipandang mata emoticon-Big Grin ) .

Sistem pemeliharaan tanpa filter mekanis (jadi terlihat keruh & coklat airnya), cuma mengandalkan aerasi, mempertahankan CN Ratio diatas 10 (untuk efektivitas penguraian amoniak oleh bakteri, idealnya CN Ratio diangka 12 s.d. 20), selain itu juga air dijaga supaya suspensi solid (partikel tak terlarutnya) tidak lebih 10%.
Nanti kalau sudah dirasa cukup (baik dari segi ukuran ikan, warna, dll sudah sesuai target yg diinginkan) dalam pemakaian sistem ini, baru bisa utk pajangan dan bisa menggunakan sistem pemeliharaan air yg bening lagi (pakai filter >>> Sistem Resirkulasi / RAS-Recirculating Aquaculture System).

Yang kedua, pada sistem ini, produksi kotoran akan tinggi karena pemberian pakan jg lebih banyak (dalam artian, sedikit tapi sering) untuk mendorong pertumbuhan ikan. Otomatis produksi suspensi solid (partikel tak terlarut) jg akan banyak. Hal itu akan membebani filter (terutama filter yg tugasnya menyaring suspensi solid).
Sebagai adopter ikan, kita jadi lebih rajin cuci filter supaya tidak terjadi Filter Clogging Problem (masalah tersumbatnya filter). Selain itu, kinerja power head / PH (pompa) aquarium jg jadi lebih berat, karena selain memompa air, PH jg bertugas utk memompa suspensi solid ke filter dan tidak menutup kemungkinan dapat terjadi clogging problem jg di PH.

Jadi sistem pemeliharaan BFT ini secara tidak langsung mengeliminasi problem-problem tadi.
Cuma ada hal-hal yg harus diperhatikan. Secara berkala, tingkat persen padatan di air harus dikontrol supaya tidak terjadi Gill Clogging Problem (masalah tersumbatnya insang ikan). Kalau sudah mencapai 5 s.d. 10%, harus segera disiphon (disedot) suspensi solidnya untuk diendapkan di Settling Tank (bak pengendapan). Itu utk hemat air.
Kalau mau dibuang & langsung dilakukan water exchange (pergantian air baru) juga tidak apa-apa. Malah lebih baik. Parameter air jg jadi lebih baik.

Sistem pemeliharaan ini memang agak rumit & harus dipahami betul-betul.

Untuk SOP nya, bisa follow postingan agan iisamilah di thread "New budidaya lele (pembenihan-pembesaran)"
SOP

Resep Bacteri Starter (Probiotic) :
Bacteri Starter
Bacteri Starter 2

Selain itu, kadar pH air jg harus dijaga. Rata-rata ikan bisa hidup pada pH 5 s.d. 10
Tapi utk pH optimum dikisaran 6 s.d. 9 .

Catatan :
Kalau dilakukan penggantian air baru (saat kontrol atau pembuangan suspensi solid) biasanya pH lebih stabil karena penambahan air dgn parameter yg lebih baik dari air di bak pemeliharaan.
Tapi kalau tanpa penggantian air baru (menggunakan air dari bak pengendapan dikembalikan lagi ke bak pemeliharaan), biasanya pH akan dinamis. Oleh karenanya, perlu penambahan kapur kalsium karbonat / zeolit / dolomit utk menjaga kedinamisan pH supaya tidak terjadi perubahan yg ekstrim. SOP nya ada di link berikut :
Pemakaian Kapur Karbonat

Tambahan bacaan :
Bacaan

CMIIW

Wassalamu'alaikum