Tips Membangun Contact List Email Marketing Yang Baik
TS
docoblast
Tips Membangun Contact List Email Marketing Yang Baik
8 Tips Membangun Contact List Yang Baik
Membangun contact list yang solid mungkin adalah hal terpenting yang perlu Agan lakukan sebagai pelaku email marketing. List ini harus seluruhnya bisa dikirim sekaligus, memuat subscriber yang memang ingin selalu menanti berita/informasi dari Agan, dan mencakup sejumlah bukti – tertulis atau digital – yang menunjukkan dimana dan bagaimana Agan mendapatkan setiap alamat email.
Lalu bagaimana cara membangun contact list? Panduan-panduan seperti apa yang perlu diikuti?
Spoiler for gambar:
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Agan lakukan untuk membangun sebuah contact list berbasis izin dari pemilik email:
Quote:
1. Gunakan Sign Up Form di website Agan
Gunakan Sign Up Form dan pasang di website Agan agar customers bisa mendaftar disana. Tempatkan Sign Up Form Agan pada setiap halaman, sebagai antisipasi jika customers mendarat di halaman-halaman tersebut setelah melakukan pencarian di search engine dan bukan datang dari home page.
2. Mendapatkan izin
Mungkin kedengarannya tidak masuk akal, but let’s face it: godaan untuk membeli, menyewa, atau mengeruk contact list yang sudah ada di internet memang sangat menggiurkan. Akan tetapi, cara-cara tersebut hanya akan merugikan bisnis Agan, loh. Jadi buatlah sendiri Sign Up Form di website Agan dan gunakan itu untuk mengumpulkan alamat email dan membangun list Agan sendiri.
3. Rencana jangka panjang
Ketika Agan menambahkan subscriber, buatlah rencana jangka panjang yang tetap menjaga mereka berada dalam list selama mungkin. Ini bisa berupa strategi untuk mendapatkan sebanyak mungkin feedback dari customers tentang apa yang mereka ingin lihat lebih banyak diwebsite atau di toko Agan.
4. Konfirmasi-ulang customers Agan
Jika Agan bekerja dengan contact list yang sudah lama tidak digunakan atau mengandung alamat-alamat email yang tidak aktif karena expired, konfirmasi-ulang customers Agan.
Bagaimana cara melakukannya? Kirim email konfirmasi-ulang yang meminta mereka untuksubscribe ulang ke newsletter atau bisnis Agan.
Kirim beberapa gelombang email konfirmasi-ulang kepada para customers Agan karena beberapa dari mereka biasanya tidak akan melihat email gelombang pertama Agan. Akan tetapi, jika orang yang sama tidak juga mengklik link setelah beberapa kali dikirimi email, makaunsubscribe saja mereka, karena yang bersangkutan mungkin tidak lagi tertarik menerima newsletter Agan.
Manfaat lain dari email konfirmasi-ulang adalah kita bisa melihat email mana yang mengalamibounce dan mana yang tidak lagi aktif. Bersihkan kontak-kontak tersebut dari list dan fokus padacustomers yang mengkonfirmasi-ulang subcription mereka.
5. Kumpulkan alamat email ketika customers melakukan pembelian
Strategi ini sangat berguna bila Agan mempunyai online shop. Saat proses transaksi, masukkan sebuah isian dimana customers bisa menambahkan alamat email mereka dan mendaftar untuknewsletter atau email Agan. Pastikan Agan memberitahu mereka seberapa sering mereka akan melihat newsletter Agan di inbox dan konten apa yang akan mereka terima.
Jika Agan masih belum memutuskan seberapa sering Agan akan mengirim email, samarkan info tersebut dan berfokuslah pada info apa yang akan mereka dapatkan dalam newsletter Agan.
6. Gunakan opsi forward
Cantumkan link forward pada semua email Agan. Orang suka saling bertukar email – ini opsi komunikasi yang mudah dan cepat – jadi jangan hilangkan fitur ini ketika Agan mengirim email.
7. Iklankan newsletter Agan di newsletter orang lain
Jika yang Agan mau bagikan adalah newsletter, coba iklankan newsletter Agan di newsletter orang lain.
Strategi yang sering diremehkan ini bisa menghasilkan banyak alamat email dalam waktu singkat. Jika Agan mengetahui sebuah newsletter perlengkapan outdoor yang populer dan Agan memiliki toko yang menjual peralatan berkemah, belilah sebuah iklan pada newsletter tersebut dengan link yang mengarah ke Sign Up Form Agan. Selain membeli, Agan juga bisa menawarkan barter satu link di website Agan dengan satu link di newsletter mereka.
Ingat, jika goal Agan mendapatkan alamat email yang banyak, cari newsletter dengan jumlahcustomers tinggi.
8. Manfaatkan pameran-pameran penjualan dan event khusus untuk mendapatkan subscriber
Buat Sign Up Form dalam bentuk kertas untuk event khusus saat Agan memperkirakan akan ada banyak orang berkumpul di satu tempat. Tempatkan formulir-formulir ini di tempat dengan visibilitas tinggi, seperti di meja pendaftaran, dekat tempat pembayaran atau di samping pintu depan stand Agan.
Pastikan para customers Agan tahu bahwa mendaftar tidak wajib, tetapi cantumkan checkbox di formulir-formulir tersebut yang menandakan bahwa mereka tahu apa yang mereka lakukan dengan mengisi formulir.
Membangun contact list yang kuat memang tidak selamanya mudah, tetapi hasilnya sangat besar. Ikuti tips di atas untuk membangun contact list Agan sendiri, manjakan para subscribers dan tingkatkan profit Agan melalui email marketing.