Ketemu lagi gan di thread ane yang singkat ...
oke , trit ini ditujukan kepada 2 orang yang sedang belajar mobil
( 1 org pelatih dan seorang lagi yg belajar mobil , atau buat belajar sendiri juga boleh )
Quote:
Sesi 1 :
1 . pilihlah Lokasi di lapangan / tempat luas , dan posisi sendiri ( tidak Ada pengendara / Mobil / rintangan )
2 . pahami 2 titik tuas pedaL , mana Kopling , dan mana Gas , juga Rem
3 . coba hidupkan mobil , ya hidupkan saja dan rasakan getarannya dengan menekan tuas Gas .
4 . matikan mesin .
Pengenalan pertamak selesai ...
Quote:
Sesi 2 .
1 . dalam posisi mesin mati silakan injak pedal kopling , masuk gigi 1 ....kemudian lepaskan kopling .
2 . Injak kopling lagi , masukkan gigi 2
3 . Injak kopling lagi masukkan gigi 3
4 . Injak Kopling dan Rem bersamaan , kembalikan ke gigi Netral
5 . Hafalkan , ulangi perpindahan gigi tadi hingga hafal ( ingat mesin dalam kondisi mati )
6 . bila sudah hafal , tambah juga perpindahan ke persneling Mundur ( R )
7 . Ulangi hingga mahir ( mahir adalah terbiasa tanpa melihat Persneling ) .
Quote:
Sesi 3 . ( didampingi pembimbing )
1 . Hidupkan Mesin ,konsentrasi pandangan ke depan
2 . Jangan sekali kali menginjak tuas gas ( khusus masa pembelajaran sesi 3 ) ,biarkan mobil berada di stelan stationer standard .
3 . Injak Kopling , Masukkan gigi 1 , buka tuas kopling perlahan lahan ... mobil sudah bisa berjalan , tanpa menambah gas .
4 . Injak kopling dan Rem bersamaan ( remnya pelan pelan ) Hentikan laju Mobil , Berhenti . pindah ke Posisi NetraL .
5 . Injak Kopling & Ganti arah persbeling ke R ( mundur ) , tetap tanpa menambah / injak tuas Gass
6 . Ulangi tahap 4 , 5 , 6 dengan jarak durasi pendek 30 - 50 meter
5 . Ulangi hingga
mahir
7 . Naikkan durasi Jarak tempuh , dengan penambahan Gigi 2-3 / 4 , Jalankansuk gigi 1 , coba tambah ke 2 , 3 ...berhenti . Ulangi ...
8 .
ingat : Perhatikan pada saat perpindahan dari 1 ke gigi 2 :
Quote:
trik ini ditujukan agar memperhalus perpindahan gigi°°°:
a.trik menginjak ( injak full )& lepasnya kopling bagi menjadi 2 kali ( hitungan 1-2)
b. tetap tanpa penambahan gas , Lepas Kopling dibagi dua pembukaan ( 1 , 2 )atau ' buka seperempat....' kemudian buka penuh '
c. perpindahan 2 ke tiga juga sama , buka dua kali ...dan Tetap tanpa injak gas
d . ini bertujuan memperhalus goncangan/hentakan disaat perpindahan antar gigi , agar kelak penumpang tidak mabuk
" effect perpindahan gigi"
9 . penambahan gigi 1 ke 2 / 3 dibutuhkan tempat luas / Lurus : Jalan sepi atau lapangan , jadi kendalikan Stir mobil dengan santai .
10 . bila anda sudah dapat menghapal letak perpindahan gigi , konsentrasi tinggal ke pembukaan/ pelepasan Kopling + keseimbangan Stir ( tetap di dalam marka kiri )
11 . penambahan injak Gas bisa dilakukan perlahan lahan , tentu dengan bimbingan pelatih .
semoga bermanfaat...
sumber gambar : google.cowm
sumber tulisan : pengalaman pribadi
Cek Penampakan Video di Link :
Utamakan Selamat - Keselamatan nomor Satu