CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Penemuan Ilmiah yang Paling Menarik Mengenai Perilaku Manusia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5debdf6d88b3cb0d8c6427ec/penemuan-ilmiah-yang-paling-menarik-mengenai-perilaku-manusia

Penemuan Ilmiah yang Paling Menarik Mengenai Perilaku Manusia

Penemuan Ilmiah yang Paling Menarik Mengenai Perilaku Manusia


Penelitian ini bermula saat kecelakaan kerja yang dialami oleh Phineas Gage. Para pelajar di bidang Psikologi dan Kedokteran memang menjadi familiar mengenai pembelajaran kasus tersebut.

Phineas Gage awalnya bekerja di pertambangan biasa [1]. Pada suatu ketika, Gage sedang bekerja pada perencanaan pengembangan rel kereta. Ketika itu, pendayagunaan dinamit dalam membentuk terowongan kereta ialah cara yang biasa diterapkan.

Selama proses pembentukan terowongan rel kereta diterapkan, ada suatu kecelakaan terjadi. Phineas Gage yang terdapat di dekat zona ledakan dinamit dengan tak sengaja bagian kepalanya tertusuk pilar yang terbuat dari besi. Pilar atau tiang tersebut terlempar dari zona ledakan, menembus kepala Phineas Gage tepat dari bagian rahang sampai muncul di kepala bagian depan.


Gambar 1: Ilustrasi tiang besi yang tertusuk di kepala Phienas Gage [2]

Kalau agan dan sista mengikuti peristiwa tersebut, sepintas barangkali agan sista akan berasumsi: "Apa mungkin dia masih bertahan hidup setelah otaknya tertusuk tiang.” Namun, apakah faktanya dia bisa bertahan hidup.


Penemuan Ilmiah yang Paling Menarik Mengenai Perilaku Manusia


Gambar 2. Gambar Phineas Gage [3]


Mulanya, sesudah Phineas Gage bisa pulang dari perawatannya di rumah sakit, dia tidak memperlihatkan gejala apapun. Dia sembuh dan sehat walau hanya meninggalkan bekas luka di bagian kepalanya. Memorinya juga juga utuh sepenuhnya. Bahkan dia sanggup menceritakan semua kejadian yang berlaku sebelum dia terserang tiang besi pada kecelakaan kerja yang pernah dia alami. Walaupun begitu, kecelakan kerja tersebut mendatangkan beberapa pengaruh atas perilaku dirinya.

Sebelum mengalami kecelakaan kerja, diketahui bahwa Phineas Gage adalah orang penyabar dan mempunyai tabiat yang lumayan bagus. Majikannya memberitahu bahwa ia adalah pegawai yang gigih [4]. Tapi, sejumlah orang yang dekat dengan dia menceritakan bahwa Gage telah berubah, bukan Gage yang mereka kenal sebelum mengalami kecelakaan kerja [5].

Kepribadian Phineas Gage bertransformasi jadi sosok yang temperamental. Gage sangat gampang naik pitam dan terpacu emosinya, berubah jadi orang yang acap kali rewel, tidak sopan, serta sering mengucapkan kata-kata kotor dimana perilaku tersebut bukanlah yang biasa dilakukan Gage dulunya [6].

Yang menjadi pertanyaan, kenapa hal tersebut bisa berlaku terhadap Gage?

Area otak yang mengalami kerusakan atas musibah yang dialami Phineas Gage tersebut merupakan area Lobus Frontal [7]. Area otak tersebut adalah area otak yang berfungsi mengontrol kapabilitas kendali impuls (dorongan, motivasi atau rangsangan), solusi, sikap dalam bersosial, perilaku seksual, dan lain sebagainya [8].

Penemuan Ilmiah yang Paling Menarik Mengenai Perilaku Manusia


Gambar 3. Bagian lobus frontal [9]


Melewati pemulihan otak berdasarkan tengkorak kepala Phineas Gage, ditemui bahwa ada 11% white matter pada lobus frontal serta 4 persen dari area cerebral cortex menanggung kerusakan [10]. Efek pemulihan otak tersebut juga memperlihatkan bahwa area otak yang mengkoneksikan antara sistem limbik (area yang mengontrol emosi) dan frontal cortex juga rusak. Alhasil, efek pemulihan otak tersebut membuktikan yang meyakinkan kenapa dia bertransformasi jai pribadi yang pemarah dan kesusahan mengontrol emosinya.

Seperti apa pendapat agan dan sista mengenai penelitian tersebut? Kasus tersebut ialah kasus yang pertama kali yang membuktikan seperti apa pengaruh luka pada otak bisa mengakibatkan pergantian perilaku.

Semoga bermanfaat!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh juraganrecehan
21
berarti semakin sering frekuensi mendapat benturan semakin besar potensi menjadi labil emoticon-Big Grin

emoticon-Sundul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelinesssoul dan 7 lainnya memberi reputasi
profile picture
juraganrecehan
kaskus addict
Betul sekali gan, apalagi jika benturan di kepala mengakibatkan kerusakan otak, terutama jika yang rusak adalah bagian Lobus Frontal-nya.

Hanya saja, sebelum saya mengetahui hasil penelitian tersebut, saya kira, apabila orang mengalami cedera otak, apalagi cedera otak yang fatal seperti yang dialami Phineas Gage, maka tidak akan bisa lagi diselamatkan.

Tapi faktanya, Phineas Gage bisa selamat dan normal dari segi kinerja otak dalam hal berpikir. Akan tetapi, dia tidak bisa mengontrol emosi karena bagian Lobus Frontalnya rusak total. Jadi tidak bisa tersinggung atau tidak boleh stres sama sekali agar tidak marah.

Tentu ribet urusannya jika berkomunikasi dengan orang yang 100% tempramental seperti Phineas Gage. Itu makanya mengapa para wanita (kaum lemah) dilarang dekat-dekat dengan Phineas Gage. Karena jika amarahnya kambuh, akan susah dibendung dan tidak menutup kemungkinan akan menyerang lawan bicaranya secara fisik.

Penelitian tersebut juga memberitahukan kita bahwa orang yang tempramental, khususnya orang yang sering marah karena hal-hal sepele, kemungkinan besar dia ada masalah gangguan otak di bagian Lobus Frontal-nya.
10
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di