CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Curhatan Si Mbak Cynd
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e37edde337f93321a7ccf2b/curhatan-si-mbak-cynd

Curhatan Si Mbak Cynd

Hai, beda nih dari Keseharian Kantor Ajaib.

Kali ini cuma curhat kegelisahan gue ajah.
Mungkin udah pernah ada yang bahas masalah SUKUis di sini , cuma blm gua baca ajah.

Sekarang, keResahan gue adalah soal pernikahan yang harus sesuai sama suku.
YUPS!!
mbak cynd, saya, orang Batak dan ribet nya HARUS NIKAH SAMA BATAK JUGA.
ada beberapa yang emang gag nikah sama orang batak, dan gua udah diskusiin ini sama kelluarga gue.

"mih, klo misal nih gag nikah sama orang Batak , apa konsekuensi nya?" gue nanya ama nyokap gue.
"ya banyak, klo kamu nikah sama yang bukan batak mama gag kenal sama mereka, terus klo gag nikah secara adat, nanti kalian bakalan di kucilkan, lagi pula orang batak itu cuma  nikah 1 kali dan jarang ada yang bercerai. Yang paling penting yang harus kamu inget sih, klo kamu nikah gag sama orang batak, dan mama atau bapak meninggal kamu gag bisa ikut adat penguburan nya"

"masa sihh? seribet itu ?"
"gak ribet koq"
"yaudah gmana klo nikah, sm orang batak tp banyak tahap adat yang d skip?, cape banget ngebayangin nya."
"Gak bisa, karna klo tahap nya ada yang ilang berati masih kurang"
"huuffhhh..." gua meng akhir i obrolan soal itu sama nyokap gua, karna gua merasa gerah sm ribet.

Soal yang nyokap gua bilang, "gag kenal sama mereka" itu masalah suku nya, klo gua nikah sama suku menado atau jawa atau ambon, gag se-arus gitu. Banyak yang mesti di pertimbangin, harus di cocokin, gitu gitu lah.

nahh ini yang paling gua merasa sangat, "kejam".
GAK BISA IKUT ACARA ADAT PENGUBURAN ORANG TUA MENINGGAL .
gue lahir d jakarta banget, pengetahuan gua soal adat batak tuh NOL BANGET , sedikit - sedikit tau sih, tapi sedikit banget.
Jadi pas nyokap gua bilang gag bisa ikut adat penguburan, gua kya aneh gitu, emang bener ? kan gua anak kandung nya, masa gag boleh ?
ini. INI BANGET YANG GUE SANGAT ANEH.
Walaupun begitu gua tetep kya yaudahlah nyari cowo batak ajah.

TAPI CARI DIMANA ???!!!!!!!

gua gereja, anakan gereja gua tengil tengil semua, sok kecakepan, sok kepentingan. Berasa aura nya. Cara jalan nya, ADUH.
Taulahh, mungkin gua nya ajah kali yang julid.

Gue mikir dong, JAKARTA ini yang semua jenis suku aur-aur'an di sini. Dari Sabang sampe Merauke juga ada (kecuali yang gag merantau ke jakarta ).
Ibarat gua adalah seorang Pemancing, jika gua mau Lele gua harus ke kolam LELE.
jika gua mau mancing Mujaer , maka gua TIDAK BOLEH KE KOLAM IKAN HIAS.

Walaupun di Lautan sana banyak ikan nyampur-nyampur. Tapi bakalan sulit klo bukan di Lahan tempat tinggal nya.
(dapet gag sih keresahan gue???!!!)

Gua mau pulang kampung, mau k sumatra utara ajah, tp kerjaan gua disini gmana ?
dan di sono gua mau kerja apa ? Bercocok Tanam Shopee ?? hemm.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 3 lainnya memberi reputasi
Sama sist dulu ya ortu gue itu begitu jg, harus nikah sama yg sesuku. Tp emg mindset di diri gue sendiri menolak nikah sama yg sesuku, krn menurut gue jd gak berkembang, disitu2 doank. Gue jg gak ngerti adat, dr itu sih gue tegasin ke ortu gue, gue mah bebas nikah.a ma suku apa aja yg penting dia punya karakter baik syg sma gue dn keluarga nti. Yg lbih pnting mnurut gue itu ya seiman dr pd sesuku. Skrg gue pacaran sama yg beda suku, gue jelasin ma ortu alasan gue milih dia, akhir nya ud gak gitu komplen lagi soal itu. Yg penting kasi pengertian aja sist klo zaman skrg ud beda sama zaman ortu dlu
profile-picture
bam09 memberi reputasi
profile picture
TS rcynddd
newbie
iyah sih bebb,, tiap kali ngenalin yang beda suku pasti kalimat nya.
"yang penting baik, latarbelakang jelas. tapi klo bisa yang sama sama batak".
kalimat pamungkas nyokap gue.

kadang mikir durhaka gag sihh, klo egois soal pilihan pasangan. kan gue yang mau berkeluarga.

langgeng ya dengan pasangan mu sist.
happy for you.
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di