bayu.indraAvatar border
TS
MOD
bayu.indra
Maya vs 3DS Max m.A03 2D Shape Line
Maya vs 3DS Max i.A01 Navigation
Maya vs 3DS Max m.A01 Polygon Modeling Aid
Maya vs 3DS Max m.A02 UV Layout



BAYU Animation Online Class - Maya 2013, 3DS Max 2013
Maya vs 3DS Max m.A03 2D Shape Line


nah 2D Shape nih gan n sist ... buat yang kerjaan nya Motion Graphic atau architectural perlu banged nih yang namanya 2D Shape ... kalau ditanya mana lebih enak 2D Shape nya ... simple aja di 3DS Max lebih enak dan flexible 2D Shape line nya ...

mulai dari awal create 2D Shape nya yang banyak banged varian object nya ... sampai editing tool nya yang flexible banged di 3DS Max .... nah buat Maya user jadi beruntung banged dengan sekarang ada Interopability tool, dengan tool ini kita bisa mondar mandir antara 3DS Max dan Maya enak banged ...




MAYA ... di Maya ada 2 menu untuk membuat line ... CV Curve Tool dan EP Curve Tool, beda nya apa ... ? NGA ada beda nya sih ... itu cuma menu cara buat awal nya aja ... begitu jadi kalau mau di edit (right click) tinggal pilih CV atau EP aja ... kalau CV itu Control Vertex (controller nya nga nempel di line nya) ... kalau EP itu Edit Point (controller nya nepel pada line object nya ....

nah kalau Interpolation (smooth value) nya di Maya harus di set dr awal ... entah itu linier, cubic, atau yang lainnya .... kalau mau ngedit itu yang agak repot di banding 3DS Max ... di Maya harus di rebuild curve ... kalau surface ya harus di rebuild surface dulu ...

nga enak nya itu masing masing control vertex atau edit point nya nga bisa bebas masing masing linier atau lainnya cubic ... (kalau di 3DS Max bisa bebas satu controller linier, yang lain smooth, atau bezier juga bisa ...




3DS Max ... nah seperti gambar di atas kiri ... menu 2D Shape nya banyak, beda dengan di Maya yang harus buat manual (kecuali text object) ...

untuk edit nya cukup apply Edit Spline Modifier aja ... semua ada disana .... misal kita masuk ke vertex mode ... di object line kita tinggal right click aja sudah bisa edit curve atau interpolation nya ... setiap vertex controller nya bisa bebas ... mau linier, smooth, atau bezier sekalipun bisa bisa aja .... dan bisa masing masing beda beda gan n sist ... ini istimewanya ... untuk interpolation nya bisa dengan mudah nya di set ulang di Edit Spline /Interpolation ... dan bebas nya lagi kita bisa isi value nya benar benar bebas ... berapapun besar nya kita bisa masukin .... cuma kalau berat trus hang ya tanggung sediri deh gan n sist ...

dan kalau kita lihat di dalam tool Edit Spline tool nya banyak banged ... enak nya jadi flexible banged ... buat gabungin beberapa curve line bisa pakai Attach ... untuk misahkan curve bisa pakai Detach ... Trim Tool nya juga enak banged ... mau Union (gabungan), atau Intersect (potongan) bisa juga .... kalau sudah biasa pakai Adobe Illustrator sih akan jadi mudah banged gan n sist ... dannn ... 2D Shape nya 3DS Max terima file Adobe Illustrator gan n sist .... (Maya juga bisa sih ... !!)

untuk nge bangun object 3D nya tinggal kita apply Extrude modifier atau lebih keren lagi Bevel modifier ... yang biasa buat logo pasti langganan Bevel modifier ...


nah kalau agan agan n sist ... bagaimana pengalamannya ... ? enak mana nih ... 2D Shape line di Maya atau di 3DS Max ... ??


___________________________________________________________________

emoticon-I Love Indonesia- MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA - emoticon-I Love Indonesia
untuk tuts ++ bisa di click di link FB dan Youtube di bawah ini ...



0
3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan