Antisipasi Penipuan/Kejahatan Terhadap Rekening Bank
TS
mandiricare
Antisipasi Penipuan/Kejahatan Terhadap Rekening Bank
Mohon maaf sebelumnya jika share ane ini sudah ada di tempat lain.
Berikut beberapa modus penipuan/kejahatan terhadap rekening bank:
1. Melalui Telepon
2. Melalui SMS
3. Melalui Email
4. Malware/Virus Komputer
5. Pengganjalan Kartu ATM/Card Trapping
Quote:
1. Melalui Telepon
Biasanya pelaku adalah orang yang tidak dikenal.
Biasanya pelaku menggunakan nomor HP (bukan telepon rumah).
Salah satu modusnya adalah menipu korban dengan iming-iming sebagai pemenang undian berhadiah atau modus lain yang berhubungan dengan transaksi rekening.
Modus lainnya adalah penipuan transaksi jual beli/sewa, misalnya mengaku sudah melakukan transfer dan meminta korban mencek transaksinya di ATM, padahal korban malah diminta transfer ke rekening si penipu atau mengarahkan korban mendaftarkan SMS Banking pelaku menggunakan akses perbankan korban.
Antisipasi:
Jangan mudah tergiur dengan undian berhadiah.
Pastikan kebenaran berita tersebut ke contact center dan minta si penelpon untuk menelpon kembali. Jika dicek ternyata penipuan maka abaikan atau block nomor pelaku tersebut.
Abaikan jika si penelpon meminta kita ke ATM, karena mencek mutasi transaksi bisa melalui SMS Banking, Internet Banking atau Mobile Banking (tidak harus perlu ke ATM kan?).
Catat nomor telepon pelaku penipuan dan segera laporkan ke kepolisian atau ke provider untuk diblock.
Kalau si pengirim mengaku transfernya berhasil dan belum masuk ke rekening penerima, maka itu adalah urusan si pengirim dengan bank, bukan urusan si penerima (sebagai pihak pasif).
Biasanya pengirim SMS adalah orang yang tidak dikenal.
Modus hampir sama dengan penipuan melalui telepon adalah dengan iming-iming korban sebagai pemenang undian berhadiah atau modus lain yang berhubungan dengan transaksi rekening.
Biasanya juga ada link ke website penipuan pakai website gratisan (blogspot atau webly) dengan tampilan yang dimirip-miripkan (namun terlihat kasar dan tidak professional).
Antisipasi:
Jangan mudah tergiur dengan undian berhadiah.
Pastikan kebenaran berita tersebut ke contact center. Jika dicek ternyata penipuan maka abaikan.
Capture/screenshoot nomor SMS pelaku penipuan dan segera laporkan ke kepolisian atau ke provider untuk diblock.
Jangan sekali-kali klik link website yang disertakan di SMS tersebut.
Spoiler for Melalui SMS:
(sumber: doc mandiricare)
(sumber: doc mandiricare - web palsu/penipuan, pake segala pasang foto Polisi dan pak Jokowi)
Quote:
3. Melalui Email
Biasanya Email yang dikirim dimirip-miripkan dengan email resmi.
Modus permintaan perubahan data akses rekening nasabah.
Biasanya juga ada link ke website penipuan pakai website gratisan (blogspot atau webly) dengan tampilan yang dimirip-miripkan.
Antisipasi:
Pastikan kebenaran email tersebut ke contact center. Jika dicek ternyata penipuan maka abaikan atau dihapus saja.
Jangan sekali-kali klik link website yang disertakan di Email tersebut.
Indikasi : Komputer menjadi lambat/berat dan ada popup screen yang mengganggu.
Melakukan pencurian dan pengiriman data pada saat terhubung ke Internet, terutama pada saat mengakses website Internet Banking.
Antisipasi:
Jangan membuka situs dengan konten porno, gambling atau hacking, karena biasanya dari situs-situs tersebut malware/virus jahat berasal.
Memasang antivirus dengan data terbaru/terupdate.
Membaca dengan teliti tips aman transaksi melalui Internet Banking.
Jangan terpancing mengisi isian sesuatu (jebakan ini..) yang biasanya tidak pernah dimintakan sebelumnya.
Hentikan segera transaksi atau menutup browser internet, kemudian bersihakn PC/laptop dari virus/malware.
Spoiler for Malware/Virus Komputer:
(sumber: google image)
Quote:
5. Pengganjalan Kartu ATM (Card Trapping)
Indikasi :kartu ATM sulit masuk ke mulut ATM.
Jika dipaksakan akan tertahan/menyangkut di mulut ATM (walau belum benar-benar tertelan) .
Modus biasanya pelaku akan pura-pura sopan dan ingin membantu (iyalah.. kalau galak tidak ada yang akan percaya ) dan akan memandu korban untuk memencet PIN beberapa kali di keyboard ATM dengan alasan cara jitu untuk mengeluarkan kartu ATM yang tertelan (tidak bisa juga lah..) itu cuma akal-akalan penipu saja untuk mengetahui PIN korban yang panik (jadi si korban ga ngeh pencetannya ada yang memperhatikan).
Modus lain yang mengarahkan korban untuk menelpon ke nomor call center palsu (suaranya dimiripkan dengan call center asli) yang biasanya pura-pura membantu memblokir kartu yang tertelan sambil mengorek informasi PIN korban (Ingat! call center asli tidak akan pernah meminta PIN nasabah lho!)
Jika PIN sudah diketahui maka pelaku akan mengeluarkan kartu yang sengaja diganjal tersebut.
Antisipasi:
Jangan panik jika kartu ATM tertelan di ATM.
Segera tinggalkan ruangan ATM dan abaikan bantuan dari siapapun, kemudian segera hubungi nomor Call Center yang asli.
Dua syarat transaksi di ATM, yaitu ada kartu ATM dan ada PIN, tanpa PIN tidak akan bisa transaksi, dari itu jangan sekali-kali menyebutkan PIN atau mengikuti instruksi pelaku dengan memencet PIN di keyborad ATM.
Spoiler for Pengganjalan Kartu ATM (Card Trapping):
Pengganjalan Kartu ATM di mulut ATM dengan penjepit (sumber: www.galacara.com)
Call Center palsu (yang asli 14000 atau 021-52997777)
Quote:
Lain-lain (Mengingatkan kembali)
Jangan pernah menyerahkan atau meminjamkan kartu identitas asli (KTP/SIM) kepada orang yang tidak/baru dikenal.
Jangan pernah menyerahkan atau mempercayakan kartu ATM berserta PIN kepada siapapun (anggota keluarga sekalipun), karena dari kartu ATM plus PIN dapat melakukan perubahan akses SMS Banking dan Mobile Banking selain untuk melakukan penarikan uang.
Segera melaporkan kehilangan kartu ATM/tertelan di ATM atau terjadi kejanggalan pada rekening/transaksi Anda ke Contact Center.
Jika sudah terkena penipuan (mudah2an jangan ya..) agar segera menghubungi Contact Center untuk meminta pemblokiran rekening pelaku. Makin cepat pelaporan makin baik agar dana masih sempat diselamatkan.
Quote:
Tips Aman Dari Phishing Malware
Spoiler for Tips Aman Dari Phishing Malware:
Hanya untuk mengingatkan kembali agar kita lebih waspada atau agan sista bisa menambahkan lagi jenis-jenis penipuan/kejahatan terhadap rekening bank.