- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
5 Jurus Jitu Mendongkrak Profit (Bagian 1)
TS
kingpromosi
5 Jurus Jitu Mendongkrak Profit (Bagian 1)
Quote:
Quote:
SELAMA ini kita selalu mendengar pebisnis anu meraup omzet sekian ratus juga, pemilik online-shop anu mendapat omset sekian puluh juta. Padahal omzet besar belum tentu margin profitnya besar. Tapi jika profit besar, omzetnya pasti lebih gila lagi. Coba, pilih mana: omzet (pemasukan total) Rp100juta tapi profit (untung bersih) cuma Rp5juta (setelah dikurangi beban operasional, biaya perawatan itu ini, beban akomodasi, listrik, internet, tagihan anu itu bla bla bla); atau omzet Rp10juta tapi profit justru Rp9juta? Ya mending profit Rp9juta!.
Nah, artikel KingTips mulai edisi ini akan berbusa-busa mendoktrin isi kepala GanSis agar mulai sekarang, mulai hari ini, kita memiliki paradigma “profit-oriented”, bukan “omzet-oriented”.
Ane dulu pernah berbisnis di usaha konveksi, wuoh, bulan-bulan pertama omzetnya mantap, berjuta-juta! Tapi, begitu dikurangi beban listrik, beban gaji karyawan, beban bahan itu ini dan seabrek biaya operasional, profit alias keuntungan bersih yang didapat, bisa GanSis tebak?, cuma Rp500ribu!
Nah, ane tidak ingin GanSis, khususnya yang baru terjun di dunia bisnis, khususnya bisnis online, mengalami apa yang pernah ane alami. Profit kita harus besar dari biaya operasional atau biaya modal dan capek. Dan bagaimana caranya?, ane kupas semua tips trik dan tekniknya. Insya Allah, dijamin jitu!.
Quote:
JURUS KE-1:
JURUS ORANG GILA MENARIK CALON PELANGGAN (CRAZY WAYS TO GENERATE LEADS)
Profit tidak akan pernah kita dapat jika kita tidak punya pembeli dan pelanggan. Maka, jurus yang harus pertama kita keluarkan adalah jurus gila bagaimana menarik calon pelanggan.
Maksud “gila” atau “orang gila” di sini adalah, Kita menggunakan cara yang benar-benar gila-gilaan dalam hal menggaet calon pelanggan agar berbondong-bondong ke tempat usaha Kita atau ke website maupun sosial-media online shop. Jika orang waras yang biasa-biasa saja hanya mengandalkan 1 atau 2 senjata pemasaran, misal cuma lewat brosur dan kartu nama. Maka kita, orang gila (gila bisnis), tidak tanggung-tanggung! Menggunakan 14 SENJATA PEMASARAN!
Apa saja 14 senjata pemasaran untuk menyedot calon pelanggan agar berbondong-bondong datang, bahkan kalau perlu berdesak-desakan, atau kalau perlu, sikut-sikutan, datang ke toko atau online shop kita? Dan bagaimana detil caranya?
Quote:
1.Jika tidak punya dana marketing yang cukup, pinjam sementara kepada teman dekat atau sahabat karib, dan buat LIPUTAN HEBOH DI KORAN! Atau jika bisa, cari kanal berita yang memungkinkan iklan produk kita bisa gratis tayang dan benar-benar dibaca banyak orang.
Quote:
2.Sebar BROSUR di TRAFFIC LIGHT! Cari perempatan yang paling padat. Setiap lampu merah, bagikan brosur ke semua pengendara yang sedang bengong menunggu lampu berubah. Cetak jangan tanggung-tanggung, 5.000 sampai 20.000 lembar brosur! Buat team, kita 1 orang ajak 3 orang teman dekat yang bersedia membantu, lalu masing-masing menyebar di empat penjuru lampu merah. Dalam waktu 5 jam, masing-masing pos sudah berhasil menyebarkan 5.000 lembar brosur. Nah, bagaimana caranya agar kemungkinan itu brosur dibaca dan dibuang perbandingannya bisa ekstrem minimal 50:1, alias dari 50 orang yang tidak tertarik hanya 1 orang? Isi brosur langsung tepat menikam KEBUTUHAN MENDESAK banyak orang! Alias produk yang kita tawarkan di brosur adalah produk yang bisa menghilangkan problem, ketakutan, kekhawatiran orang banyak! Dan penyampaiannya tidak bertele-tele! Contoh: produk pelangsing (problem kegemukan), produk buku bagaimana cara mendapat penghasilan online 5 juta sehari tanpa keluar rumah (problem ketakutan finansial), produk cairan penambal ban secara otomatis apabila ban terkena paku mendadak di jalan (problem kekhawatiran). Itu semua adalah contoh produk yang pasti akan membius dan menyedot kesadaran orang banyak! Yakin, 99% orang pasti tertarik! Dan berminat! Jadi deh, brosur tersebut dilipat rapi dan disimpan baik-baik dimasukkan ke saku/ke jaket/ke dompet, dan kemudian kita beberapa jam ke depan kebanjiran pesan SMS/Whatsapp/Telepon/BBM/Line.
Quote:
3. Iklan di ANGKOT!Bikin stiker yang mencolok. Kerja sama dengan ratusan sopir angkot, baik-baikin mereka, jalin silaturahim yang karib dan akrab. “Bang, tolongin ane dong, numpang tempel stiker produk ane yang baru, ntar ane kasih rokok atau kopi deh”. Bahkan kalau sudah dekat mah, gratis pun jadi. “Halah kagak usah bayar, kayak gue orang lain aja, sonoh, tempel aja,” bisa begitu loh jawabnya. Jadi deh, iklan kita wira-wiri setiap hari, dilihat orang sana-sini. Brand-awareness without budget.
Quote:
4.BIKIN GOSIP SENDIRI! Jangan mau kalah dengan Syahrini atau artis-artis infotainment! Di mana? Di seluruh sosial media! Instagram, Twitter, Facebook, Path, Blog, LINE, Whatsapp Group, Forum, etc. Lebih bagus kalau punya teman yang aktif di sosial media dan punya ribuan follower, cukup dekati, speak-speak, minta tolong di-endorse, di-blow-up di akun-akun sosial medianya, jadi deh, produk kita viral, menyebar gak pake lama.
Quote:
5. Pasang stiker di KENDARAAN SENDIRI!Kalau tadi di angkot, sekarang pasang di motor/mobil sendiri, lebih bagus kalau kita sering keliling kota, pas di lampu merah orang-orang melihat stiker kita, pas di parkiran orang-orang yang lewat melihat stiker kita, tanpa usaha apa-apa produk kita sudah berbicara sendiri. Tapi lebih penting, kita bangga terhadap produk dan brand sendiri! Yeah!
Quote:
6. Buat event atau acara khusus, lalu DISPONSORI SENDIRI!
Quote:
7. Musim hujan? Buat 1.000 jas hujan dengan biaya paling rendah. Cetak logo, brand dan gambar produk berikut info kontak lengkap. Lalu ketika hujan betulan, cari kerumunan pengendara motor yang berteduh di bawah flyover-flyover, bagi-bagiin deh jas hujannya. Selain jadi ajang promosi gratis, brand usaha kita juga akan dianggap sebagai brand yang dermawan dan peka terhadap nasib orang yang kehujanan. Double impact, double reward (belum kalau sebagian di antara mereka memberikan komentar positif di akun-akun sosial media mereka, wooo, bisa langsung terkenal brand kita).
Quote:
8.Cari SALESMAN FREELANCE/salesman lepas. Sistem komisi, dibayar kalau bisa closing penjualan. Atau yang sedang tren, buka kran reseller. Pasti banyak yang mau.
Quote:
9. KERJASAMA dengan brand lain (co-branding). Belanja produk hijab 99ribu di toko online partner, dapat voucher 99ribu di toko online kita, atau sebaliknya. Atau kita punya usaha ice-cream Monas dan rekan partner punya usaha Bakso Granat, maka jajan Bakso Granat 15ribu, dapat voucher 2 ice-cream Monas. Ini diterapkan di bisnis online sendiri dengan online shop punya teman? Woo, makin dahsyat! Persahabatan semakin erat.
Quote:
10. Buka CABANG di samping usaha sendiri. Jika usaha kita offline, misal jualan Bakso Granat atau jualan Mie Akhirat dengan gerobak besar bersih murah enak dan higienis, buka 5 gerobak yang sama sekaligus berderetan; siapa yang tidak akan penasaran mencoba. Kalau perlu launching hari pertama undang 100 teman dan temannya teman dan temannya temannya teman agar datang mencicipi Bakso Granat dan Mie kita dengan potongan harga 50%. Misinya apa, MEMBUAT KERUMUNAN! Gila aja, ratusan orang parkir dan berkerumun massal di 5 gerobak kita, apalagi kalau bisa diatur antri sampai mengular, orang-orang yang lewat apa enggak bakalan kepo bin penasaran tingkat dewa?!
Quote:
11. MINTA pelanggan kita yang sudah puas dengan pelayanan kita. Apa yang kita minta? Testimoni dan endorse mereka, sebab biar bagaimanapun pelanggan yang puas adalah marketer gratis yang sangat powerful, malah tidak sedikit brand yang memiliki pelanggan yang menjadi advokat dari brand tersebut; menjadi penggemar produk yang fanatik, meski itu cuma produk mie instan, kopi atau bahkan kaos kaki.
Quote:
12. VOUCHER bernilai RUPIAH!Tinggalkan voucher diskon jika dirasa sudah tidak efektif, ganti dengan voucher rupiah. Tujuannya apa? Untuk meninggalkan kesan kuat di “buying-experience”. Di Jakarta pernah ada satu hypermall yang baru launching, selama 1 bulan mereka melakukan ini: setiap ada pengunjung yang pertama datang, ia akan langsung diberi ucapan selamat, dipersilakan masuk dan duduk di sebuah lounge ekslusif dan disajikan sarapan sepotong cake dan secangkir kopi, meskipun si pengunjung tidak berniat belanja dan cuma sekedar lihat-lihat saja! Namun pihak hypermall mengatakan, “Tidak apa-apa, ini adalah rasa terima kasih kami karena Bapak/Ibu sudah berkunjung ke sini”. Tebak, besoknya, minggu depannya, bulan depannya, si Bapak pengunjung tersebut menjadi pelanggan setia hypermall tersebut, dan mengajak seluruh keluarganya agar berbelanja berbagai kebutuhan di situ. Brilian. Experience. Thats!
Quote:
13. Menjadi PROBLEM SOLVER di forum-forum online.Bangun trust, authority dan pengaruh. Bantu setiap permasalahan orang-orang di forum yang kita ikuti (selama permasalahan atau problem yang dikemukakan memang berharga dan pantas untuk dibantu penyelesaiannya). Nanti pada saatnya ketika orang-orang mengalami masalah tertentu, kita adalah orang pertama yang akan mereka cari. Tugas kita cukup tinggal tancapkan pengaruh di niche/ceruk di mana produk kita eksis. Jika produk online kita adalah suplemen yang bisa membantu perut menjadi six-pack seperti atlet binaragawan, maka hadirlah sebagai pakar/ahli/konsultan di forum-forum body-building. Ini strategi jangka-panjang memang.
Quote:
14. BLAST & BROADCAST Message! By PIN BBM, LINE, SMS. Tidak akan mengganggu jika kita mem-broadcast massal pesan atau konten yang benar-benar beda total dari pesan-pesan blast menyebalkan yang biasa kita terima selama ini.
Intinya adalah segala upaya untuk menarik banyak semut dan banyak ikan datang ke tempat kita (offline maupun online shop). Jika traffic yang datang ke toko kita sudah ramai setiap harinya, yang SMS banyak, yang BBM/Whatsapp/LINE membludak, yang kirim e-mail juga tidak sekedar 10-20, kita tidak perlu lagi keluar uang, keringat dan tenaga untuk menjaring orang. Saatnya kita berpindah tempat dan beralih jurus ke JURUS KE-2, bagaimana menaikkan konversi atau menaikkan prosentase jumlah Calon Pelanggan menjadi PELANGGAN BENERAN, dan kalau bisa jadi pelanggan loyal fanatik setia sampai kiamat.
Tunggu di tips selanjutnya, dan e, jangan sampai cara-cara gila di atas dipraktekkan sekarang juga, dan kasih tau ane kalau TIDAK sukses. Hehe.
See you on the next post.
See you on the next post.
0
2.4K
Kutip
11
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan