caineAvatar border
TS
caine
Seller Mencari Keadilan dari Market Place SHOPEE
Permisi Agan2 sekalian, saya mau share sesuatu yang saya agak desperate buat ngurusnya karena 1 per 1 akses saya ditututp tanpa ada pertanggung jawaban yang jelas dari pihak SHOPEE.

Intro : Singkat cerita saya merupaka seller kecil yang membuka lapak kecil di beberapa market place. di Platform B*k*L*pak (sebut saja BL) sejak sekitar Agustus 2015, dan mulai buka di T*k*P*dia (sebut saja TP) sejak September 2016. Dalam kurun waktu tersebut tentu saja pernah ada masalah baik dengan buyer, maupun dengan pihak TP dan BL, namun yang perlu digarisbawahi bahwa selama ini kedua pihak tsb cukup cepat tanggap dan mengangani komplain dan kasus-kasus yang terjadi, dan sekitar 99% kasus selesai baik dengan bantuan BL dan TP maupun diselesaikan diluar kedua platform tersebut. Bole di cek, username name saya Ken Teknik di BL dan Pakde Ken di TP, reputasi saya baik karena memang saya berniat jual dengan cara yang baik dan jujur pula

Atas request beberapa calon buyer yang menginginkan gratis ongkir, saya membuka akun baru di SHOPEE pada bulan May 2016, namun entah kenapa saya tidak berhasil mendaftarkan akun saya dengan gratis ongkir dan hanya menjadi akun seller biasa dan tidak terlalu saya urus hingga bulan Oktober 2016 dimana saya mencoba kembali program gratis ongkir dan berhasil.. setelah berhasil munculan 1 calon buyer di chat yang menanyakan salah 1 barang saya dan proses tawar menawar terjadi

Agar tidak mengulang2 cerita, berikut saya akan tampilan email yang saya kirim ke pihak CS SHOPPE yang hingga saat ini saya share treread ini dan masih belum ada tanggapan dari pihak Shoppe

Kepada CS Shopee
Mohon dibaca secara detail email ini dari awal hingga akhir, mengingat emailsaya sejak sabtu tidak mendapat tanggapan, tlp CS dengan nomor 80647100sebanyak 2x dan kurang dapat membantu dan memberikan penjelasan yang jelas,serta komplain lewat fb yang seakan langsung disuru oper ke email atau tlp CS(dimana sudah dilakukan dan mendapat respon yg kurang memuaskan)

[U]Saya merupakan seller baru, dimana telah membuat aku seller sejak beberapa bulan lalu, namun belum pernah secara aktif menjual, dan baru mengaktifkan fitur freeongkir sejak tanggal 17 Oktober 2016, dimana barang yg saya jual merupakan barang normal (tidak illegal), yg merupakan kebutuhan sehari2 dimana banyakseller lain yang menjual barang yang sama namun dengan harga yg berbeda2..
Tanggal18 Okt 2016, seorang calon buyer menghubungi saya dan menanyakan salah1 produk saya, dapat dilihat sendiri dr capturan chat yg telah saya attach, saya telah jelaskan bahwa saya merupakan seller baru dan malah masi bertanya2 kpd buyer ttg penjualan di shopee ini. atas proses tawar menawar yg seller (Saya) dan buyer komunikasikan (buyer berencana membeli 30pc barang krn akan dijual lagi di kotanya) maka saya naikan harga di shopee jadi 70rb (minimal gratis ongkir).
Tanggal18 tsb buyer akhirnya memesan sebanyak 7 paket, yg beliau pisah2 per paket agar mendapatkan gratis ongkir yang maksimal. DISINI SAYA SEBAGAI SELLER TIDAK MELAUKAN KESALAHAN APAPUN, SAYA TIDAK MENGANJURKAN PISAH PAKET, ITU KEPUTUSAN SELLER SENDIRI (di WA beliau menjelaskan beliau sering melakukan pembelian pisah paket supaya dapat freeong, jika mengiginkan chat WA saya juga bisa menyediakan). Kemudian di tanggal 19 Okt masuk kembali notif order sebanyak 9paket. kemudian tanggal 19 itu saya mengirimkan 7 paket dr tanggal 18, dan segera memasukan resi di sore/malam hari
Tanggal 20 Okt saya mengrimkan 9 paket yang beliau order pd taggal 19 okt. Dan tanggal 20 Okt malam, saya menerima notif bahwa akun saya telah DIBATASI. Segera tanggal 21 Okt pagi saya menelepon CS Shopee 80647100 dan CS tdk dapat menjawab alasan kenapa akun saya di batasi, dan hanya menjanjikan informasi akan dikirim melalui email. Dalam hitungan 1-2jam saya telah menerima email balasan Shopee bahwa kasus saya sedang ditindaklanjuti oleh bagian CS terkait.
Kemudiatanggal 21 Okt sore, pihak CS Shopee kembali mengirimkan email yang isinya :
* menerangkan bahwa ONGKIR TIDAK AKAN DIGANTI (which is lucu krn saya telah mengikuti program gratis ongkir dan tidak melakukan pelanggaran apapun),
* proses pesanan yang sudah masuk akan tetap berjalan dan dana akan diteruskan ke Rekening saya setelah barang di konfirm buyer telah sampai di tujuan
* setelah semua pelepasan dana selesai ke rek saya, AKUN SAYA AKAN DITUTUP (lucu, alesan apa?)
Dimana keputusan sepihak Shopee sama sekali tidak dapat menjelaskan kesalahan saya dimana
Kemudian di tanggal 22 Okt saya menelpon pihak CS Shopee (telp CS pertama di sore hari, tidak perhatikan tlp jam berapa), dimana pihak CS tidak memberikan jawaban yang jelas, dan secara FIX mengatakan bahwa ongkir tidak akan saya terima, padahal email penjelasan (?) pihak SHOPEE sama sekali tidak berisikan informasi yang jelas. Kemudian saya mengirim email balasan yg menanyakan dimana letak kesalahan saya sbg seller. Selain itu utk mendapat jawaban saya juga menghubungi CS Shopee melalui fb saat itu juga. Fyi balasan pihak fb adalah utk menghubungi CS melalui email atau tlp CS 80647100 (wich is uda saya lakuin dan sampai detik saya mengirim email ini, email jawaban dari Shopee tidak ada, dan pihak CS tidak dapat menjawab krn mereka bilang bukan bagian mereka utk menjawab dan disuru langsung email saja). Terlihat seperti lempar2an? YAP BETUL
Tanggal 22 Okt malam, saya cek ternyata no rekening saya tiba2 berstatus DITOLAK,dimana sebelumnya , oke2 saja. For the record, saya belum pernah bertransaksi apapun di SHopee sebelumnya, jd tdk ada alasan tiba2 mengubah status norek menjadi DIITOLAK Kemudiandi tanggal 22 Okt saya menelpon pihak CS Shopee dan menjelaskan kasus ini dariawal sampai akhir, yang kemudian pihak CS mengambil kesimpulan bahwa saya di Banned krn terdeteksi ada BUYER yang beli tiba2 dalam jumlah banyak paket,dengan detail pemesanan barang yang sama persis. Dan atas penjelasan saya pihak CS juga mengerti bahwa itu bukanlah kesalah SELLER dimana saya sbg seller sudahmelakukan tugas saya dengan mengirimkan barang dan menalangi ongkir yang tertera pada list orderan, serta telah menginput resi tepat waktu. Utk pemesanan BUYER tentang berapa banyak, mau barang apa saja, dan sistem beda paket itu bukan merupakan kesalahan saya sebagai seller.
Pihak CSmenganjurkan saya utk kembali mengirim email perihal komplain melalui email krnpihak call center CS yg saya hubungi TIDAK MEMILKI HAK utk menjawab dikarenankanakses yang terbatas (silahkan cek rekaman telepon CS kurang lebih di jam 21.00pd 22 Okt).
Berdasarkanpelayanan pihak CS Shopee yang hampir sangat tidak kooperatif, informatif,apalagi membantu, saya memohon jawaban dan penyelesaiian kasus saya tsb.
Jika pihak Shopee menganggap seorang Buyer tidak boleh memanfaatkan (dengan cara yang salah) program gratis ongkir dengan pisah paket pada SELLER YANG SAMA,bukanlah seharusnya dibuat sistem yang menghalangin tindakan BUYER2 tsb?? Bukankah seharusnya Shopee yang bertanggung jawab atas kecerdikan buyer dalam memanfaatkan program gratis ongkir? Seller tidak mendapat banyak untung (selain untung penjualan yg hanya brp ratus perak), seller harus keluar modal barang dan ongkir terlebih dahulu yg memakan waktu berhari2 utk bisa cair ke rekeningnya seller. Dan atas kesalahan yg bukan merupakan kesalahan seller (kurangnya sistem Shopee dan BUyer yang memanfaatkan prog gratis ongkir), namun seller yang harus menanggung. Apakah itu adil? Dan hinggal detik ini pihak Shopee masi belum membalas email komplain saya sejak hari Sabtu.
Selain itu, saya akan melampirkan foto buku rekening saya di attachment (sesuai denganarahan CS melalui tlp) agar konfirmasi status REKENING SAYA YANG DITOLAK dapatkenbali berstatus fine utk penerusan dana
Mohon respon yang responsifdan INFORMATIF tentang kasus tsb, saya masih berharap bahwa masalah ini akan dapat diselesaikan secara adil dan kekeluargaan
THX
[/U]





Untuk catatan, pagi ini 24 Oktober, saya sudah tidak dapat loggin ke akun SHOPEE melalui komputer (lewat Samrtphone saat ini masi bisa), dimana dana saya sama sekali belum cair, bahkan jawaban panjelasan dari SHOPEE atas masalah belum ada (terakhir balasan emal SHOPEE adalah tanggal 21 Oktober yang isinya sbg berikut

Setya (Shopee Indonesia)
21 Okt 17.31 WIB
Hi caine whitechick,
Terima kasih telah setia menggunakan Shopee.
Akun Anda telah dinon-aktifkan karena sistem kami mendeteksi adanya kejanggalan pada pesanan-pesanan Anda. Kami sampaikan penyesalan atas ketidaknyamanan yang Anda alami saat ini.
Untuk selanjutnya, pesanan Anda yang statusnya masih dalam tab "Belum Bayar", akan dibatalkan oleh sistem secara otomatis dan dana akan dikembalikan kepada pembeli (proses refund).
Dana Anda pada pesanan dengan status "Perlu Dikirim", "Sedang Dikirim" ,"Selesai" dan yang masih belum kami lepaskan ke rekening Anda maka akan kami lepaskan seperti biasa yaitu sejumlah harga barang saja tidak termasuk ongkos kirim.
Saat ini, Anda masih dapat login ke akun Anda untuk melihat pesanan Anda, tetapi akun Anda sudah tidak dapat membuat atau menerima pesanan baru. Setelah status semua pesanan Anda selesai, akun Anda akan otomatis ditutup.
Sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan Anda dan kami berharap semoga hal ini tidak terulang kembali. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, silahkan menghubungi kami kembali apabila membutuhkan informasi lainnya.

Salam Hangat,
Setya
Tim Shopee! Jual Beli Mobile Dalam 30 Detik
Email : support@shopee.co.id
Hotline : 021 - 8064 7100 (hari Senin - Minggu) pukul 09:00 s/d 24:00 WIB


Dari email tsb ada informasi "Setelah status semua pesanan Anda selesai, akun Anda akan otomatis ditutup" yang dimana semua status orderan saya masih ditahan dananya oleh pihak SHOPEE, namun akses masuk ke akun saya telah ditutup.
Utk informasi tambahan, awalnya hanya ongkir yang terancam tidak dikembalikan SHOPEE yaitu sebesar 40.000x16 paket = 640rb, namun dengan dibekukannya akun saya, ditolaknya status rekening saya, dan email saya yang tidak ditanggapi, maka ditambah dengan harga barang sejumlah 70.000x16 paket = 1.120.000 yang berarti total 1.760.000 terancam ditelan oleh SHOPEE


Dari pengalaman saya tsb silahkan agan2 nilai sendiri platform SHOPEE bagaimana
Dari saya sendiri melihat bahwa kasus ini terjadi dikarenakan pihak SHOPEE yang kurang menyediakan sistem otomatis utk menghalangi BUYER yang memanfaatkan program gratis ongkir dengan sistem pisah paket (agar terhitung 1kg setiap paket)
Namun SHOPEE tidak terlihat sama sekali menaggapi komplain dengan kooperatif.

Saya mohon bantuan Agan2 agar meng UP dan men share thread ini sesering mungkin, agar tidak ada seller2 lain yang mengalami hal seperti saya. Saya juga sangat berharap masalah ini masih dapat diselesaikan dengan cara yang baik oleh pihak SHOPEE
fachri0071Avatar border
fachri0071 memberi reputasi
1
85.5K
19
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan