Terima kasih kembali. Kalau dilihat dari keterangan ht sebagai berikut: BÖHLER N690 Hardening: 1030 to 1080°C / Oil Quench Tempering: 100 to 200°C. Berarti warna baja saat siap quench itu warna kuning terang. Kalau masih warna jingga, apa lagi merah, kemungkinan tidak akan terharden.
- Cukup untuk multitools sederhana. - Jangan terlalu banyak berharap dengan kemampuannya - Cocok dengan kata-kata "ada uang, ada barang".
Masalah gumpil pada semua baja itu adalah masalah kombinasi HT dan bevel yang paling pas. Termasuk bagi baja N690Co. Oli untuk hardening, ada macam-macam. Biasanya di kelompokkan 3. Slow cooling oil, medium cooling oil, dan fast cooling oil. Beda baja akan beda kebutuhan. Karena kandungan alloy y...
Tools bermerek bagus, biasanya memang sudah menggunakan baja yang sesuai peruntukan. Soal baja, pada umumnya material baja yang digunakan itu adalah rahasia perusahaan, jadi sulit untuk kita mengetahuinya. Kalau Saya mencari tools, Saya selalu mencari yang sesuai kegunaan, mempunyai merek ternam
Pelumas kayak wd40, minyak singer sudah bagus. Kalau mau ke daerah salju, sebaiknya pakai nano oil yang lebih mahal.
Macam-macam. Ada yang model phillips, model kunci l ada yang model bintang. Yang model bintang, juga ada yang pakai lobang ditengahnya. Terserah yang bikinnya mau pakai baut model gimana. Kadang ada yang dibikin sendiri, sehingga bukanya harus pakai kunci dari pembuatnya.
K340 itu masuk kategori semi stainless steel. Cukup tahan karat, tapi tidak terlalu. Kurang lebih seperti baja D2 juga.
Borax biasa disebut juga sebagai bubuk pijer/pijar. Biasa digunakan untuk las juga. Di toko bangunan kadang-kadang ada, di tempat jualan cat mobil juga biasanya ada. Di toko kimia juga ada. Cairan yang untuk memunculkan pola baja tempa berpola, umumnya menggunakan Ferric Chloride (FeCl). Sebetulny
Kalau pendapat Saya, sebaiknya mulai dengan pisau dengan merek ber-reputasi dan asli. Jenis baja gak usah dipikirkan. Harga yang murah juga gak papa. Buatan RRC juga gak masalah. Yang penting asli. Logikanya produsen yang punya reputasi, akan menjaga reputasinya dengan selalu membuat pisau berkwa...
Saya koreksi sedikit. Bukan proses pembuatan bajanya yang berbeda, tapi proses pembuatan pisaunya mulai dari pembentukan bilah sampai dengan Penyepuhan bilah yang pas.
K390 dan M390 adalah sama-sama baja keluaran Bohler. Mereka adalah jenis yang berbeda. M390 itu masuk kategori Stainless Steel, sedangkan K390 tidak.
Mungkin yang dimaksud dengan damascus adalah baja tempa berpola (betempol) atau istilah asingnya pattern welded steel. Istilah damascus itu agak ambigu. Aslinya adalah sebutan untuk bilah-bilah arab yang terkenal mempunyai motif seperti pamor walaupun dibuat dari 1 jenis baja. Suatu saat, orang-or
14c28n ini perbaikan keluaran sandvik, jadi ini kode baja dari sandvik, baja ini merupakan perbaikan dari baja sandvik 12c26 atas permintaan Kershaw Knives untuk digunakan sebagai baja pisau standard mereka. Kenapa Saya meminta supaya kode bajanya lengkap, karena dengan kode singkat begitu, bisa ...
Baja per biasanya kandungan chrome sedikit atau bahkan tidak ada. Chrome ini yang biasanya turut berfungsi menahan karat. Sekalian dibandingkan ya.... Baja per -lebih tangguh -lebih mudah diasah -lebih tahan chipping, tapi khusus hal ini, tidak harus juga. Tergantung ht Sleipner -lebih tahan karat
Untuk sederhananya...... Masalah tajam atau tidak itu adalah masalah kemampuan orang yang ngasah. Kalau daya tahan tajam bisa diukur. Memang bisa diukur dengan memotong kardus, tapi supaya standard, biasanya orang menggunakan tali rami (tambang) sebagai bahan yang dipotong.
Pertanyaannya kurang jelas. Itu maksudnya apa 14c... 12c... 8c.... Coba yang lengkap namanya. M390 itu masuk kategori super steel sedang D2 tidak. Kemudian lebih bagus gimana maksudnya? Lebih bagus diketahanan karat? Lebih bagus di edge retention? Lebih bagus di kemudahan diasah? Lebih bagus di ke
Saya sebutkan mobil yang sehat ya... Bukan mobil baru atau bagus. Maksudnya... Gimana kalau mobil bekas ini gak fit. Seperti rem ternyata sudah hampir habis dan kita gak tau, dan tau-tau bermasalah, dan jadi nabrak karena rem blong. Kalau baja, masalahnya gak ada bengkel untuk mengecek kelayakannya
Mungkin maksud Agan Lamonlamon. Kalau mau belajar, sebaiknya pakai bahan yang masih baik. Kalau barang bekas, bisa aja ada krack didalamnya, dan ketika gagal, takutnya menyalahkan teknik yang dipelajari, padahal kan bajanya yang sudah gak bener. Kalau baja baru, kan kemungkinan besar masih bener ...