realtasoftwareAvatar border
TS
realtasoftware
#FYI Fungsi dan Tugas Reservation Department Hotel


Sistem Informasi Reservasi Perhotelan adalah salah satu bentuk sebuah pelayanan publik yang menawarkan jasa administrasi pada reservasi perhotelan. Sistem semacam ini sangat memerlukan ketepatan mekanisme dan penataan yang terorganisir agar data dapat dikelola dan terjaga keamanannya dengan baik dalam bentuk database.

Hotel merupakan pilihan yang tepat ketika kita berkunjung ke suatu tempat. Oleh karena itu, memilih hotel yang nyaman sebagai tempat bermalam baik saat berwisata, berbulan madu ataupun keperluan bisnis sangat diperlukan agar kita bisa bersantai dengan baik. Aspek penting dari sebuah reservation yakni penyediaan tempat, baik sebelum tamu atau para wisatawan datang maupun pada saat tamu check-in. .

Untuk membangun database, pihak pengelola hotel bisa saja menggunakan bantuan dari sebanyak mungkin sistem yang tersedia atau satu sistem saja tapi memiliki fasilitas yang lengkap.
Database yang dimaksud, seperti yang disediakan Rhapsody, dibuat dengan tujuan agar proses kerja lebih optimal dan dapat dilakukan secara cepat dan tepat dengan tingkat kesalahan minimal.

Sistem manajemen reservasi hotel yang tepat bisa memberi kontribusi berikut pada sebuah hotel,

1. Menjual produk hotel dengan cara melakukan teknik penjualan
2. Selalu mempromosikan produk dan fasilitas hotel.
3. Wajib mengetahui tentang produk dan pelayanan yang ada di hotel seperti harga & fasilitas promosi, harga khusus dll.
4. Menjalin hubungan yang baik dengan para tamu serta mengantisipasi kebutuhan tamu.
5. Mencatat dan memproses pemesanan pemesanan yang dilakukan secara online dari berbagai sosial media.
6. Memproses perubahan pemesanan kamar, jika ada tamu yang ingin open room di kamar yang lainya.
7. Mencatat metode pembayaran yang sudah diatur khusus untuk tamu rombongan dan konvensi.
8. Melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari tamu no show.
9. Meminta persetujuan FOM atau finance manager untuk pemesanan kamar yang menginginkan pembayaran kredit.
10. Membuat laporan reservasi management hotel setiap saat.
11. Memantau data pemesanan kamar secara akurat.

Hotel yang ingin terus berkembang patut mencatat kontribusi ini sebagai indikator yang akan digunakan ketika pihak pengelola hotel mencari sistem manajemen hotel yang tepat buat mereka.

‪#‎Rhapsody‬ ‪#‎SoftwareHotel‬ ‪#‎ReservationHotel‬ ‪#‎HotelManagementIndonesia‬ ‪#‎ProgramHotel‬ ‪#‎Realta‬ ‪#‎Indonesia‬
0
4.2K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan