kingpromosiAvatar border
TS
kingpromosi
Metode Efektif Promosi untuk Online Shop Jualan di Instagram


Metode Promosi di Instagram

Olshop atau online shop kini semakin menjamur bahkan hampir di semua sektor bisnis. Selain karena lebih hemat modal, online shop menjadi ladang bisnis yang amat menjanjikan. Seperti halnya bisnis lainnya, online shop juga membutuhkan jasa promosi seperlu mendongkrak omset penjualan. Salah satunya dengan membuat akun jejaring sosial sebagai lapak promosi. Bisa berupa akun facebook, twitter, atau instagram. Mengapa memilih jejaring sosial? Hal ini tentu karena adanya kecenderungan penggunaan jejaring sosial. Sekarang ini orang membutuhkan jejaring sosial seperti suatu kebutuhan pokok. Sehingga melakukan promosi di media sosial dirasa dapat memberi hasil efektif.

Oleh karena itulah, banyak online shop membuat akun bisnis di media sosial. Instagram menjadi salah satu yang populer. Meski dibilang efektif namun nyatanya tidak sedikit pula yang merasa belum puas dengan laba yang didapat padahal sudah membuka lapak di instagram cukup lama. Apakah Anda merasakan hal yang? Sebelumnya perlu diketahui tentu ada yang beda dari cara promosi konvensional dengan cara promosi modern di dunia maya. Tepatnya ada beberapa metode promosi atau iklan olshop agar angka penjualan bisa terus meroket. Kira-kira bagaimana caranya? Tidak perlu khawatir. Berikut diberikan beberapa metode efektif promosi untuk online shop yang jualan di instagram:

SFS Instagram
SFS merupakan singkatan dari Shoutout For Shoutout. SFS intagram sendiri berarti saling merekomendasikan atau mempromosikan anggota toko online di instagram. Dalam hal ini online shop yang satu akan mempromosikan produk dagangan online shop yang lain. Misalnya online shop 1 yang fokus pada jualan sepatu ikut mempromosikan dagangan online shop 2 yang menjual hijab atau sebaliknya. Hal ini bukan hal tabu dilakukan. Hanya saja sistem SFS ini dilakukan dengan aturan mengikat dan mesti diikuti. Beberapa ketentuan yang harus dipenuhi misal jumlah follower minimal harus 10K dan ada ketentuan boleh keep iklan instagram 3 jam kemudian hapus.

Dengan cara ini follower online shop yang lain bisa jadi tertarik untuk berbelanja dengan di online shop yang direkomendasikan. Tentu tidak perlu merasa takut tersaingi karena syarat lainnya produk yang ditawarkan berbeda. Seperti contoh yang diberikan di atas, online shop 1 menjual sepatu sedangkan online shop 2 menjual hijab. Meski keduanya menjual produk yang berbeda tetapi tidak menutup kemungkinan follower yang mengikuti salah satu online shop memiliki ketertarikan dengan produk lain tanpa perlu takut kalah saing. Cukup menarik bukan tips olshop ini.

Endorse
Endorse merupakan promosi instagram memakai artis. Metode ini dilakukan dengan mengirim produk kepada artis secara gratis. Maksudnya perwakilan online shop menguhubungi dan meminta kesediaan artis untuk mengendors produknya. Setelah sang artis setuju maka produk dikirim agar artis bisa berfoto bersama produk. Foto tersebut lalu akan diposting dengan mention online shop dan seolah sang artis memakai produk yang ditawarkan.

Metode ini dirasa efektif mengingat artis termasuk publik figur yang memiliki banyak penggemar yang biasanya kerap meniru atau memakai produk yang sama. Tentunya dari sisi calon konsumen pun ada rasa percaya karena produk juga digunakan oleh artis yang secara tidak langsung menjadi penjamin. Namun, pengguna sosial media sekarang ini makin cerdas. Karenanya dari perkembangannya kini juga dibangun kerjasama dengan teken kontrak. Adanya kontrak tersebut membuat artis perlu memposting secara berkala untuk lebih meyakinkan calon konsumen. Hanya saja untuk sistem kontrak dibutuhkan biaya yang tidak murah terlebih bila artis termasuk artis kelas atas.

Paidpromote
Tips jualan online selanjutnya dengan paidpromote. Paidpromote merupakan sebuah jasa menawarkan tambahan follower baru pada akun online shop yang dimiliki. Akun yang dimaksud tidak sebatas pada akun instagram saja tetapi juga bisa diterapkan pada twitter atau facebook. Paid promote di instagram ini biasanya dikenai tarif atau biaya yang besarnya bergantung dari banyaknya jumlah tambahan follower yang diinginkan. Semakin banyak jumlah follower tambahan yang diminta tentu akan semakin mahal pula tarif atau biaya yang dikenakan.

Jasa ini dipilih karena adanya keyakinan bahwa jumlah follower yang banyak akan lebih menarik. Memang benar adanya bila calon konsumen mempunyai kecenderungan tertarik dengan online shop yang memiliki banyak follower. Namun, metode ini sebenarnya memiliki beberapa kelemahan. Karenanya follower yang dimiliki mayoritas palsu jadi kenaikan omset hasil promote instagram belum bisa meningkat drastis.

Paidkeroyok
Tidak beda jauh dengan SFS, paidkeroyok dapat pula dimanfaatkan untuk promo di instagram. Hanya saja metode ini biasanya membutuhkan anggaran dana seperlu membayar jasa iklan instagram yang sudah diberikan. Cara kerjanya foto iklan bakal dimasukkan ke kereroyokan yang notabene mempunyai jumlah follower lebih banyak. Sebagai contoh, Anda yang baru mempunyai 1.000 followers bisa menggunakan paidkeroyok untuk akun instragam lain yang mempunyai jumlah follower lebih banyak. Akun instagram lain yang sudah dipilih tersebut nantinya akan meng-SFS-kan di dalam grup yang juga mempunyai follower instagram banyak.

Demikian beberapa metode efektif untuk promo di instagram. Mengenai efektifitas masing-masing metode sebenarnya juga dipengaruhi dengan produk dan performa akun online shop Anda. Bila produk yang Anda tawarkan memang berkualitas tentunya jualan ramai.

[]

http://kingpromosi.com/blog/2015/08/...-di-instagram/
Diubah oleh kingpromosi 03-10-2015 07:53
0
3.7K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan