Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

infocubeAvatar border
TS
infocube
7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pemilik Toko Online Yang Membuat Calon Pembeli Lari
Kehadiran toko online tentunya sangat membantu bukan hanya dari sisi penjual tapi juga dari sisi konsumen. Apalagi dengan dukungan pengiriman instant delivery dan kemudahan pembayaran online membuat semakin banyaknya jumlah transaksi online yang dilakukan per hari nya. 

Tetapi ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemilik Toko Online sehingga membuat barang dagangan mereka tidak laku atau mungkin peringkat toko menjadi turun. Beberapa diantaranya yang TS rangkum sesuai pengalaman TS sendiri :

1. Menggunakan gambar yang tidak orisinil dan cenderung copy paste
Kemalasan pemilik Toko untuk mencantumkan gambar sendiri tentu berakibat banyak konsumen yang merasa ragu dengan barang yang dijual. TS pernah memiliki pengalaman dimana produk yang dikirim sangat berbeda dengan gambar yang dicantumkan di Toko onlinenya. Kejadian ini membuat TS trauma transaksi dengan toko-toko online yang suka copy paste gambar.emoticon-Nohope

2. Respon yang lama
Biasanya tersedia fitur chatting online dengan penjual di hampir semua Toko Online. Hal ini sangat membantu kedua pihak untuk saling bertanya dan memberikan jawaban terkait produknya. Tetapi ternyata banyak sekali penjual yang tidak langsung merespon pertanyaan calon konsumen atau butuh waktu berjam-jam bagi calon konsumen untuk mendapatkan respon penjual. Penjual harusnya sadar bahwa seringkali produk yang dijual adalah produk yang juga dijual oleh orang lain. Hal ini salah satu yang membuat calon pembeli enggan membeli produk di toko yang respon penjualnya lambat. 
Bayangkan hanya chatting aja lama balas, bagaimana dengan delivery nya? emoticon-Nohope

3. Delivery yang lama
Ini masalah yang sering terjadi. Dimana pembeli tidak ada kejelasan kapan barang akan diproses oleh penjual. Apalagi untuk barang-barang yang siftnya fast moving dan si pembeli sudah menggunakan jasa instant delivery dengan harapan barang dapat cepat sampai. Pengalaman TS seringkali harus bolak balik menanyakan ke penjual kapan akan diproses pemesanannya. Tentu ini sangat mengganggu pembeli dan pembeli pastinya kapok untuk membeli lagi produk di toko yang sama.

Hal klise lain yang sering terjadi adalah : Seringkali waktu chatting sih balasnya cepat, tetapi begitu sudah di order mendadak penjual no respon ketika ditanya balik. emoticon-Nohope

nb : Untuk pembeli harusnya juga paham begitu barang sudah dikirim, maka tanggung jawab adalah milik jasa pengiriman yang seringkali menggunakan pihak ketiga contoh : Gojek, Grab dan lain-lain

4. Jawaban singkat
TS tidak tahu apakah penjual sedang sibuk atau memang ga niat jualan. Tapi seringkali penjual memberi jawaban-jawaban singkat ketika ditanya dan tidak memberikan jawaban yang diingini oleh calon pembeli.

Sebagai contoh sederhana :

Pembeli : "Selamat siang gan, barang masih ready kan untuk sepatu ukuran 42? bisa langsung dikirim ga pake instant courier?"

Penjual : "ready" emoticon-fuck

Bandingkan jika penjual menjawab dengan lebih responsif

Penjual: "Ukuran 42 ready dan kami usahakan langsung diproses gan. Silahkan di order" emoticon-heart

Memang terkadang ada banyak pembeli yang tidak membaca deskripsi produk yang sudah dijabarkan dengan jelas di toko, sehingga membuat penjual mungkin merasa malas untuk menjawab. Tetapi tidak ada salahnya memberikan pelayanan yang baik kan? Misal dengan memberi jawaban : "Haii, ohya pertanyaan itu jawabannya sudah dijabarin di deskripsi produk kok kak/gan/pak/bu mungkin bisa dibaca dahulu emoticon-Smilie" 

5. Balasan testimoni
TS sering juga melihat testimoni dari mereka yang sudah membeli di toko tersebut. Selain untuk mengetahui tingkat kepuasan pembeli, juga melihat bagaimana penjual merespon testimoninya.

Ada beberapa balasan testimoni yang TS lihat sangat tidak enak untuk dibacaa.

Sebagai contoh sederhana :

Pembeli : "Barang ga sesuai deskripsi dan waktu diterima juga ada penyok-penyok nih"

Penjual1 : "Bukan urusan kita donk, kita kirimnya masih bagus" emoticon-fuck
Penjual2 : "Wah ini pasti saingan, ga gitu juga kalee kalo sampeyan pengen jatuhin toko kita" emoticon-fuck
Penjual3 : " Mau murah kok pengennya yang bagus hahaha" emoticon-fuck

Seharusnya penjual membalas dengan lebih bijaksana, misal :

Penjual1 : "Mohon maaf untuk ketidaknyamannya, kami selalu cek dan ricek barang sebelum dikirim dan kemungkinan kesalahan ada di jasa ekspedisinya tapi ini jadi masukan kami ke depannya. Terimakasih" emoticon-heart
Penjual2 : "Mohon maaf mas/mba, kami menyediakan proses retur kok, mungkin bisa di retur. Terimakasih" emoticon-heart

6. Harga yang lebih mahal
Nah ini Toko sudah pasti ditinggalin sama calon pembeli. Keuntungan adanya Toko Online adalah pembeli bisa membandingkan harga di satu Toko dengan Toko lainnya loh?!
Terkecuali Pemilik Toko bisa menjelaskan kenapa harganya lebih mahal. Contoh : Barang original, Kualitas grade A++, Bukan KW, Bergaransi, dsb dsb

7. Deskripsi Produk yang seadanya
Masih berhubungan dengan poin no 4 diatas. TS sering terheran-heran kenapa ada Toko online yang tidak menjelaskan secara detail atau informatif produknya.
Ada beberapa Toko Online yang hanya menuliskan deksripsi : "Dijual sepatu converse", "Baterai original samsung", dsb dsb

-------------------------------------------
Mungkin ada agan-agan yang punya masukan lainnya?

Ohya trit ini tidak bermaksud untuk menyalahkan penjual atau pemilik Toko Online, karena banyak juga tipikal pembeli yang menyebalkan. emoticon-Peace
0
1.5K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan