shichi.Avatar border
TS
shichi.
SELLER TOP*D MENGHINA KASKUS, SURAT TERBUKA UNTUK HONGLIGADING.
Spoiler for chat:


Spoiler for chat t*ped:


Spoiler for curhat seller di fesbuk:



dear seller yang merasa sudah sangat pintar,


pertama:

kalo anda merasa pintar, tentunya anda sudah cukup pintar untuk menyadari bahwa sebagai pedagang, kita akan bertemu dengan berbagai jenis manusia. it's an "occupational hazard".

dari buyer cerdas, buyer kurang informasi, sampe flat out buyer bodoh yang ngeyel dan menjengkelkan. as i've said, it's an occupational hazard.

"c'est mon travail". it's your job. when one accepts the assignment, one accepts the problems.


kedua :

what's with all the sarcasm??

pertama anda menghina kaskus dan seluruh penghuninya, lalu anda menghina buyer anda -orang yang mendatangkan rejeki kepada anda, dengan menyiratkan bahwa dia kebanyakan makan micin.

anda berdalih ingin memberikan edukasi, tapi cara mengedukasinya samasekali tidak edukatif. ini tahun 2016, sudah tidak jaman mendidik orang dengan menghina2 org ybs. bangsa indonesia sekarang sudah sekolah, bung. diberi pengertian sedikit saja, orang juga bakal paham koq. atau mungkin anda yang tidak sekolah?

kasih jawaban saja apa susahnya. tidak perlu menyisipkan sarkasme2 tak berpendidikan yg bikin hati jadi empet kayak gitu.
apalagi konteksnya disini dalam berjualan online, wajar saja kalo buyer bertanya, seller menjawab. mungkin si buyer gagal mendapatkan pencerahan dari tempat lain, sudah sewajarnya kalo agan -empunya toko, yang cari rejeki disitu, yang simpen modal disitu, yang sukses dan gagalnya dipertaruhkan disitu, memberikan pencerahan kepada buyer2 yg mungkin kurang info.


ketiga:

disini saya sangat yakin bahwa anda tidak sekolah.

masa ada masalah sedikit saja ketika transaksi, langsung curhat di FB, dan lagi... nama buyernya tidak disensor??dibuka begitu saja kepada khalayak umum untuk dilihat??

selain sangat tidak etis, ini sudah masuk ranah pencemaran nama baik.
mungkin selain tidak sekolah, agan ini juga tidak pernah diajarin etika sama orang tuanya.

teman saya bro Agus jadi kelihatan seperti orang tolol hanya karena menanyakan sebuah pertanyaan sederhana. terlebih, friends si seller di FB ybs rata2 adalah para langganan setianya. semakin membanjirlah comment2 yg membenarkan tindakan HongliGading, dan memberatkan teman saya, bro Agus.

NB: profile ybs tidak memperbolehkan comment selain dari friend. jadi sudah jelas orang2 yg bisa memberatkan HongliGading nggak ada yg bisa comment.

*nama pribadi beliau sengaja saya sensor di trit ini. karena saya punya etika, padahal saya seller kaskus -yg mungkin menurut beliau isinya hanya orang2 tolol saja.


sedikit saran dari saya yg tolol ini buat anda yg sudah sangat pintar:

hargai setiap buyer. buyer aja bisa menghargai seller, kenapa seller yg rejekinya ada disitu tidak bisa menghargai buyernya??

anda nggak pernah tau what the next buyer are capable of. dia bisa jadi langganan anda yg mendatangkan keuntungan besar kelak. atau dia bisa jadi batu sandungan buat anda. bisa jadi dia anggota grup besar yg mempromosikan service anda kepada teman2nya, atau berbagi pengalaman buruk ketika bertransaksi dengan anda.
saya harap sih surat terbuka ini tidak menjadi batu sandungan buat karir anda, melainkan bisa jadi bahan introspeksi agar anda jadi seller dan manusia yg lebih baik.


terakhir:

saya memang bukan pedagang online full time seperti sampeyan, tapi saya sering berjualan barang2 & jasa secara online. dan layanan seperti inilah yg membuat toko online jadi terlihat buruk.

setelah ditransfer, langsung jawab seenaknya & seadanya. padahal sebelum transfer kayaknya ramah banget.

tidak semua orang sudah makan asam garam berjualan online. masih banyak orang yg bingung gimana cara transaksi di kaskus, gimana cara transaksi di toped, apakah sama dengan transaksi di bl, apa bedanya dengan transaksi di elvnia atau di lzada. makanya udah hari gini masih marak aja penipuan online.

terus tugas siapa bikin komunitas jual beli online jadi lebih adem? lebih smart? lebih informed?
ya tugas kita lah. orang2 yg berkecimpung disini, orang2 yg sering cari barang disini, orang2 yg nyimpen uangnya disini.
kalo bukan kita yang mencerdaskan komunitas jual beli online di indonesia, siapa lagi??


be a better person, don't be an asshole.


cheers,
shichi.



Spoiler for bukti penghinaan beliau terhadap buyer lain:

*btw orang ini ngga ngerti cara pake hashtag ya, keliatan banget ngga sekolahnya emoticon-Cape d... (S)



DISCLAIMER: ane samasekali tidak ada masalah dengan situs berjualan t*ped. ane juga sering jual barang disana, dan sejauh ini tidak pernah bermasalah dengan siapapun.
surat terbuka hanya ditujukan untuk seler ybs, dan tidak berkaitan dengan situs tempat dia berjualan.
Diubah oleh shichi. 25-07-2016 04:24
666lucifer89Avatar border
666lucifer89 memberi reputasi
1
2.6K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan