XsampleAvatar border
TS
Xsample
[ASK] Pembelian Hard Disk yang Meragukan Keresmiannya
Selamat malam.

Ane mau bercerita sekaligus menanyakan tentang keresmian hard disk yang ane beli.
Lokasi ane di Yogyakarta, kemarin ane melakukan pembelian hard disk secara online di salah satu toko komputer di Jakarta.
Ane mengetahui toko tersebut karena reputasinya di kaskus yang terbilang cukup baik.
Sebelumnya, ane juga sudah pernah melakukan pembelian di toko tersebut dan berjalan dengan lancar.

Malam ini hard disk tersebut sampai, karena ane memilih menggunakan pengiriman via JNE YES.
Namun ada beberapa keanehan yang ane temukan ketika membuka paket tersebut. Berikut ane jelaskan melalui beberapa gambar di bawah ini.


1. Keanehan Pertama
Plastik pembungkus hard disk masih rapat, biasanya sudah terbuka untuk pemasangan segel dari distributor dan toko.
Spoiler for Plastik pembungkus hard disk masih rapat:


2. Keanehan Kedua
Kenapa barangnya tidak ada segel distributor dan toko, seperti yang sebelumnya pernah ane beli di toko tersebut? Apakah ini tergolong barang PI/BM ya, bukan resmi?
Spoiler for Tidak ada segel distributor atau toko:


3. Keanehan Ketiga
Ane menjadi semakin ragu, kemudian langsung mengecek status garansinya di situs merk hard disk tersebut. Dan ternyata status garansinya adalah Out of Region. Silakan dicek SN-nya.
Spoiler for Cek SN, status garansi "Out of Region":



Ane pesan dengan pengiriman via JNE YES, berharap agar hard disk cepat sampai dan bisa langsung ane gunakan. Tetapi akhirnya "semua pekerjaan ane tertunda", karena ane meragukan keresmian barang yang dibeli. Perlu diketahui, ane rela membeli jauh dari Jakarta karena ane tahu reputasi toko tersebut, dibandingkan membeli di toko komputer lain di tempat ane (Yogyakarta).

Tidak lama setelah menemukan keanehan yang ketiga, ane langsung kirim email kepada toko tersebut. Ya, ane tahu.. tidak akan langsung direspon, jam toko juga sudah tutup. Ane berharap besok pagi ketika staf tokonya sudah online dan membaca email dari ane, dia langsung sigap menanggapi keraguan ane ini.

Ane sedikit menyingkat beberapa kalimat di halaman situs toko tersebut.
"Di situs toko tersebut mengatakan bahwa setiap barang yang dijual bergaransi dari distributor resmi ataupun garansi dari dealer pemasok produk tersebut. Dan untuk proses garansi/service harus dengan syarat disertai kelengkapan produk tersebut seperti awal pembelian (box, segel garansiyang belum tersobek, dan nota dari toko). Apabila ada yang tidak lengkap, maka toko berhak untuk menolak barang tersebut."

Nah.. yang ane alami, tidak ada segel dari distributor maupun toko. emoticon-Bingung (S)
Akhirnya sampai saat ini hard disk tersebut masih ane biarkan tertutup plastiknya dengan rapat, sambil menunggu penjelasan dari toko tersebut.

Untuk sementara, ane tidak menyebutkan nama toko tersebut. Karena mungkin ada kesalahpahaman yang mungkin tidak ane pahami, dan dapat terselesaikan dengan baik.

Ane mau meminta saran dari mastah kaskus sekalian, siapa tahu ada yang pernah mengalami keadaan seperti ane ini.
Kira-kira apakah barang yang ane beli ini, statusnya resmi atau tidak?
Lalu jika hard disk tersebut terpaksa ane gunakan, bagaimanakah mengurus garansinya?

Terima kasih. emoticon-Blue Guy Smile (S)
0
4.4K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan