Email sebagai salah satu metode komunikasi primer sudah sepantasnya diprioritaskan; menggunakannya untuk membangun hubungan dengan customers adalah sebuah keharusan. Tetapi Agan tidak bisa hanya “menebar benih lalu berdoa” – mengirim ratusan email ke sebuah daftar alamat email, dengan berharap beberapa dari customers Agan akan membuka email tersebut dan mengambil tindakan yang dianjurkan.
Konten Agan, penyampaian, dan strategi harus relevan dengan subscribers, dan sebuah layanan penyedia email (ESP) bisa membantu Agan dalam kelima hal ini:
Quote:
1. Personalisasi
Personalisasi adalah sesuatu yang diharapkan para customer Agan. Coba bayangkan, setiap hari mereka dijejali dengan pesan-pesan yang didasarkan pada pekerjaan mereka, apa yang mereka suka lakukan, dimana mereka tinggal dan pesan-pesan yang berisi informasi tentang mereka dari berbagai perusahaan.
Sebuah ESP yang berkualitas akan memberi Agan kemampuan untuk menambahkan unsur-unsur personalisasi ke dalam setiap kampanye email, termasuk informasi pribadi, geografis, dan psikografis subscriber. Salah satunya dengan membuatkan Agan sebuah list yang tersegmentasi, sehingga memungkinkan Agan menargetkan subscriber dan mengirimkan mereka informasi, deals dan konten lain yang sifatnya custom bagi mereka.
Quote:
2. Kreatif dan desain
Penyedia layanan email (ESP) tidak hanya mampu mensegmentasi list Agan, mereka juga akan membuat atau membantu Agan mendesain template email untuk kampanye-kampanye sebanyak yang Agan butuhkan, termasuk welcome email, thank you email, email transaksional, dan emaillainnya untuk membangun engagement. Agan bebas memberi nama segmen-segmen tersebut, dan ESP standar akan memiliki tim yang bisa membangun dan menjadwalkannya untuk dikirim. Email-email ini akan dirancang secara custom sesuai konten dan brand Agan, serta dioptimalkan untuk tampil layak pada perangkat mobile.
Quote:
3. Pelaporan
Karena email dimaksudkan untuk membangun hubungan dengan para customers, bagaimana Agan tahu segala sesuatunya sudah benar dilakukan jika Agan tidak menelusuri hasil kampanye-kampanye Agan? Sebuah ESP akan menyediakan fitur untuk mengukur kampanye-kampanye email Agan dan melaporkan statistik seperti subscribe, unsubscribe, dan CTR (click-through rate) sehingga Agan bisa melihat email apa atau bagian-bagian email mana yang paling disukai dan tidak disukai para customer Agan dan dengan begitu Agan bisa menyesuaikan frekuensi mengirim email-email tersebut.
Quote:
4. Pengiriman / Infrastruktur
Suka atau tidak, ada beberapa kaidah yang harus Agan ikuti ketika mengirim email. Beberapa diantara adalah aturan yang ditetapkan oleh CAN-SPAM Act, dan beberapa lainnya adalah aturan-aturan yang berlaku hanya bagi ISP tertentu (seperti Gmail, Yahoo, dll). ESP memiliki karyawan berdedikasi penuh-waktu yang sudah terbiasa dengan semua aturan-aturan ini, dan selalu mengetahui perubahan-perubahan dan tren-tren dalam dunia pengiriman email untuk memastikan bahwa Agan mengikuti aturan-aturan yang ada dan membantu mengatasi keluhan-keluhan spamdan isu-isu pengiriman lainnya.
Memang mudah mengatakan “Saya akan menyediakan segala sesuatunya”, tetapi sudahkah Agan mempertimbangkan kompleksitas, waktu, upaya dan sumberdaya yang diperlukan untuk menjaga agar IP Agan tetap bersih, memastikan pemantauan reputasi pengirim secara teratur dan pemantauan penempatan inbox, aplikasi untuk mengelola dan mengklasifikasikan bounces Agan, atau mengoperasikan software MTA tingkat-perusahaan untuk memastikan bahwa tidak jadi masalah apakah Agan mengirim 100 atau 100.000 email sekaligus. Dan apa semua email itu akan terkirim dengan tepat waktu?
Ini adalah faktor-faktor esensial yang perlu dipertimbangkan, karena email hanya akan bermanfaat ketika customer Agan atau customer potensial bisa membuka dan menjalin engagement dengan pesan Agan. Dengan keahlian ESP dalam pengiriman dan infrastruktur yang ditujukan untuk Agan, Agan bisa yakin bahwa pesan Agan akan sampai pada audiens yang ditargetkan.
Quote:
5. Manajemen akun
ESP biasanya menawarkan pengelola akun khusus untuk layanan dan isu-isu teknis. Para profesional email ini membantu Agan dengan menganalisis kampanye-kampanye email Agan dan menawarkan nasihat tentang bagaimana kampanye-kampanye tersebut bisa mendatangkan lebih banyak pendapatan. Para pengelola akun memberikan analisis menyeluruh yang kontinyu tentang program email Agan, menyusun strategi dan membuat perencanaan dengan tim Agan untuk memastikan Agan memenuhi tujuan dan target. Pengeloma akun pada dasarnya adalah teman terbaik email marketing Agan.
ESP standar akan menghadirkan kelima fitur ini ke dalam kampanye-kampanye email Agan. Tetapi ruang digital marketing terus tumbuh hingga mencakup lebih banyak saluran selain email – sosial,mobile, dan web juga merupakan sarana penting untuk menjangkau dan mempertahankan hubungan dengan customer. Berinteraksi dengan para customer di media sosial juga sebuah cara untuk mempertahankan dan membangun hubungan-hubungan yang baik dengan customers.