Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001548142/masukan-silsilah-keluargamu-disini
Waw hebat yah mereka mereka ini , saya malah cuman tau sampe Kakek saya , ke atasnya lagi gak tau , mungkin karena silsilah keluarga saya gak begitu spesial tapi ada satu yang hal yang membuat saya bangga , karena Kakek saya adalah salah satu Veteran Pejuang kemerdekaan jaman Belanda dahulu dan hal itulah yang sering Ibu saya ceritakan dan sering diceritakan juga sama Keluarga ibu
Quote:Original Posted By toje


Gelar2 di Banten sebenernya ada banyak

1. gelar untuk kalangan bangsawan keturunan sultan Banten adalah tubagus dan ratu
2. gelar bangsawan yang tidak memiliki darah keturunan dengan sultan diantaranya;
- Entol Dan Siti / Ayu = adalah gelar yang diberikan Sultan Banten pertama kali kepada Raden Jamparing, ada juga yang bilang diberikan kepada Ki Andong Mohol (ayah R. Jamparing)
- Ayip dan Ipah = gelar untuk mereka para keturunan syarifah, mereka bertebaran di Banten dan luar banten, mereka juga memiliki garis lurus kepada Syarif Hidayatullah yang keatasnya kepada Fatimah Binti Rosulullah, pemakai gelar ini banyak di temukan di serang
- Mas / Permas/ Nyi Mas = adalah gelar yang diberikan Sultan Hasanudin kepada Ki Ajar Jong (orang banten pertama yang memeluk islam), setelah memeluk islam namanya berubah jadi Ki Mas Jong.

note: Istilah Ajar pd jaman Jawa & Sunda kuno bisa berarti Guru, mau guru agama/ kebatinan kek, guru silat/ seni perang kek, guru matematika kek

Jaman sekarang di banten banyak yg menyalahgunakan gelar Tubagus & Ratu utk kepentingan politik, padahal babehnya/ kakeknya gak bergelar Tb

kalo sumber ttg keturunan Ki Mas Jong yg ane jabarin sebelumnya ane dapet dari sumber sejarah pemberontakan di banten
Oh iya klo mau tau detail ttg Ki Mas Jong bisa dateng/ wisata ziarah ke Desa Karundang (Sempu), Kota Serang Banten. disana agan bisa tanya2 detail sama Kuncen Makam

*Lupa ane janji cendolnya, cek kulkas


Waduhh gan. Ane agak males kalo ziarah2 ke kuburan keramat gitu gan. Takut dosa hehehe. Kalo sumber onlinenya ada ga ya gan???

Ohiya gan yg ane bingung itu kenapa ya kok ada sebagian orang Banten yg pake gelar Raden seperti Raden Jamparing atau yg paling terkenal tuh Trah Djajadiningrat dari Lebak seperti Raden Husein Jayadiningrat. Malah waktu ane liat daftar Bupati Serang dari Zaman Belanda Namanya itu Raden Tumenggung Pandji Gondokoesoemo tapi dia punya nama Bantenya gitu gan yaitu Tubagus Hanafi. Sama Raden Ariaatmadja dengan nama Bantenya Mas Ijan . Kenapa bisa punya dua nama gitu ya gan ??? Trus dari mana asal usul gelar Raden di Banten?? Makasih gann
Quote:Original Posted By d4tukrajo


Waduhh gan. Ane agak males kalo ziarah2 ke kuburan keramat gitu gan. Takut dosa hehehe. Kalo sumber onlinenya ada ga ya gan???

Ohiya gan yg ane bingung itu kenapa ya kok ada sebagian orang Banten yg pake gelar Raden seperti Raden Jamparing atau yg paling terkenal tuh Trah Djajadiningrat dari Lebak seperti Raden Husein Jayadiningrat. Malah waktu ane liat daftar Bupati Serang dari Zaman Belanda Namanya itu Raden Tumenggung Pandji Gondokoesoemo tapi dia punya nama Bantenya gitu gan yaitu Tubagus Hanafi. Sama Raden Ariaatmadja dengan nama Bantenya Mas Ijan . Kenapa bisa punya dua nama gitu ya gan ??? Trus dari mana asal usul gelar Raden di Banten?? Makasih gann


Spoiler for Kramat:


Gak papa kali gan ziarah kubur ke tempat org2 saleh, semua tergantung niat agan mau ngapain, klo mau minta2 ya gak boleh. tapi klo sekedar mau tau sejarah dan jalan hidupnya, mau mengenang jasa-jasa mereka ya gak papa

Sumber onlinenya ane gak tau
klo gelar Raden di banten biasanya keturunan yg berasal dari Raja2 Sunda/Galuh (Priangan) atau Jawa (Demak),
Tapi di banten orang yg bergelar kebangsawanan gitu mah biasa, sudah tidak wah spt jaman kolonial (feodal). Orang memakai gelar untuk anaknya sbg bentuk pelestarian budaya leluhurnya saja. soalnya ada jg yg gak dipasang gelarnya.
Reminder untuk semua :

~๑ஜ★ Gathnas Forsup, Forspirit, Forbud & Gemstone 2016 ★ஜ๑~

THREAD INDUK :
http://www.kaskus.co.id/thread/5666a...gemstone-2016/




Quote:Original Posted By almasy2000
Assalamu'alaikum.wr.wb
Salam Sejahtera bagi kita semua
Namaste
Rahayu


**Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini**

Setelah sekian lama kita tidak bersua kurang lebih 2 tahun dalam suatu agenda gathering akbar bersama2 ~๑ஜ★۞ GATHERING AKBAR FORUM SUPRANATURAL, SPIRITUAL & BUDAYA 2014 ~๑ஜ★۞ yang dihadiri tidak kurang dari 605 peserta, maka Forum Supranatural, Spiritual dan Budaya, dan Forum Gemstone akan mengadakan GATHERING NASIONAL yang bertemakan " GUYUB RUKUN BERADAB SELALU "

Tempat : ANJUNGAN JAWA TIMUR, TAMAN MINI INDONESIA INDAH.

Spoiler for anjugan jatim, tmii:


Spoiler for peta TMII terbaru, Anjungan Daerah : Jatim " U " :


Tanggal : 10 Januari 2016
Waktu : 08:00 - 18.00
Mahar Peserta: Rp. 75,000 ,- *
Mahar Seller / Konsultan : Rp. 150,000 ,- **


(*)
Peserta pembayar mahar sebelum H-3 acara berhak mendapatkan konsumsi ( lunch ), merhcandize dan kupon doorprize. Peserta yang membayar mahar secara on the spot tidak diberikan jaminan untuk mendapatkan konsumsi dan merchandize, mengingat 2 items tsb telah dipesan dan dibayar oleh panitia maksimal 3 hari sebelum hari H.

Mahar diluar tiket masuk TMII dan parkir ( Per orang diatas 3 tahun : Rp 15,000,- . Mobil Rp. 10,000,- . Motor Rp. 6,000,- ) yang ditanggung masing2 peserta.

(**)
Di area gathering yg diperuntukkan untuk seller dan lapak konsultasi diperkenankan melakukan barter, konsultasi gratis / berbayar, jual beli yang item2nya sesuai dengan tema thread / komunitas / konsultasi yg ada di forsup,forspirit, forbud dan gemstone serta panitia tidak memungut biaya tambahan. ( Biaya hanya mahar sebagai peserta / seller / pengisi lapak konsultasi diawal saja).

Lapak Seller diperkenankan sekaligus sebagai lapak konsultasi, begitupun Lapak konsultasi diperkenankan sekaligus sebagai lapak untuk jual beli. Pemisahan dilist sementara untuk mempermudah panitia menata, menyesuaikan dan menonjolkan hal yang akan disajikan.

Seller / Konsultan diberikan hak untuk memasang xbanner, spanduk, brosur dll. Serta mendapatkan hak yang sama untuk mendapatkan konsumsi, merchandize dan kupon doorprize.

Mahar Seller/ Konsultan hanya berlaku untuk 1 orang penjaga, jika ada tambahan orang/ penjaga lapak harus terdaftar sebagai peserta dan dikenai Mahar Peserta tidak perlu membayar mahar seller / konsultan lagi. Mohon maklum karena panitia harus menyediakan konsumsi, merchandze, kupon doorprize.

Mahar diluar tiket masuk TMII dan parkir ( Per orang diatas 3 tahun : Rp 15,000,- . Mobil Rp. 10,000,- . Motor Rp. 6,000,- ) yang ditanggung masing2 peserta

(***)
Seluruh mahar yang masuk, 20% nya akan dimasukkan dalam kas Forsup, mengingat dana kas Forsup saat ini hampir menyentuh angka psikologis yaitu 5jt rupiah

Detail mengenai peruntukan area gathering, beberapa kawasan menarik di area anjungan Jawa Timur, lahan lapak/seller/konsultasi, lahan parkir mobil dan motor, serta arahan masuk area gathering nasional dijelaskan di post 6 thread ini. .


Konsep acara ini merupakan konsep seminar - bazzar, dimana agenda utamanya adalah adanya seminar oleh 2 orang pemateri yang merupakan sesepuh dan warga dari Forum kita tercinta sendiri dengan sajian 2 tema materi yang tentunya sangat ditunggu serta menambah khasanah pengetahuan kita. Serta gathering kali ini akan memberikan banyak kesempatan warga forum untuk berinteraksi secara bebas baik dengan sesepuh, warga lain serta untuk melakukan transaksi jual beli yang seller-sellernya merupakan warga Forum Supranatural, Spiritual, Budaya dan Gemstone sendiri.

Akan dibuka kesempatan untuk seller dan lapak konsultasi yang diutamakan adalah warga Forum Supranatural, Spiritual, Budaya dan Gemstone untuk mengisi 11 slot lapak seller ( FULL BOOKED ) dan 5 slot lapak konsultasi ( FULL BOOKED ). Soal penempatan lapak dan keputusan akhir merupakan keputusan mutlak panitia. Yang tidak berkenan, atau tidak suka dengan aturan ini silahkan OUT saja sejak awal

Donatur berupa barang hibahan, dana, tenaga dan sebagainya akan kami terima dengan tangan terbuka. Untuk gathering kali ini mohon maaf kami tidak menerima barang untuk dilelang, baik yang hasil lelangnya 100% untuk dana Forsup ataupun berapa persennya untuk Forsup dan sisanya untuk penghibah mengingat tema kali ini adalah seminar - bazzar.

Salam guyub rukun, salam salim sungkem selalu
Wassalamu alaikum wr.wb




===========================================================================
Susunan Acara Gathering Nasional 2016



07:00 Panitia Persiapan Akhir di TKP

07:30 Pengisi Slot seller dan konsultasi memasuki TKP dan mempersiapkan stand

08:00 Registrasi peserta gath

09:00 Pembukaan Acara ( NOTE : MENGINGAT PADATNYA ACARA, MAKA WAKTU AKAN DIBUKA ON TIME )

Sambutan Ketua Panitia Pelaksana Gubes PMH ALMASY2000

Sambutan Perwakilan moderator Forsup, Forspirit, Forbud & Gemstone Kaskus

Sambutan Perwakilan Kaskus

Do'a pembukaan acara oleh RADEN MAHESA ( Supranatural Enthusiast Kaskus )


09:30 Seminar 1 dan sesi tanya jawab oleh KISAWUNG ( Supranatural Enthusiast Kaskus )

Materi : PENGETAHUAN DASAR MAHABAH DAN PENGASIHAN


11:00 Ishoma & Undian Doorprize sesi 1 oleh ZERVIONESTA13 dan TAFORDU ( Gemstones Enthusiast Kaskus )

13:30 Seminar 2 dan sesi tanya jawab oleh MBAH DIMAZ ( id Kaskus PENGKHIANAT ) dan KIYUDI ( Supranatural Enthusiast Kaskus )

Materi : KOMUNIKASI KHODAM DENGAN TEHNIK MEDIUMISASI


15:00 Bebas ( Sholat, Jiarah makam Mbah Kuning, Silaturahmi, Ngejunk, Curhat, Jual Beli, Barter, Konsultasi, Tebar Pesona, dsb, dst, dll )
& Undian Doorprize sesi 2 oleh DIGDADINAYA dan PATIHDJELANTIK ( Budaya Enthusiast Kaskus )

16:00 Bebas ( Sholat, Jiarah makam Mbah Kuning, Silaturahmi, Ngejunk, Curhat, Jual Beli, Barter, Konsultasi, Tebar Pesona, dsb, dst, dll )
& Undian Doorprize sesi 3 oleh GENDUT SEHAT dan NOTE5 ( Gemstones Enthusiast Kaskus )

17:00 Do'a penutup oleh DAVELAVEGA ( Supranatural Enthusiast Kaskus)

17:30 Closing & beres2 TKP

===========================================================================




Sponsored by :

**Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini****Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini**


Supported by :

**Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini** **Masukan Silsilah Keluargamu Disini****Masukan Silsilah Keluargamu Disini**
+ Nayawikrama
++ Kakek ane
+++ Babeh ane
++++ Ane

Menurut ane sih tau silsilah keluarga sendiri penting gan. Meskipun ane keturunan rakyat biasa dan ngga dikenal, Tapi kenal leluhur sendiri penting bagi ane. Dan ane berniat bakalan ngajarin keturunan ane biar silsilah keluarga dijaga dan diceritain biografi kakek-kakeknya. Biar bisa jadi teladan, perbuatan baik yg biasa mereka lakuin bisa diterusin anak cucu. Intinya bukan keturunan raja siapa sih buat ane, tapi ane mau kenal ngga sama kakek-kakek ane. Kalo udah ngga bisa ya udah biarlah. Tinggal ke bawahnya aja.
Quote:Original Posted By mazdon13
+ Nayawikrama
++ Kakek ane
+++ Babeh ane
++++ Ane

Menurut ane sih tau silsilah keluarga sendiri penting gan. Meskipun ane keturunan rakyat biasa dan ngga dikenal, Tapi kenal leluhur sendiri penting bagi ane. Dan ane berniat bakalan ngajarin keturunan ane biar silsilah keluarga dijaga dan diceritain biografi kakek-kakeknya. Biar bisa jadi teladan, perbuatan baik yg biasa mereka lakuin bisa diterusin anak cucu. Intinya bukan keturunan raja siapa sih buat ane, tapi ane mau kenal ngga sama kakek-kakek ane. Kalo udah ngga bisa ya udah biarlah. Tinggal ke bawahnya aja.


seteuju

Ane gan punya leluhur dari kerajaan majapahit. btw gimana cara ngurus surat kekancingan kayak orang mataram?
Quote:Original Posted By Tyranos
ane keturunan majapahit yg hijrah ke bali gan (skrg penduduk bali kebanyakan keturanan majapahit)
CMIIW
setau ane cuman itu aja


Ane juga punya leluhur dari kerajaan Majapahit gan
ane cuma tau sampe buyut doang
namanya joyo sarpan
kata tetangga yang sudah sepuh tetua kampung
kalo dari pihak ibuk juga cuma sampe buyut aja
ane turunan nabi adam gan
Quote:Original Posted By elandinho
Kata para tetua di keluarga saya.
Saya termasuk keturunan Keraton Yogyakarta.

Dari Sri Sultan Hamengkubuwono V atau IV

Yang kabarnya Pangeran Diponegoro pada waktu itu memberontak karena saat itu yang menjadi raja bukan orang sebenarnya.

Nah sang putra mahkota tersebut yang lari itu.

katanya leluhur ane Gan.

Coz bapaknya Eyang ane gak jelas gan.

dan menurut penerawangan beberapa orang memang benar.

Pertanyaan ane ada yang pernah dengar kisah ini?


Ane di triwing jg ktnya ada turunan keraton gan, dr pihak bapa
Pihak ibu campuran magelang + RRC

Quote:Original Posted By amandamai
Salam untuk sesepuh semua..

Di Thread ini saya yang newbie hanya menyediakan media untuk berbagi silsilah dari keluarga teman-teman semua.

Mungkin dari sini kita bisa melihat hubungan antara silsilah satu dengan yang lain sehingga silaturahmi keluarga dapat diteruskan.
Nggak menutup kemungkinan beberapa dari kita bersaudara.
Tidak mesti dari keturunan Raja atau yang lainnya.

Monggo dipersilahkan,,,,


dari pangeran pekik (kata pak lekku)
salam kenal
×