alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PLTMG 20 MW di Labuan Bajo siap beroperasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb438be337f9315600cd01c/pltmg-20-mw-di-labuan-bajo-siap-beroperasi

PLTMG 20 MW di Labuan Bajo siap beroperasi

Kupang (ANTARA) - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, berkapasitas 20 mega watt (MW) telah tuntas dikerjakan dan mulai beroperasi.

"PLTMG yang siap beroperasi ini sebagai bukti pemerintah mendorong penggunaan gas dan mengurangi bahan bakar minyak, karena biaya produksinya bisa jauh lebih murah," kata Menteri Energi Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dalam keterangan pers yang diterima di Kupang, Jumat.

Menteri ESDM telah meresmikan PLTMG 20 MW di Labuan Bajo, pada Kamis (11/42019), disaksikan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM FX. Sutijastoto, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, PT PLN, Djoko R. Abumanan, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, serta Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula.

Ia mengatakan, potensi penghematan bahan bakar minyak dengan beroperasinya PLTMG tersebut bisa mencapai hingga Rp10 miliar.

"Dengan biaya pengoperasian yang lebih murah ini tentu pada akhirnya akan berpengaruh kepada efisiensi dan ujungnya pada tarif listrik bagi masyarakat," kata Jonan.

Menurutnya, PLTMG ini akan meningkatkan pasokan listrik di sistem kelistrikan wilayah setempat yang mampu disalurkan untuk 23.148 pelanggan rumah tangga yang memiliki daya 90 volt ampera (VA). Selain itu, meningkatkan rasio elektrifikasi listrik terutama di Pulau Flores.

Selain PLTMG, Menteri  ESDM  juga meresmikan sejumlah infrastruktur kelistrikan di Pulau Flores di antaranya, saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kiloVolt Labuan Bajo-Ruteng, gardu induk Labuan Bajo, SUTT 70 kiloVolt Ruteng-Ulumbu, Gardu Induk Ruteng, dan Gardu Induk Ulumbu.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, dalam kesempatan itu mengapresiasi dukungan serius Kementerian ESDM dan PT PLN membangun kelistrikan di provinsi berbasiskan kepulauan ini.

“Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi kepada semua pihak terutama ESDM dan PLN. Pembangunan kelistrikan ini tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membuat ekonomi di Pulau Flores semakin menggeliat," ujarnya.***1***

https://m.antaranews.com/berita/8268...iap-beroperasi

Sekarang sumber listrik su dekat emoticon-Big Grin
Diubah oleh chemical.sapto
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


emang listrik bukan infrastruktur? emoticon-Bingung
profile picture
roninthirst
Dikiranya infrastruktur cuma berupa jalan raya/tol doang sama dia emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di