Usaha keras adalah penting, namun mengetahui bagaimana caranya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu itu akan membuat perbedaan.
Bekerja adalah bagaimana menghabiskan waktu satu hari Agan. Membangun kebiasaan membantu Agan mengetahui apa yang menjadi penting dan tidak penting. Dengan disiplin, perencanaan dan manajemen, akhirnya akan membuat Agan bisa bekerja lebih efektif tanpa membuang-buang waktu.
Nih ane mau bagiin 7 cara Bekerja dengan Cerdas yang ane kutip dari SMARTBISNIS. Temanya emang agak berbau repost sih gan, tapi apa salahnya kan membagi informasi
Spoiler for TARIK NAFAS:
Dengan menarik napas panjang selama Agan bekerja akan meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Ini juga baik untuk kesehatan lho. Apakah Agan bekerja di luar ruangan atau dalam gedung, keluarlah sejenak dari meja kerja Agan untuk meminimalisir keletihan mata dan menghindari pembekuan darah pada otot kaki Agan.
Penelitian juga menunjukkan rehat selama 5 menit dari pekerjaan cukup untuk memperbaharui fokus Agan. Ketika sore menjelang, sebelum pulang kerja ambilah istirahat sejenak. Untuk mendapat energi pada sore hari, Agan juga bisa ngopi sambil ngemil sehat. Nyendol juga boleh gan kemarih
Spoiler for JADI RITUAL:
Hal yang kita lakukan setiap hari adalah kebiasaan. Jika Agan bisa membangun kebiasaan sehat, Agan bisa bekerja dengan efisien, tanpa penderitaan dan usaha berlebih. Jika kita melakukan hal yang sama ditempat yang sama berulang-ulang, lingkungan dan kebiasaan akan membangun suasananya sendiri yang berefek efisiensi pekerjaan.
Mulailah hari dengan kebiasaan Agan. Menyatukan ide, meditasi dan berolahraga pada pagi hari akan meningkatkan fokus Agan dan menyiapkan diri Agan untuk menghadapi pekerjaan.
Spoiler for JANGAN GANGGU:
Pada saat bekerja, orang bisa saja keluar masuk untuk mengganggu Anda, apakah hanya chatting atau diskusi mengenai sesuatu hal selain masalah kantor. Batasi itu diluar jam kerja Anda kecuali jika itu adalah permasalahan darurat.
Spoiler for MAIN SOCMED:
Sangatlah mudah untuk mengecek email dan akun sosial media Agan di waktu tertentu saja, jika tidak hal itu akan mengganggu fokus Agan. Matikan notifikasi email dan aturlah waktu untuk membuka email, misalnya hanya di pagi dan sore hari saja. Hal yang sama lakukan pada akun sosial media Agan.
Spoiler for PILIH PRIORITAS:
Sebelum memasuki hari baru, buatlah perencanaan apa yang akan dilakukan esok hari. Namun jangan membuat to do list terlalu banyak dan panjang, cukup buat tiga hal yang menjadi prioritas yang harus Agan selesaikan. Dengan membatasi prioritas ini, Agan akan lebih teratur dan tidak membuang waktu dan energi dalam bekerja.
Spoiler for MANAJEMEN WAKTU:
Cobalah untuk rajin menulis mengenai apa yang akan Agan kerjakan dalam setiap harinya. Jika Agan malas menulis, Agan bisa memanfaatkan aplikasi pada smartphone untuk membantu. Bisa juga menggukan media lain, misal papa tulis, kartu label yang berwarna-warni. Ini yang akan menjadikan Agan orang yang disiplin dan efisien dalam bekerja.
Spoiler for ATUR RUANG KERJA:
Atur tata ruang meja kerja dan isi komputer Agan agar lebih teratur. Gunakan ‘Label’ pada Gmail atau folder pada Outlook untuk mengatur email Agan. Pastikan semuanya bersih dan rapi. Belajar menggunakan ‘shortcut’ ketimbang mengandalkan mouse.
Pastikan juga ruang kerja Agan teratur dengan sering-sering merapikan berkas, bersihkan ruang kerja dari berkas usang. Taruhlah berkas yang masih digunakan dalam filling cabinet atau file box. Kerapihan dan kebersihan ruang kerja membuat Agan lebih fokus.
Kerja cerdas bukan hanya mengandalkan aplikasi dan software untuk pendukung pekerjaan Agan. Ketahui batasan dan kebingungan Agan untuk membangun sistem kerja tubuh. Buat diri Agan penuh perhitungan matang, dengan begitu Agan akan bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa mengorbankan waktu.
Maaf loh ya gan kalau masih berantakan tritnya, karena ane emang jarang bikin trit
Semoga bermanfaat buat Agan