itulah dinamika dalam berforum :) ini jg lewat 2 halaman balik hujat2 lg palingan trus rekap bbrp page terakhir kudu diulang
masalah utama engginer indonesia adalah bikin barang serba nanggung atau bikin barang terlalu wah. ga mikir pasarnya kmana. dan ujung2nya mewek kayak anak kecil di ambil lolipop nya setelah dana riset nya abis. krn emg ga mikir kesitu hahahaha, itu urusan orang lain
kayaknya bakal jadi blunder baru. bak pisau bermata dua nie orang. dibantu ya salah karena g menguntungkan negara malah terancam merugikan. kalo g dibantu gua yakin nie orang akan menghembuskan isu2 miring. jeleknya bukan blunder.. tp desainnya kentang atau cuma sampe diatas simulasi komputer (wal
kalau R-80 ini yg ane bingung.. kayaknya cuma bergantung ke PT DI.. atau ada info ada pabrikan luar yg di gandeng??? ya itu pertanyaan besarnya.. ane jg gatau
iya pasarnya segmented bgt, trus kena krismon yg semua airline jg byk nutup2 rute n dikonsolidasi ke pesawat yg gedean.. rute yg cocok cm di rute yg ga ada saingan darat/laut, bandaranya may not support 737, tp jauh.. nah di indonesia yg kyk gt masih ada.. kyk pedalaman kalimantan ke sulawesi
sementara penambahan production line blm dalam tahap extrim, tp tumpukan kerjaannya bakalan naik secara extrim.. kalau diteeima semua ya bakalan bisa menjadi beban PT DI.. meski ada juga peluang majunya sebenernya bs jd peluang jg buat alasan bikin pabrik bener2 baru diluar bandung.. klo volum
wow. berarti avionics, landing gear etc bakal dibikin PTDI sendiri? pantes kolaps :D jualan barang itu jangan pake logika 'bigger dick', tapi pakai logika market segment. R-80 mau dimasukin kemana, udah itu jawab aja dulu. pake teori market segmentation ya, jangan compare sama ATR etc tapi market s
yg belum jelas itu skema bisnis DI dengan RAI bentuknya seperti apa..apakah DI masuk konsorsium dengan RAI, atau RAI toll ke DI opsi pertama susah buat DI, karena sumber daya terbatas dan mau ga mau DI musti invest untuk line RAI dan itungannnya musti matang, terus mau ga pemerintah sebagai pemega
ane sebenernya ga ngerti why the hate posisi kyk pak habibie itu idaman bgt buat ane, bs punya akses ke teknologi aneh2 pd jamannya, punya akses ke lembaga riset, bs ngatur industri, bs beli ToT, bs bikin barang "sesuka-nya".. that dude like a Tony Stark tanpa harus bikin Stark Industrie
Tapi jualan pesawat kan nggak cuma jualan teknologi doang. Customer pengen yang kalo order barang cepat di terima, harga barang masuk akal, perawatan nggak ribet dan nggak bikin kantong bolong, biaya operasional murah, dan performa memuaskan. hihihihi makanya klo mau release produk jgn ngandelin
pertanyaanya harga berapa dulu dan maintenisnya bijimane ini sama kayak ente mau terjun ke Low MPV tapi baru konsep doang ga ada artinya sbelon proto turun dan jaminan harganya ada ga sesimpel gt juga airline beli pesawat tergantung kecocokan dgn rute yg diterbangi.. n produsen ya menjawab kons
SAAB 2000 sama N-250 itu ngejar konsep high speed turboprop airliner.. makanya mesinnya canggih krn buat ngejar kenceng pasarnya buat rute pendek-sedang, dr bandara yg ga perlu dukung 737 n sejenis, lawan rute darat/laut ga ada diluar negeri yg kondisinya gini ga byk, ya skandinavia sama pedalaman
Itu pt.regio aviasi segede apa ya? Punya fasilitas untuk produksi dan maintenance? Apa numpang di pabrik ptdi? nah itu pertanyaan besarnya :p tp dilihat dr perilaku RAI yg dr awal ga kontek2 PTDI ane rasa produksi bukan di PTDI.. skema yg ane kepikiran itu RAI nanti hanya mendesain n muqn bikin
Menurut ane knp gak ditearin ke eads?drpada nanti buntitnya kayak n 250 lagi Prpduksi si bisa tapi jualnya?thats a big big questions saingan sama c-295 dong lagian ini kan bukan kerjaan PTDI.. jd mustinya lepas dr pengaruh EADS, N-219, n tetek bengek ruwetnya PTDI
bisa buat ngisi rute pendek tp yg byk penumpang yg klo pakai 737/a319 terlalu high cost keunggulan teknis dibanding atr ya krn desain baru (walau tebakan ane bakal mirip dgn N250) maka speed atau payload bs lbh bagus bisa buat malang-bali, bandung-cilacap-yogya, jakarta-lampung