Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fairway5gAvatar border
TS
fairway5g
Pengiriman barang J&T stuck dan hilang di DC_Kemayoran sudah berminggu-minggu
update per 13 mei : sehari setelah cs orange mengontak, per hari ini jam 5 sore, dana sudah dikembalikan utuh ke saldo. ternyata cepat penanganan seperti biasa. sebab bukti-bukti sudah ada. terima kasih untuk cs jnt dan cs marketplace orange. termasuk tim yang berada di belakangnya. juga mungkin ada andil silent reader di forum kaskus ini, sebab setelah postingan ini dibuat, gerak penanganan lebih cepat dibanding sebelumnya. mudah2an tidak ada lagi kejadian kepada customer lainnya.

sekali lagi terima kasih kaskus. thread ini mungkin akan tenggelam dengan sendirinya ataupun dilocked oleh moderator. namun saya pastikan kasus ini selesai. tapi kronologis tidak saya hapus,sebab memastikan di hari2 berikut pihak J&T tidak kecolongan lagi, mengingat hasil kerja keras yang sudah terbangun selama ini dan terus berkembang. sekian.


Update per 12 mei : 3 hari dari tracking menjadi status hilang (9mei), saya dihubungi oleh pihak marketplace orange menanyakan perihal penggantian apakah sudah diinfokan dari j&t atau belum. dan sudah saya infokan bahwa saya belum mendapat informasi tersebut, baik hp yang tercatat by sistem maupun no hp yg tercantum di paket. ada kemungkinan proses penggantian dilakukan ke pihak pengirim/seller. mudah2an ada kejelasan dalam waktu dekat. setidaknya sesuatu terjadi walaupun tadinya saya baru akan menelpon kembali hari senin.


Update per 9 mei : akhirnya resi saya per 5 mei dan 7 mei (2) sudah terkirim. dan update status per 17 april sudah menjadi hilang. mungkin ada silent reader yang berperan aktif, atau call center dan tim komplain J&T yang proaktif. namun setidaknya berkurang beban pikiran saya, walaupun menyisakan rasa penasaran. saya coba tunggu kejelasan untuk barang yang hilang kembali.

bagi agan yang ingin menyimak kronologis awal, dapat diikuti di bawah ini

KRONOLOGIS


Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk J&T yang sudah menjadi partner pengiriman barang baik in dan out selama ini sebab selama hampir 2 tahun lebih, malah 3 tahun, menjadi salah satu shipment yang hampir tidak banyak kendala dibanding ekspedisi yang sudah lama maupun ekspedisi yang baru muncul.

namun hampir 4-6 minggu terakhir ini, saya mendapat kendala dimana pengalaman sebelumnya saya tidak pernah mengalami. terus terang saya reseller (agan-agan bisa lihat track kaskus saya perihal tersebut dan saya juga posting hal ini menggunakan id prime) sudah paham perihal barang datang dan kemudian saya packing kembali dan kirim ke customer. asuransi dan ekspedisi sebenarnya sudah keseharian. beberapa kasus juga pernah barang customer hilang, namun selesai dengan fitur asuransi dan kesigapan ekspedisi yang memang sudah ada formatnya.

back to topic. kendala yang saya maksud adalah baru kali ini saya mendapat hal yang kurang mengenakan dari ekspedisi yang sebenarnya saya list paling bawah di daftar resiko terbesar. yup, barang saya tertahan selama 3 minggu hingga thread ini dibuat yakni sejak 17 April, pembelian dari marketplace orange.

Spoiler for resi 17 april:


OK lah tanggal 17 april pemilu, namun besokannya 18 april memang ada barang dikirimkan oleh J&T namun bukan resi dimaksud, dan saya bertahan hingga 23 April untuk menghubungi seller dan J&T. sangat berbeda sekali kali ini ada 1 item bisa stuk lama sedangkan barang-barang setelahnya sudah terkirim.

Pertanggal 24 april saya telp J&T lagi dan mendapat kabar bahwa barang ada dan ditegaskan terlambat, saya pun tenang. namun keesokan harinya pihak DC menelpon dan menanyakan isi paket, dan saya infokan HP, nah sehari berselang, pihak DC menelpon lagi dan kali ini si kurir mengatakan sudah menyerahkan per tanggal 18 april namun tidak terscan. hal ini menyebabkan saya bingung dan was2, sebab biasanya kalau barang keluar akan terdetect " barang akan dikirimkan ke alamat penerima" dan itu tidak ada.

beberapa hari kemudian ketika salah satu kurir mengantar barang kembali sebut saja kurir A. Beliau mengatakan bahwa kemungkinan barang hilang dan untuk mempercepat bisa langsung digantikan, sebab menurut ybs apabila masuk laporan pusat maka akan tetap kena potong dan denda, sehingga mereka merasa akan lebih baik mengganti HP saja tanpa kena denda.

Sekilas perihal kurir A, karena ybs lah saya sangat apreasiasi ekspedisi J&T . selama 3 tahun, barang yang dikirimkan kurir A tidak pernah miss, dan dikirimkan baik pagi dan sore, sebab J&T mewajibkan 2x pengiriman di hari yang sama. pernah total paket masuk 8 dalam sehari untuk tahun lalu. dan sayapun tidak enak dengan mengatakan disekaliguskan saja, namun ybs menyatakan sudah menjadi tanggung jawab

back to topik. sebenarnya beberapa hari terakhir pun saya tetap memesan melalui J&T dan kendala yang sama sepertinya akan terjadi.

Spoiler for resi 5 mei:


Spoiler for resi 7mei(1):


Spoiler for resi 7 mei(2):


dari 3 resi, hanya terkirim 1 resi saja per hari ini (7 mei 1), sedangkan selama pengalaman saya, urutan barang harusnya masuk yang resi 5 mei dahulu, sehingga sekarang menambah ketidakjelasan 2 resi lagi.

yang menjadi ganjalan saya adalah apakah asuransi yang dibayarkan apakah benar2 mengcover atau tidak. sebab kurir A mengatakan mereka akan tetap kena potong dan tambahan denda?dan walaupun saya infokan sudah diasuransikan, perlakuannya akan tetap sama. sehingga karena ini lah saya membuat tulisan ini, rasa penasaran saya dengan perkataan kurir. apabila benar, maka semua asuransi akan masuk ke J&T dan uang pergantiaan hanya dari kurir?ataukah mereka tidak mau pusing sehingga rela potong namun tidak ada tambahan denda karena laporan kehilangan.adakah dari agan yang mengetahui hal ini?

Saya kurang paham apakah hal ini dikarenakan efek pemindahan pengiriman, dimana selama 3 tahun, saya mendapat kiriman dari DC_Hasyim Ashari dan menurut info kurir A, sekarang semua kurir diwajibkan mengambil langsung dari DC_Kemayoran. mungkin saya hanyalah pihak yang menjadi efek samping perubahan sistem ini, dimana menurut J&T sistem ini mungkin sudah lebih baik.

Saya tidak menjudge apakah sistem, petugas gudang ataupun kurir yang menjadi masalah, namun kalau saya boleh menduga ada oknum yang memanfaatkan celah ini. tujuan saya membuat thread ini mudah2an ada pihak J&T yang berwenang dan mengecek kejanggalan DC_Kemayoran apakah ada komplainan lain selain saya.

apabila agan-agan terkendala juga ataupun ada informasi mengenai kejadian yang sama, jangan sungkan2 untuk memberitahu. sebab bagi reseller 1% pembelian sudah pasti menjadi bagian dari asuransi dan ekspedisi. sehingga secara tidak langsung kitalah yang membuat roda ekspedisi dan marketplace terus berputar kencang.

akhir kata apabila ada kesalahan dalam penulisan dan hal lainnya mohon dimaafkan. terima kasih kaskus
Diubah oleh fairway5g 13-05-2019 12:57
0
4.5K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan