Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lincoln96Avatar border
TS
lincoln96
Customer service GRAB mengecewakan.Keluhan customer diabaikan begitu saja.
Hi. saya adalah pengguna GRAB . Saya penumpang, bukan pengemudi.
sebelum saya memposting panjang lebar berserta bukti screenshoot, ada beberapa poin penting yang harus saya tegaskan di awal.

1.Keluhan saya sudah bukan lagi kode promo tidak bisa digunakan
Saya sudah mengalami hal ini berbulan bulan. Jadi saya tahu apa yang hampir pasti terjadi, kalau keluhan saya cuma kode promo tidak bisa digunakan. GRAB akan minta saya email screenshoot dsb, mengatakan dalam pengecekan, kenyataannya dibiarkan sampe promo habis

2.Saya sama sekali tidak bermaksud memihak driver
Apabila driver memang salah dan pantas disanksi, saya tidak akan protes. Saya sangat tidak setuju kalau hanya sebatas saran yang saya tujukan ke driver, yang mana driver cukup tahu saja apa yang salah, cukup dengan pemberitahuan, hasilnya malah diberi sanksi tegas. ini lebay/berlebihan.

oke. Jadi saya menggunakan GRAB sudah cukup lama. hampir setahun. Di awal awal penggunaan, saya cukup puas dengan GRAB. Seringkali saya menggunakan layanannya. Dengan ataupun tanpa promo, pelayanan driver tidak berbeda. Ketika saya tidak pakai promo, driver melayani dengan baik. Ketika saya menggunakan promo, saya tidak menerima diskriminasi apapun dari driver.

Seiring berjalannya waktu, promo dari GRAB mulai banyak dan bermacam macam, dan layanan pun ditambah. bukan hanya mobil. sudah ada motor untuk transportasi dan kurir (saya di Surabaya).

Ketika layanan motor itu diluncurkan, GRAB mengeluarkan promo AYOGRABREK. potongan senilai 25 ribu rupiah untuk GRABEXPRESS dan GRABBIKE.
saya menggunakan promo ini, sempat 2x, dan berjalan lancar untuk GRABEXPRESS. namun ketika saya akan menggunakan yang ketigakali, muncul tulisan "not eligible" .

padahal promo itu diperbolehkan hingga 10x. ketika saya coba grabbike, ternyata bisa. namun nilai diskon menjadi 15 ribu rupiah. jadi saya bingung. maka saya konfirmasikan ke pihak GRAB melalui telepon. Pihak customer service GRAB melakukan pengecekan, dan dia juga menyatakan ini aneh, karena memang saya baru pakai 2x ,seharusnya masih bisa 8x. maka saya diminta mengirimkan email beserta screenshoot ke pihak grab. dan itu saya lakukan.



dapat dilihat screenshoot tersebut. email per 13 april saya kirimkan ke pihak grab. sampai sekarang tidak ada balasan.

hal yang sama terjadi pada promo lain. dibawah ini adalah promo LEBIHCEPAT.


per 12 juni tidak ada balasan sampai sekarang
promo yg ini adalah yang paling membuat saya kecewa dengan customer service grab. saya telah berkali kali menelepon customer service. jawabannya berbeda beda

ada yang menyatakan untuk pembayaran via cash di surabaya. tidak ada syarat dan ketentuan lain, saya diminta email. dan sudah saya lakukan seperti diatas

ada yang menyatakan promonya tidak ada. padahal di aplikasi jelas ada, customer service ngotot itu promo tidak ada.

ada yang menyatakan promonya buat grabpay.

jawaban customer service yang berbeda beda menunjukkan pengetahuan mereka tentang grab minim. ini sangat mengecewakan. dan ini bukan kali pertama.

selain 2 promo tersebut, ada banyak email email yang lain, yang juga tidak ada tanggapan dari grab



gcgratis20, masih berlaku sampai 31 desember


happyday. saat itu tiba2 tidak bisa. sudah konfirmasi juga ke cs per telpon dinyatakan seharusnya masih bisa saat itu.

masih ada lagi sebenarnya,namun screenshoot2 diatas sudah cukup karena isu nya sekarang bukan lagi promo yang tidak bisa, namun customer service GRAB yang sama sekali tidak menanggapi keluhan dari pengguna nya.

selain melalui email, saya juga bertanya melalui twitter. dan hasilnya cukup mengecewakan
untuk promo AYOGRABREK, diberitahunya setelah saya kirim pesan di twitter. itu setelah masa berlaku promo berakhir.. bahwa ada perubahan ketentuan promo, tanpa pemberitahuan kepada pelanggan. Bahkan ketika ditanya ke customer service, ketika promo masih ada, customer service tidak ada yang tahu soal itu. Tahunya setelah promo habis, itupun emailnya juga tidak pernah dibalas sampe sekarang. hanya karena ditanya di twitter menyatakan seperti itu.

saya jadi ragu apa memang ada perubahan ketentuan promo, atau customer servicenya yang ngeles, kok perubahan ketentuan tapi tidak ada satu orang pun yang tahu selama promonya masih ada. Tahunya nunggu promonya habis

untuk yg laen, seperti email, grab tidak membalas, tidak menanggapi. semoga saja bukan disengaja.


karena grab tidak pernah menanggapi keluhan saya untuk hal2 tersebut, maka saya berkali kali telepon grab, menanyakan kenapa grab tidak pernah balas . Jawaban customer service pun mengambang

1. ada yang bilang ,masih dalam proses pengecekan. proses pengecekan tidak pernah selesai?

2.ada yang minta kirimkan screenshoot email yang dikirimkan. ya, email yang dikirimkan . bukan lagi email app grabnya, dan ga ditanggapi juga

3. ada yang bilang, akun saya diban dari promo karena mendaftarkan 2 akun grab di IMEI yang sama. saya tanya dia. emang akunnya siapa saja? tidak dijawab. dikatakan akan diberi email detail dalam 1x24 jam, tapi sampe sekarang tidak ada. Masa ngelesnya sampe main fitnah begini?

4. ada yang menyatakan akan dinaikkan dsb dsb tetap tidak ada tanggapan.

paling parah adalah di twitter.


dari awal jelas keluhannya mengapa grab ga pernah menanggapi , bahkan di screenshoot dsb yang saya tunjukkan, ga ada keluhan untuk kode itu. tiba tiba jawabannya malah kesitu. jadi bukti saya yang sangat banyak itu sama sekali ga ditanggapi, malah diberi jawaban yang tidak nyambung

sebenarnya ada beberapa lagi , tapi sayangnya halaman direct message twitter itu sempit. jadi tidak bisa screenshoot sekaligus banyak.

masa perusahaan sebesar grab mempermainkan customer begini caranya? apa susahnya kalau customer punya hak, misal promo, dan tidak bisa, dibantu cek?

kalau ada yang tidak terpenuhi syaratnya, kan tinggal bilang syarat dan ketentuanya ini, yang tidak terpenuhi ini. selesai

yang ada malah seperti diatas, tidak ditanggapi, memberi harapan palsu, memberi jawaban yang tidak nyambung, dan yang paling parah, memfitnah pengguna tanpa bukti.

sebaliknya, kadang saya memberikan saran kepada driver. dan waktu memberi rating, saya tulis lagi sarannya, supaya driver membaca. saya bahkan tidak kirim email ke grab
hasilnya? ga sampe sehari, saya terima email dari grab bahwa driver telah mendapat sanksi tegas


sayangnya emailnya panjang panjang dan ga cukup discreenshoot satu satu

kok mudah sekali buat grab memberi hukuman, mengambil hak driver dan riders? hal seperti ini sangat tidak pantas dilakukan untuk perusahaan sebesar grab.

seakan akan begitu ada kesempatan sanksi, ambil hak driver, langsung aji mumpung, sikat. begitu customer haknya hilang, dibiarin saja. toh nanti juga bakalan expired sendiri.
0
27.6K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan