- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
3 Tips Agar Pelanggan Selalu Mengingat Produk Mom
TS
kingpromosi
3 Tips Agar Pelanggan Selalu Mengingat Produk Mom
Quote:
Quote:
Sebagai entrepreneur, PR yang harus Mom kerjakan tentu sangat banyak. Mulai dari strategi pemasaran untuk usaha, mengatur karyawan, berusaha untuk tetap fokus, dan lain sebagainya. Memahami pelanggan Mom adalah salah satu dari sekian banyak hal penting yang harus dilakukan. Karena, sebuah usaha yang sukses adalah ketika pelanggan selalu ingat dan kangen dengan produk Mom.
Untuk itu, Mom harus mengetahui pelanggan Mom dengan baik agar Mom dapat memutuskan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dan memenuhi harapan mereka. Ini adalah kunci dari loyalitas pelanggan agar Mom dapat memenangkan persaingan.
Kami akan menuliskan 3 hal agar usaha Mom selalu jadi perhatian dalam ingatan pelanggan.
Quote:
1. Lakukan Lebih Baik dengan Data
Mulai dari sekarang, kumpulkanlah data-data mengenai pelanggan Mom, mulai dari kebiasaan-kebiasaan mereka, dimana mereka biasa makan, hal-hal apa saja yang menarik dari produk Mom bagi para pelanggan. Sebarlah kuesioner agar Mom dapat meriset apa saja yang berhubungan dengan pelanggan Mom.
Data-data seperti ini mempunyai informasi yang berharga mengenai karakteristik pelanggan Mom dan kebiasaan mereka, sejauh mana Mom telah memperlakukan mereka dengan baik. Analisis data tersebut untuk lebih memahami kapan dan dimana mereka membeli produk Mom.
Mom juga dapat mengidentifikasi data tersebut untuk mengetahui segmen pasar yang paling menguntungkan bagi usaha Mom. Evaluasi customer service Mom, apakah pelanggan sudah cukup puas dengan hal-hal yang telah Mom lakukan?
Secara efektif, Mom juga dapat mengetahui apa yang mereka butuhkan.
Quote:
2. Ubah Model Bisnis Mom
Untuk mengubah usaha dan produk Mom menjadi kesukaan para pelanggan, cobalah untuk mengubah model bisnis Mom agar lebih fokus kepada pelanggan. Tanyakan beberapa pertanyaan ini pada diri sendiri:
Apa yang dapat dilakukan usaha saya untuk membantu menyelesaikan masalah mereka?
Bagaimana caranya agar saya dapat melayani pelanggan dengan lebih baik?
Hubungan seperti apa yang diharapkan dari pelanggan saya, yang dapat saya usahakan?
Bagaimana saya dapat menjangkau para pelanggan saya dan masuk ke dalam rutinitas mereka sehari-hari?
Nilai lebih apa yang para pelanggan merasa pantas untuk mendapatkannya, dan pada harga yang seperti apa?
Menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas membutuhkan analisis terhadap para pelanggan Mom berdasarkan data, sehingga Mom dapat memahami apa yang harus Mom lakukan pada usaha Mom agar lebih fokus terhadap pelanggan.
Quote:
3. Cari Apa yang Sebenarnya Mereka Inginkan
Carilah apa yang sebenarnya pelanggan inginkan, bukan hanya sekedar permintaan mereka. Kemampuan untuk melihat bisnis Mom dari sudut pandang pelanggan dapat membawa Mom kepada peluang-peluang baru. Anda harus belajar untuk berpikir apa yang mereka pikirkan, menebak apa yang selalu ada dalam ingatan, pandangan, hingga pendengaran mereka.
Mom mungkin akan terbantu dengan salah satu alat untuk mengetahui bagaimana sebenarnya kesukaan dan kebiasaan para pelanggan Mom melalui Customer Empathy Map ini.
Seorang pendiri perusahaan otomotif ternama, Henry Ford, berkata,” Jika saya menanyakan apa yang pelanggan saya inginkan, mereka selalu menjawab, ‘Kuda yang lebih cepat’.”.
Meskipun pelanggan selalu benar, terkadang mereka tidak selalu meminta solusi yang benar. Disinilah inovasi bertindak. Seorang yang berinovasi dapat melihat apa yang sebenarnya pelanggan inginkan, bukan yang mereka sekedar minta, karena kebanyakan hal tersebut mengacu kepada kompetitor atau saingannya.
Sebuah pendekatan yang baik untuk mengantisipasi tantangan dari konsumen Mom adalah mengidentifikasi pola dari perilaku mereka, serta menaruh perhatian dari setiap perbedaan area pelanggan Anda secara lokal hingga global.
Setelah menemukan polanya, beraksilah dengan mengembangkan solusi yang memenuhi keinginan para pelanggan dan sampaikan solusi tersebut kepada mereka. Hal yang perlu Mom perhatikan adalah: pelanggan tidak akan tahu solusi apa yang Mom coba sampaikan sampai mereka merasakannya sendiri.
Mengembangkan sebuah pemahaman yang lebih baik terhadap pelanggan Mom akan membantu Mom untuk meningkatkan pelayanan yang didasarkan apa yang diinginkan oleh para pelanggan. Hal itu adalah cara terbaik untuk keluar dari persaingan.
Sumber : disini
0
942
Kutip
0
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan