bukan masalah cela2an skrg ente bikin barang itu ok masalahnya ente sanggup JUAL gak contoh sederhana gini di rumah loe jago masak nasi goreng , seisi rumah bilang nasgor loe enak, coba dulu buka rombong dan hitung2an dulu bisa JUAL ama UNTUNG gak? itu filosofi sederhananya dulu . nanti ane jelasi
Mungkin nggak apa yang dicangkokan ke N250 seperti fly by wire sebenernya bertujuan untuk lompatan ke program selanjutnya membuat N2130,gak tau sih bahasa teknisnya tp mungkin seperti membiasakan para teknisi iptn pada teknologi tercanggih saat itu guna pengembangan pesawat selanjutnya.. Tapi yahh
selisih 4-6.5 juta dollar itu gede buat maskapai, sepertinya hal inilah yg salah langkah. beliau sepertinya berpikir kalo brg canggih pasti akan dibeli. padahal marketing dan desain produk pasti bilang BELON TENTU cth kalo dunia mobil saat ini avanza vs Grand livina N250 sama ATR 72-200 pernah h
harga itu kelwat MAHAL krn harga ATR di tahun 2008 menurut wiki sekitar 15-16 juta, harga taon kmren 19.5 juta dollar. jadi kalo 2008 dikurangi aja 11 tahun maka ane pikir harga atr 95 sekitar 8.5-9.5 juta dollar Mo nanya nih harga N250 tahun 1995 itu kalo gak salah dipatok 14,4 juta dollar per pes
CN-235 itu tuker beras ketan ngerti nggak??? kalo tuker ama KT-1 oke tapi tuker beras dimana kita bisa produksi itu beras wow keren ya sekarang hitungannya dimana dulu bep sampe unit ke berapa? itu aja kok dulu lagian mana org ada yg mau beli kertas? kecuali kalo kita boeing atau EADS itu nggak
subnsidi gile aje ? pernah denger pesawat tuker beras???? subsidi CUMA akan melemahkan industri kita lu punya hitungan dulu sampe kadar berapa BEP. dan seperti yg ane bilang TIDAK LUCU kita jualan pesawat NAMUN masih IMPOR BERAS, KEDELAI dan SAPI Artinya produk kita kalah bersaing di pasar k
Bahkan JIKA diukur sampe saat ini N-250 kelewat canggih untuk suatu pesawat komuter . DIMANA FITUR kayak gini TIDAK dibutuhkan oleh operator. operator butuh pesawat yg murah maintenance dan mudah dioperasikan alias LOW TECH dan BUKAN HIGH TECH dan kesalahan BJH adalah mengincar pasar Eropa bukan pa
oooo bisa sekali saat ini N-250 bisa menggantikan f-50 yg digembargemborkan nggak??? Saya saat itu termasuk yg seneng tapi nyatanya nasib N-250 bagaikan gitu2 ajah... harga kemahalan dan bahkan glass cockpit yg digadang2kan TIDAK SANGGUP menarik penjual akibat kemahalan. uniknya MA -60 yg lowtech...
Kalo nurut saya itu sih tanggungjawab moral beliau meninggalkan IPTN, apalagi pemerintah waktu itu menyetop membiayai IPTN dan parahnya didesak untuk menutup IPTN, karena IPTN perusahaan yang memerlukan dan menghabiskan dana yg sangat besar. Apalagi ribuan karyawan terpaksa dirumahkan. Kalo sekar
ane rasa ini cuman sekedar another proyek penghisapan duit lagi ala ORBA dr BJH mirip kasus N-250 dan N-2130 proyek ambisius yg berujung gagal Si BJH HARUS pinter positioning TIDAK sekedar hitech2 doang kayak kasus N-*250. Operator butuh pesawat irit dan maintenance mudah KAGAK perlu canggih, buat
ATR, Foker 50 bekas dan MA-60. sulit rasanya goyang pasar 3 itu ga sesimpel gt juga airline beli pesawat tergantung kecocokan dgn rute yg diterbangi.. n produsen ya menjawab konsep tsb.. makanya kita liat A350 atau twinjet yg extra long range nah waktu itu (akhir 80an) konsep ini mulai "hebo
rute perintis merpati disikat ama kalstar, susi dan trigana, wings dan NAM. coba aja wajibkan 4 ini beli masing2 20 tapi masalahnya pemerintah berani gak? lah wong lion jual tiket di bawah ketetapan aja gak berani dikasi sangsi pasti pada tidak mw kecuali yg bergerak di rute pendek dan rute per
pertanyaanya harga berapa dulu dan maintenisnya bijimane ini sama kayak ente mau terjun ke Low MPV tapi baru konsep doang ga ada artinya sbelon proto turun dan jaminan harganya ada SAAB 2000 sama N-250 itu ngejar konsep high speed turboprop airliner.. makanya mesinnya canggih krn buat ngejar kenc
mana mau beliau menjilat ludah sendiri. dia sendiri bilang Tiongkok ketinggalan 3 dekade dr PT DIkalau produksinya di china gimana gan? menekan ongkos produksi, production line mungkin banyak bisa memenuhi kebutuhan konsumen...
Menurut ane knp gak ditearin ke eads?drpada nanti buntitnya kayak n 250 lagi Prpduksi si bisa tapi jualnya?thats a big big questions
memang mana yg ekonomis dan murah itu yg AKAN dipilih, airline jaman skrg itu ngandelin leasing khan, nah masalahnya kita kuat juga untuk leasing? yg akan dihadapi R-80 ATR-42 (baru dan tarikan) MA-60 (Baru) Fokker 80 tarikan (pesawat yg mau digantikan N-250 menurut pak BJH) jadi PR nya bakal ba
MA-60 itu ga sampe 1 dekade jualannya setara ama CN-235 Kalo diliat jumlah pesanan calon airline yg bakalan pake pesawat ini dipasar domestik sih keliatannya belum bisa. Secara ada GIA, lion/wings, dll yg udah duluan pake ni pesawat. Otomatis populasinya banyakan die. Tapi kalo buat ngalahin bomb