Formula Satu, disingkat F1 (atau bernama lengkap The FIA Formula One World Championship),
adalah kelas balapan mobil formula tempat duduk tunggal yang tertinggi.
Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix.
Balapan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum.
Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satu lagi untuk konstruktor.
Pada balapan, mobil balap dapat mencapai kecepatan lebih dari 300 km/h (185 mph) yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga sebesar 900 daya kuda pada putaran mesin sekitar 18.000 rpm (per 2005).
Eropa adalah pusat tradisi Formula Satu dan tetap menjadi pusatnya hingga sekarang.
Sekarang ini Grand Prix telah diadakan di seluruh penjuru dunia, dengan seri balapan baru di Bahrain, RRC, Malaysia dan Azerbaijan.
Formula Satu adalah balap mobil termahal baik dalam segi produksi maupun olahraganya. satu mobil F1 bisa menghabiskan dana hingga 220JutaPounds
Aturan mainnya diatur oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), yang bermarkas di Place de la Concorde, Paris. Presidennya yang sekarang adalah Jean Todt, dan secara umum disponsori dan diatur oleh pemegang hak komersial resmi Bernie Ecclestone melalui berbagai perusahaan.
Spoiler for Sejarah:
Seri Formula Satu berakar pada seri grand prix motor Eropa pada sekitar 1920-an dan 1930-an.
Sejumlah organisasi balap grand prix membuat sejumlah aturan untuk kejuaraan dunia sebelum Perang Dunia II.
Dengan alasan penundaan karena perang, kejuaraan dunia pembalap tidak diformalkan sampai 1947 dan berlangsung untuk pertama kalinya pada 1950.
Kejuaraan dunia konstruktor kemudian menyusul pada 1958. Balapan Formula Satu tanpa gelar diselenggarakan bertahun-tahun, tetapi dikarenakan membengkaknya biaya kompetisi mengakibatkan kompetisi ini berakhir pada awal 1980-an.
Nama olahraga ini, Formula Satu, mengindikasikan bahwa ini merupakan olahraga yang paling maju dan kompetitif di antara balapan mobil formula lain.
Awal kompetisi
Gelar juara dunia Formula Satu pertama kali dimenangkan oleh pembalap Italia Giuseppe Farina dengan mobilnya Alfa Romeotahun 1950, dengan mengalahkan rekan setimnya, pembalap Argentina Juan Manuel Fangio.
Akan tetapi, Fangio memenangkan gelar juara dunia pada tahun 1951 dan empat kali pada enam tahun berikutnya. Fangio kemudian menjadi legenda yang mendominasi tahun-tahun pertama kompetisi Formula Satu.
Juara dunia dari Britania Raya yang pertama adalah Mike Hawthorn, yang mengendarai Ferrari memenangkan gelar juara pada 1958. Kemudian Colin Chapman memasuki kompetisi F1 sebagai perancang mobil dan kemudian menjadi pendiri Lotus, British racing green datang untuk mendominasi kompetisi pada beberapa dekade berikutnya. Jim Clark, Jackie Stewart, Jack Brabham, Graham Hill, dan Denny Hulme adalah sederetan nama pembalap dari tim Inggris dan negara-negara persemakmuran yang memenangkan dua belas gelar juara dunia antara tahun 1962 hingga 1973.
Tahun 1962, Lotus memperkenalkan mobil dengan rangka aluminium yang dikenal dengan istilah monocoque yang menggantikan rangka tubular tradisional. Penemuan ini kemudian menjadi langkah kemajuan teknologi besar sejak penemuan mobil mid-engines. Tahun 1968 adalah tahun pertama kalinya olahraga ini memakai sponsor yaitu dimulai dengan Lotus yang mengecat "Imperial Tobacco" di mobilnya.
Spoiler for Ban F1:
Super Soft, merah: daya cengkeram dibawah ban ultrasoft , durability paling setingkat dibawah ban soft Soft, kuning: daya cengkeram setingkat lebih baik dari Medium, durability setingkat lebih rendah. Medium, putih: daya cengkeram setingkat lebih baik, durability setingkat lebih rendah Hard, orange: daya cengkeram paling rendah, daya tahan atau durability paling tinggi Intermediate, hijau: dipakai jika trek licin tapi tak ada genangan air Full Wet, biru: dipakai jika ada genangan air di trek Ultrasoft,ungu :memiliki daya cengkram paling baik dan pastinya daya tahan paling buruk
Spoiler for Arti Bendera F1:
Bendera kuning
Bendera ini dikibarkan jika ada sebuah peristiwa di lintasan balapan. Satu bendera kuning berarti hati-hati. Sementara jika dua bendera kuning dikibarkan, berarti pembalap harus siap untuk berhenti, karena ada kejadian yang menghalangi laju kendaraan.
Dan jika bendera ini dikibarkan, berarti tak boleh ada pembalap yang menyusul kendaraan di depannya.
Bendera hijau
Setelah bendera kuning, ada bendera hijau yang dikibarkan. Karena dengan adanya bendera hijau, berarti lintasan sudah aman untuk dilalui para pembalap dengan kecepatan penuh.
Bendera merah
Bendera selanjutnya yang juga perlu Anda ketahui adalah berwarna merah. Artinya, kondisi lintasan tak bisa dilalui karena ada sesuatu hal. Jika bendera ini dikibarkan, berarti balapan siap dihentikan. Dan jika bendera ini dikibarkan, maka seluruh pembalap harus masuk ke pit stop.
Bendera biru
Ada lagi bendera warna biru. Ini pertanda pembalap paling depan sangat dekat dengan pembalap di belakangnya. Jika pembalap buncit melihat bendera ini, maka dia harus memberikan jalan bagi pembalap di belakang yang akan menyusulnya.
Bendera putih
Sementara bendera putih cukup jarang dikibarkan. Artinya, ada mobil yang berjalan dengan kecepatan rendah. Umumnya, bendera putih dikibarkan jika ada ambulans yang masuk ke jalur lintasan untuk melakukan penyelamatan atas insiden.
Bendera hitam
Selanjutnya, ada bendera hitam. Bendera ini diketahui cukup ditakuti para pembalap. Karena jika bendera ini berkibar, tandanya pembalap yang dimaksud didiskualifikasi karena sesuatu alasan.
Bendera hitam-putih
Bendera hitam putih dengan garis miring juga ada pada ajang balapan Formula 1. Bendera ini dikibarkan jika ada pembalap yang melakukan balapan dengan tidak sportif. Biasanya, bendera ini akan dikibarkan dengan menyertakan nomor mobil yang mendapat teguran.
Bendera hitam satu lingkaran
Bendera hitam dengan satu lingkaran di tengah dikibarkan jika ada mobil yang bisa membahayakan kendaraan lainnya.
Bendera merah-kuning
Ada juga bendera merah-kuning garis-garis khas bendera Spanyol. Jika bendera ini berkibar, itu tandanya setiap pembalap harus menurunkan kecepatan karena lintasan licin akibat cuaca, atau adanya tumpahan oli.
Spoiler for Daftar tim yang pernah bergabung di F1:
Alex von Falkenhausen Motorenbau
Alta
Andrea Moda Formulait
Anglo American Racers
Arrows Grand Prix International Ltdgb
Aston Butterworth
Aston Martin
ATS Racing Teamit
Auto Technisches Spezialzubehorde
Automobiles Bugatti
Automobiles Gonfaronaise Sportivefr
Automobiles Martini
Automobiles Talbot-Darracq SA
Automobili OSCA
B.A.R Honda F1gb
Bayerische Motoren Werke (BMW)de
Beatrice Lolagb
Benetton Formula Ltdit
BMW Sauber F1ch
Brabham Motor Racing Developmentsgb
Brawn GPgb
British Racing Motorsgb
British Racing Partnership
Camoradi International
Canadian Stebro Racing
Chris Amon Racing
Connaught Engineering
Cooper Car Companygb
Daimler Benz AG
Darnvall Connew Racing Teamgb
David Fry
Derrington-Francis Racing Team
Eagle Weslakegb
Embassy Hill Racinggb
Emeryson Cars
English Racing Automobiles
Enzo Coloni Racing Car Systemsit
Epperlyus
Equipe Gordini
Equipe Ligierfr
Equipe Matrafr
Equipe Nationale Belge
EuroBrun Racingit
Ferguson
Fittipaldi Automotivebr
Fondmetal SpAit
Forti Grand Prix Racing
Gilby Engineering Ltd
Hanks Klenk
Hersham & Walton Motors
Hesketh Racinggb
Honda Racing F1jp
HRT F1 Teames
J B Naylor
Jaguar Racing Ltdgb
Jordan Grand Prix Ltdgb
Kojima Engineering
Kurtis Kraftus
Kuzmaus
Larroussefr
LD Serrurier
Leader Cards Inc
LEC Refrigeration Racing
Leyton House Racinggb
Life Racing Engines
Lolait
Lyncargb
Maki Engineering
March Engineeringgb
Martini Racing Team
Marussia F1 Teamgb
Mercedes Benzde
Midland F1ru
Minardi Team SpAit
Modena Team SpA (Lamborghini)it
Moneytron Onyxgb
MTV Simtek
Officine Alfieri Maseratiit
Osella Squadra Corseit
Pacific Grand Prixgb
Pawlus
Penske Cars
Peter de Klerk
Piero Dusio
Pinch (Plant) Ltd
Porsche System Engineeringde
Prost Grand Prixfr
RAM Racinggb
Renault F1fr
Rennkollektiv Eisenacher Motoren Werke
Reventlow Automobiles Inc
Rial Racingde
Rob Walker Racing Teamgb
Scarabus
Scirocco Powell
Scuderia de Tomasoit
Scuderia Franera - Frazer Nashgb
Scuderia Italiait
Scuderia Lancia
Shadow Racing Teamgb
Shannon
Silvio Moser Racing Team
Spirit Racinggb
Spyker F1 Teamnl
Stewart Grand Prixgb
Super Aguri F1jp
Team Alfa Romeoit
Team Eifelland Caravans
Team Ensigngb
Team Lotusgb
Team Merzario
Team Rebaque
Team Surteesgb
Tecno Racing Teamit
Theodore Racing Team
Token Racinggb
Toleman Motorsportsgb
Toyota Motorsports GmbHjp
Trojan-Tauranac Racing
Tyrrellgb
US F1 Teamus
Vanwall (Vandervell Products Ltd)
Vel's Parnelli Jones Racing
Veritas
Walter Wolf Racing
Watson
West Zakspeed Racingde
Willi Kauhsen Racing Team
Spoiler for Rekor di F1:
Spoiler for 1. Pemenang Grand Prix Tertua:
Luigi Fagioli 53 TAHUN 22 HARI. Memenangkan GrandPrix Prancis pada tahun 1951
Spoiler for 2.Pemenang Grand Prix Termuda:
Max Verstappen 18 Tahun 228 Hari. Menang di Grandpix Barcelona 2016
Spoiler for 3.Pembalap termuda yang meraih pole:
Sebastian Vettel 21 tahun 72 hari
Spoiler for 4.Pembalap Tertua:
Luis Chiron 55 Tahun
Spoiler for 5.Pembalap termuda yang mengikuti grandprix resmi:
Lagi Lagi Max Verstappen -_- 17 Tahun166 hari
Spoiler for 6.Pembalap Wanita Pertama:
Maria Theresa Filippis Pertama kali di GP belgia tahun 1958
Spoiler for 7.Gap Terjauh dari posisi satu dengan posisi kedua:
2LAP!!
Jack Steward mendahului Bruce McLaren
Spoiler for 9.Pembalap yang paling banyak memimpin dalam satu musim:
Kang Jackie Steward lagi nih. Jackie Stewart memimpin setiap balapan di beberapa titik selama musim 1969 dan kemudian memenangkan enam dari sebelas balapan.
Spoiler for 10. Gap Terdekat.:
Di Grand Prix Italia pada tahun 1971, hanya ada perbedaan dari 0,01 detik antara pemenang Peter Gethin (BRM) dan runner-up Ronnie Peterson (Maret-Ford).
Spoiler for 11. Pembalap pertama yang memakai angka 0.:
Jody Scheckter melaju Grand Prix of America dan Perancis pada tahun 1973 dengan angka 0 di McLaren.
Spoiler for 12. Menang dari posisi terburuk.:
John Watson melaju dari posisi 22 ke pertama pada tahun 1983 di Amerika Serikat Grand Prix Barat, Long Beach.
Spoiler for 13. juara dunia tertua.:
Juan Manuel Fangio menjadi juara dunia untuk kelima kalinya pada tahun 1957 pada usia 47.
Spoiler for 14. Juara dunia termuda.:
Sebastian Vettel, 23 tahun, 133 hari dengan Red Bull Racing di Abu Dhabi GP 2010
Spoiler for 15. Rekor kemenangan terbanyak.:
Michael Schumacher memiliki total 91 kemenangan balapan di Formula One karirnya.
Spoiler for 16. Poin terbanyak selama satu musim.:
Lewis Hamilton mencetak 384 poin selama musim 2014
Spoiler for 17. posisi pole terbanyak dalam satu musim.:
Sebastian Vettel adalah 15 kali pole pada tahun 2011 (dari 19 balapan)
Spoiler for 18. Pit Stop Tercepat.:
Masih anget nih gan, GP eropa kemaren (Baku), seperti biasa william berhasil mencetak rekor dengan 1,89 DETIK
LANJUT KE BAWAH YA GAN ^^
*nb: bukanya ane sengaja salah kamar naro trit ini di the lounge bukan di fordis khusus f1. tapi ane cuma mau memberi sedikit info disubforum yg plg banyak penghuninya supaya makin banyak yg tau ^^
Spoiler for UPdate . Beberapa Pembalap ASIA yang pernah berlaga di F1: