Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015146729/biologi-teknik-ekstraksi-bahan-alam
oia gan..bgmn teorinya jika proses ekstraksi dilakukan dgn menaikan/menurunkan ph suatu larutan?
itu termasuk jenis ekstraksi apa?
tq gan
Gan, ane mw nanya...
kagak nyambung sama ekstraksi sih....

agan tau freeze drying, nah ane mau ngeringin ekstrak ethanol 96% kurang lebuh ada 2,5L nah kira2 kalo pake freeze drying ane butuh waktu berapa lama ya?
Baca2 tapi lom paham banget nih.. di ulang2 lagi.. tapi belom paham
Quote:Original Posted By neverland2009
[BIOLOGI] Teknik Ekstraksi Bahan Alam


Teknik Ekstraksi Bahan Alam











Sorry gan, mau nanya.. kenapa ya kalo ekstraksi metode maserasi meggunakan simplisia kering harus menggunakan (Misalnya pakai etanol) etanol 70% sedangkan simplisia basah (Gak dikeringin) menggunakan etanol 90% ?
Quote:Original Posted By asyshahid


Sorry gan, mau nanya.. kenapa ya kalo ekstraksi metode maserasi meggunakan simplisia kering harus menggunakan (Misalnya pakai etanol) etanol 70% sedangkan simplisia basah (Gak dikeringin) menggunakan etanol 90% ?


ngikut nimbrung ya gan
setau ane dalam proses ekstraksi, air dibutuhkan untuk penetrasi ke dalam sel dimana senyawa2 metabolit sekunder berada, makanya ketika agan bahannya simplisia (kering) maka baik pakai etanol yg 70% karena mengandung lebih banyak air. Sedangkan buat bahan basah karena kandungan air di bahannya masih tinggi jadi pake etanol 96%. CMIWW
Quote:Original Posted By indradi.bayu


ngikut nimbrung ya gan
setau ane dalam proses ekstraksi, air dibutuhkan untuk penetrasi ke dalam sel dimana senyawa2 metabolit sekunder berada, makanya ketika agan bahannya simplisia (kering) maka baik pakai etanol yg 70% karena mengandung lebih banyak air. Sedangkan buat bahan basah karena kandungan air di bahannya masih tinggi jadi pake etanol 96%. CMIWW


Sorry gan mau nanya lagi, kalo misal etanol 70% dipake buat simplisia basah gimana gan ? ohiya ada referensi buku yang bahas ginian ? soalnya ane nyari di mbah gugel gak ketemu Makasih sebelumnya
Quote:Original Posted By asyshahid


Sorry gan mau nanya lagi, kalo misal etanol 70% dipake buat simplisia basah gimana gan ? ohiya ada referensi buku yang bahas ginian ? soalnya ane nyari di mbah gugel gak ketemu Makasih sebelumnya


Sampe sekarang pun ane masih nyari literatur yg jelasin gan, cuma msh belum nemu. Dulu denger dari dosen ane (dan karena dulu ga peduli jadi ga diskusi ) . Kalo asumsi ane, berkaitan sama proses difusi dan kesetimbangan konsentrasi mungkin ya.

Tapi ini juga nggak jadi patokan2 amat, toh dulu ane pernah ekstraksi bahan kering pake 96% karena dari jurnal2 penelitian ttg tanaman ane ternyata flavonoidnya kebih banyak. Juga 70% dipake buat basah, cuma perlu diperhatikan nantinya ketika kadar air ekstrak terlalu tinggi bisa jadi tempat tumbuh yang pas buat jamur, kapang, dll atau juga bisa jadi ada reaksi hidrolisis. Makanya ekstraksi dari simplisia (kering) lebih disukai untuk menyari metabolit sekunder, kecuali agan mau ngambil senyawa-senyawa yg mudah nguap semacam minyak atsiri, yg seger lebih mantap. Ini pendapat ane ya gan, mohon koreksinya biar sama2 belajar.

coba download ebook natural product isolation gan, ada sedikit tentang ekstraksi secara umum semoga membantu.
Quote:Original Posted By indradi.bayu


Sampe sekarang pun ane masih nyari literatur yg jelasin gan, cuma msh belum nemu. Dulu denger dari dosen ane (dan karena dulu ga peduli jadi ga diskusi ) . Kalo asumsi ane, berkaitan sama proses difusi dan kesetimbangan konsentrasi mungkin ya.

Tapi ini juga nggak jadi patokan2 amat, toh dulu ane pernah ekstraksi bahan kering pake 96% karena dari jurnal2 penelitian ttg tanaman ane ternyata flavonoidnya kebih banyak. Juga 70% dipake buat basah, cuma perlu diperhatikan nantinya ketika kadar air ekstrak terlalu tinggi bisa jadi tempat tumbuh yang pas buat jamur, kapang, dll atau juga bisa jadi ada reaksi hidrolisis. Makanya ekstraksi dari simplisia (kering) lebih disukai untuk menyari metabolit sekunder, kecuali agan mau ngambil senyawa-senyawa yg mudah nguap semacam minyak atsiri, yg seger lebih mantap. Ini pendapat ane ya gan, mohon koreksinya biar sama2 belajar.

coba download ebook natural product isolation gan, ada sedikit tentang ekstraksi secara umum semoga membantu.



Makasih banyak gan infonya, kebetulan ane lagi proses mengerjakan proposal skripsi.. info ini bisa bermanfaat pas tanya jawab nanti