Hupla..hohoAvatar border
TS
Hupla..hoho
••Denim House (@denimhouseid) "Great Denim Dwells Here"•• Berbagi Cerita
Halo Agan-Agan, Bro dan Sis,



Ijinkan kami memperkenalkan diri. Denim House merupakan sebuah Premium Denim Store yang saat ini berdomisili di Jakarta. Kami ingin berbagi cerita mengenai suka-duka dan pengalaman kami selama ini di kaskus, karena di forum tercinta inilah kami tumbuh berkembang hingga bisa menjadi seperti ini.

Cerita dimulai pada tahun 2010 saat dimana gw, Hans, penasaran melihat iklan jeans dengan harga diatas 1 juta rupiah. Rasa penasaran ini membuat gw mencari tahu berbagai informasi mengenai jeans ini. Setelah mencari-cari, ternyata di kaskus ini terdapat sebuah thread pada sub-forum fashion yang menjadi basecamp bagi para denim enthusiasts, yaitu Denim Head. (link: http://www.kaskus.co.id/thread/00000...7/denim-heads/). Disini banyak info dan ilmu yang didapat mengenai jeans dan all denim related stuffs lainnya yang ternyata semakin menambah ketertarikan gw pada denim.

Diiringi dengan keinginan yang gw miliki sejak lulus SMA, yaitu memiliki penghasilan sendiri. Maka gw memberanikan diri untuk mulai berjualan denim premium ini. Saat itu gw tergolong nekat, karena seluruh uang yang gw miliki saat itu (+-5jt), dijadikan modal. Dan kalau tidak laku ya gw harus pake itu semua celana sendiri (gw mulai dengan 3 jeans). Ini fixed gila, karena jeans gw sebelumnya paling mahal ya cuma Levi's dan itu cuma 1 aja. Okay, ini resiko yang harus gw tanggung.

Well, gw pede saja. Waktu itu gw sempat down karena ternyata jeans dagangan gw tidak laku-laku (yang tanya aja engga ada) selama beberapa minggu pertama. Namun, saat ada sms masuk, senangnya bukan main. Namun, ternyata ada masalah, si customer ini ragu akan keaslian celana yang dijual dan kredibilitas gw (Ya iyalah! orang blm pernah jualan, testi ga punya, cendol ga ada, wkwkwk). Namun setelah nego alot, sms panjang mesra seperti pacaran, doi berhasil gw yakinkan (yeah!! Finally!). Saat itu gw belum tau di kaskus ada yang menawarkan jasa rekening bersama. Transferan masuk, barang dikirim, dan diterima dengan bahagia. Orderan kedua juga datang dalam waktu yang cukup lama. Emang butuh kesabaran banget.

Singkat cerita, setelah 3 tahun malang-melintang berjualan di kaskus, gw berhasil mewujudkan impian gw untuk memiliki denim offline store sendiri. Tepatnya pada bulan April 2014, Denim House memiliki toko fisik yang dapat dikunjungi oleh para customer dan pencinta denim. Jangan dibayangin toko gw ini gede dan sangat keren. It's not a fancy and big store, but it's just a small and humble store. Walaupun kecil, paling tidak gw sudah berhasil menggapai impian yang gw miliki sejak awal, yaitu punya toko denim sendiri. Ini penampakannya:


Selama 1.5 tahun memiliki toko ini, gw merasa pembuatan toko ini merupakan keputusan yang tepat karena gw dapat mengundang berbagai customer gw yang tidak pernah ketemu sebelumnya, untuk berkunjung ke toko dan ngobrol sama mereka. Selain itu juga, toko ini juga dapat mengatasi masalah customer yang ragu atau tidak percaya dan ingin fitting, dengan cara langsung mengundang mereka ke toko. Dan gw dapat menunjukkan koleksi kepada customer yang datang secara lengkap dan detail.

Gw berharap kisah gw diatas dapat menginspirasi para pembaca yang ingin mencoba berbisnis untuk berkeyakinan dan langsung terjun sesuai dengan passion yang kalian miliki masing-masing.

Nah, sekarang gw ingin berbagi. gw punya 5 tips supaya usaha yang mau kalian jalankan dapat berkembang, atau yang sudah berkembang, dapat bertambah besar (semua ini sih sumbernya ya pengalaman dan isi kepala gw sendiri):
1. Bersabar dan Selalu Lakukan Yang Terbaik
Ungkapan "Orang sabar di sayang Tuhan" itu ada benernya. Kenapa? karena dalam berjualan, baik online maupun offline, kesabaran seller itu merupakan salah satu kunci bertahan dan sukses. Dalam berjualan, kita akan menemukan berbagai macam customer, mulai dari yang simple ga banyak tanya, yang curigaan, sampai yang ribet dan banyak tanya. Well, kita ga boleh ngeluh karena merekalah yang membuat bisnis kita bertahan dan berkembang. Tanpa mereka, bisnis anda tidak akan ada.


Gw sendiri setelah 4.5 taun menjalankan usaha ini, sangat banyak jenis customer yang sudah gw layani, dari yang sangat ramah, seolah-olah dia yang jualan, gw yang belanja (dia yang bilang "terima kasih" lebih banyak dari gw, aneh kan!), lalu ada juga yang nge-add bbm gw dan tanya-tanya doang, bahkan setiap dia ngechat pasti nge-PING (nge-chatnya hampir 2-3 hari sekali), dan ga pernah order sama sekali sampe 1 tahun lamanya dan tiba-tiba gw di delete contact. Ada juga tipe customer yang nge-add, langsung pesan dan transfer (ga sampe 10 menit). Gw yakin pasti semua orang kalau jadi seller pasti mengidam-idamkan jenis buyer yang terakhir (sudah pasti!). Tapi sayangnya jenis buyer seperti itu sangat sedikit, gan. Jadi yang harus kita lakukan adalah tetap bersabar dan selalu lakukan yang terbaik. Gimana mau dikasih usaha yang lebih besar kalau udah ga sabaran. Usaha yang lebih besar itu pasti membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak serta semakin banyak pelanggan yang tentunya semakin banyak pula sifat dan karakter yang harus di hadapi. So, bersabarlah.

2. Ramah Kepada Pembeli (jadikan pembeli sebagai teman ato sahabat)
"Pembeli Adalah Raja". Gw rasa ungkapan ini engga sepenuhnya tepat. Kenapa? berdasarkan pengalaman gw, customer banyak yang lebih senang kalau kita anggap dia sebagai teman. Dengan menganggap diri sebagai kawan, tentunya kita akan lebih berani berkomunikasi dengan mereka dan mereka akan lebih percaya dengan kita. Ini berdasarkan pengalam gw sendiri. Gw menganggap customer Denim House itu sebagai teman yang sama-sama suka denim. Dengan berkeyakinan akan hal itu, maka gw berani memberikan masukan dan bahkan memberi kritikan kepada customer gw. Misal: "Bro, kalo menurut gw sih itu ga cocok buat u celananya, mendingan yang ini aja, postur kaya bro ini bagusnya yang tidak terlalu ketat". Kalo gw memposisikan diri gw sebagai 100% pelayan, gw akan gw berani mengkritik atasan atau raja gw. Tapi karena gw memposisikan diri temen dia, gw berani untuk melakukan hal tersebut.


Lalu, ketika berkomunikasi dengan customer, sebaiknya jangan terlalu formal dan kaku. Ajaklah mereka untuk berbicara topik lain di luar jualan anda (tentunya kita harus bisa melihat terlebih dahulu, apakah customer tersebut dapat diajak ngobrol, karena ga semua bisa atau mau). Dengan begitu, akan ada rasa nyaman karena anda telah lebih mengenal satu sama lain, apalagi apabila ternyata terdapat kesamaan dalam hobi atau kesukaan. Jadi menambah teman baru, bukan? Jujur gw punya beberapa customer yang jadi temen saat ini, kita bisa ngmng soal politik, ekonomi, rumor yang ada, dan berbagai hal yang ga nyambung sama jeans sama sekali.

3. Bersikap Jujur dan profesional
Kalo ini sih klasik. Semua usaha kalau dijalankan dengan jujur dan profesional pasti akan berkah walaupun terdapat banyak rintangan yang dapat dihadapi dengan tips nomor 1 tadi. Contoh perilaku jujur dalam berjualan itu simple, yaitu kalau bagus bilang bagus, jelek bilang jelek, kalau customer bayar nya kelebihan ya segera dikembalikan, dan berbagai contoh lainnya. Kalau profesional artinya on-time, jangan baper pas kerja (walaupun lagi bete atau ada masalah), dan tetap melakukan yang terbaik.


4. Pakailah gadget yang memadai
Seperti yang diketahui, gadget seperti Laptop, handphone, smartphone or tablet, merupakan senjata utama kita dalam berjualan. Maka, janganlah terlalu pelit dalam berinvestasi akan hal-hal utama tersebut. Sesuaikanlah gadget anda dengan skala usaha. Jangan terlalu memaksakan gadget anda hingga menjadi super lemot karena beban yang berlebihan (overload). Gadget yang lemot akan memperlambat anda dalam melayani customer dan tentu saja akan memperlambat usaha anda sendiri. Apalah artinya mengeluarkan biaya extra untuk membeli gadget yang lebih bagus (yang bagus tidak selalu yang termahal),apabila anda bisa memperoleh hasil yang lebih besar lagi, bukan?


5. Manfaatkan Media Sosial dan Media Online terbaik semaksimal mungkin
Media Sosial atau MedSos beberapa tahun terakhir memang sedang booming dan apabila dimanfaatkan dengan bijak dan maksimal, Medsos dapat sangat membantu pada seller untuk semakin mengembangkan usahanya. Pasti kita sering denger kalo Marketing merupakan ujung tombak atau nyawa dari sebuah perusahaan. Yeah, itu bisa dibilang 99% benar, yang buktinya kita melihat dan mendengar sangat banyak iklan, baik di TV, Radio, Koran, Majalah, brosur, hingga banner di pinggir jalan. Namun, itu semua butuh modal bukan, alias ga gratis? So, buat pada perintis usaha dan berbudget tidak banyak, MedSos dapat kita manfaatkan banget. Apalagi penelitian jaman sekarang menunjukkan kalo sebagian besar waktu kita dalam sehari dihabiskan untuk bermain atau melihat gadget, yang tentunya isinya MedSos semua, mulai dari Facebook, instagram, path, Line, whatsapp, dan berbagai macam lainnya.



Selain MedSos, kita juga dapat memanfaatkan media online seperti forum kaskus kita tercinta ini. Kaskus sudah dikenal sebagai tempat mencari produk ataupun jasa dengan harga yang lebih terjangkau. Dan sudah sangat banyak pula success story para seller yang semuanya dimulai dari kaskus.

Setelah 4.5 tahun memakai kaskus, gw melihat bahwa sudah tidak terlalu banyak customer baru yang datang dari kaskus, walaupun masih ada tetapi jumlahnya tidak sebanyak dulu Mungkin bisa dibilang terdapat perubahan trend, dimana orang jaman sekarang lebih suka membuka MedSos seperti instagram, Path, dsb. Atau mungkin karena kaskus yang semakin ramai, sehingga saingan kita meningkat. Namun, gw tetep menjadikan kaskus sebagai salah satu basis gw, karena dibandingkan dengan MedSos lainnya, gw dapat menyampaikan informasi dengan lebih jelas dan lengkap di kaskus.

Gw sendiri menggunakan berbagai MedSos untuk Denim House walaupun ga semuanya, yaitu Instagram, Line, Whatsapp dan Facebook. So far, 4 media ini cukup efektif dalam menjaring customer baru dan memperkenalkan Denim House secara lebih luas. Jadi kombinasi dari Media Online kaskus dan berbagai medsos tadi sudah bagus banget untuk mendukung usaha yang gw jalankan selama ini.

Namun, tepat bulan lalu, gw dikenalkan sebuah MedSos yang bagus banget kalau dipakai oleh para pelaku bisnis, yaitu LINE@ (LINEAT). LINE@ ini merupakan sebuah produk terbaru dari LINE Corporation yang memang diperuntukkan bagi para seller atau pelaku bisnis. Awalnya gw sendiri sudah cukup puas dengan LINE yang standar, tapi pas gw liat LINE@, gw langsung yakin bahwa ini merupakan salah satu app MedSos yang selama ini gw cari untuk Denim House (dan gw yakin kalian akan berpikiran yang sama).



Perbolehkan gw untuk mengenalkan beberapa fitur dari LINE@ yang menurut gw membuat ini berbeda dan lebih baik dari MedSos yang udah ada sebelumnya.
1) Ada Time Line
Fasilitas ini sama seperti facebook dan LINE yang biasa kita gunakan, dimana kita dapat share berbagai informasi, gambar, promosi, dan lainnya kepada para follower dan pengguna LINE lainnya. Jadi, dengan melakukan update dan posting secara berkala, para customer dapat mengetahui apa saja produk baru dan promosi apa saja yang kita lakukan.


2) Fasilitas 1 on 1 Chat
1 on 1 chat ini merupakan salah satu fitur yang secara pribadi gw suka banget. Karena kita dapat langsung chatting dengan pelanggan secara personal dimana kita mewakili perusahaan atau online shop kita, bukan lagi chat pribadi seperti sebelumnya.

3) Auto reply
Di LINE@ (LINEAT) kita juga bisa mengatur account kita untuk melakukan auto-reply pada chat dari customer atau follower kita. Fitur ini sangat membantu karena para customer baru yang meng-add kita akan langsung di sapa secara otomatis, sehingga tidak ada customer yang terlewatkan ataupun terlupakan. Selain itu, apabila kita sedang diluar jam operasional, misalnya liburan, fitur ini dapat digunakan secara otomatis untuk memberikan auto-reply (content nya dapat diatur sesuai kemauan kita), sehingga customer pun dapat tetap terlayani dan mengetahui keadaan kita.


4) Banyak admin
LINE@ juga memperbolehkan account kita ditangani hingga 100 admin yang berbeda untuk anda yang memiliki id premium (maks. 20 admin untuk yang id gratis). Ini salah satu fitur yang super banget menurut gw karena LINE sebelumnya hanya bisa dioperasikan oleh maksimal 2 admin bukan? 1 melalui PC dan 1 lagi langsung dari gadget nya. Alhasil, saat banyak customer yang tanya-tanya atau memesan, response kita menjadi lambat, karena hanya bisa dibalas oleh 2 orang. Sedangkan dengan LINE@, hal ini dapat diatasi dan bukan menjadi masalah lagi, sehingga menambah profesionalitas kita layaknya perusahaan papan atas yang pelayanannya tetap maksimum walaupun sedang ramai-ramainya.

5) Terdapat Sistem Follower
Seperti yang gw sudah sempat singgung pada point no 1, LINE@ memiliki fitur follower layaknya MedSos lain seperti Instagram, Path, twitter. Fitur ini memudahkan para customer kita untuk mengetahui update terbaru dari kita.


6) Broadcast
Gw yakin bagi kalian pengguna BBM sudah ga asing lagi oleh fitur satu ini, yeah, Broadcast. Salah satu alasan gw kenapa gw masih menggunakan BBM adalah fitur broadcast nya yang memungkinkan gw untuk memberikan update langsung secara personal ke semua customer. Namun, seperti yang kalian tahu, makin banyak orang meninggalkan BBM dan beralih ke SosMed lainnya seperti WA, LINE, dsb. Gw yakin sebagai seller yang beralih ke LINE dan WA, pasti kalian kangen juga dengan fitur Broadcast ini yang memang cm ada di BBM saja. Jadi menurut gw, fitur LINE@ ini merupakan jawaban atau solusi dari galau selama ini.

7) Statistik
LINE@ juga memiliki fitur buat kalian yang sudah lebih serius dalam menggarap bisnis, yaitu adanya fitur statistik. Dengan Fitur ini kita dapat mengetahui berapa yang meng-add kita dalam satu hari, berapa like dan komen yang kita dapat dari setiap posting kita. Tentu saja informasi ini dapat berguna dan menambah wawasan kita dalam dunia usaha yang kita jalanin.


8) Kuisioner dan Polling
Salah satu hal menarik lagi di LINE@ adalah kita dapat melakukan kuisioner dan polling untuk mempelajari karakteristik pelanggan dan selera pasar. Dengan melakukan survey, kita dapat mengetahui secara lebih detail dalam merancang strategi usaha kita.

Nah, untuk kalian yang ingin mengetahui Fitur dari LINE@, gw saranin buat langsung mempelajarinya melaui Success tool yang dirilis oleh LINE Indonesia dengan mengunjungi link berikut ini (dijamin bukan Jebakan Batman): http://r.line.me/1bRz

Jadi, berdasarkan hasil coba-coba dan baca-baca, gw berpendapat bahwa LINE@ merupakan yang sangat direkomendasikan untuk digunakan bagi para seller. Kalian dapat lihat bahwa 8 point diatas itu dapat kita dapatkan hanya di satu aplikasi saja. luar biasa bukan? Jadi bisa kita katakan LINE@ merupakan kombinasi dari fitur-fitur andalan berbagai App MedSos yang sudah ada dan di-upgrade untuk mendukung secara penuh para pelaku bisnis dan pegiat usaha, baik dari skali kecil hingga besar.

Profile LINE@ dari @DenimHouseid:


Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat Account LINE@ anda dan perkenalkan kepada para customer serta rekan bisnis anda juga.

Sebagai penutup, gw mohon maaf apabila ada salah-salah kata atau yang tidak berkenan karena gw tidak bermaksud untuk menyinggung pihak manapun, karena sejatinya gw memang bukan penulis handal. Bila ada yang suka dan merasa termotivasi setelah membaca tulisan gw ini, gw mengucapkan terima kasih banyak. Saran gw buat kalian yang suka dan temotivasi, lakukan yang menjadi keinginan kalian, selama hal ini baik dan positif. Seperti kata David Bayu, "Do What you Love, Love What you do". Salam Sukses. See you on the top!



===================

Bagi anda yang ternyata sama" pecinta denim, silahkan kunjungi thread kita dengan link dibawah ini:
Nudie Jeans
Japan Denim

Sedikit Profil Denim House:
Welcome to Denim House..!



Quote:


Quote:



Quote:


Quote:


Quote:

0
7.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan