Punkdhawa5Avatar border
TS
Punkdhawa5
Tips dari ane Buat Agan yang Pake Mobil Matic dan Teknologi Valve Timing
Halo agan - agan semua
Sudah sekian lama ane cuman jadi silent reader emoticon-Big Grin
Bahkan postingan ane juga lebih banyak kalo cuman sekedar komeng aja
Nah kali ini ane akan berbagi ilmu dan tips yang ane dapet dan mengungkapkan alasannya emoticon-Smilieemoticon-Smilie emoticon-Smilie


Quote:


Quote:


Intinya yang ane tekankan disini adalah gimana caranya memanfaatkan teknologi lebar bukaan katup yang lagi naik daun 10 tahun terakhir ini.
Cara kerja dari kebanyakan teknologi tersebut adalah dengan memanfaatkan tekanan oli. (kecuali ivtec dan mivec yang pake elektronik)
Jadi gini ceritanya, dalam membuka klep, mesin menggunakan noken as yang letaknya pada bagian atas mesin. Nah jika mobil agan memiliki teknologi yang disebutkan diatas, maha hampir bisa dipastikan ada dua ukuran noken as yang bertugas menyodok klep intake. Satu ukuran kecil dan satu lagi ukuran besar. Nah kapan klep terbuka sempit dan kapan klep terbuka lebar?
Ada dua kondisi bukaan klep :
Quote:

Quote:


Quote:


Gan daritadi nerocos soal valve, klep, oli, RPM, matic, impeller, turbine emoticon-Bingung (S). Gue udah tau bego emoticon-Mad (S)
Mana tipsnya?? Kebanyakan bacot gua siram oli nih emoticon-Ngakak (S)

Sabar gann, mobil agan akan memahami agan kalo agan juga memahami mereka kan? Ada semacam stigma juga dimana cara merawat mobil agan itu memperlihatkan kepribadian agan juga, iya kan?
Oke gan okee ini nih gan tips dari ane. emoticon-Malu (S)

Setelah membaca bahasan yang agak mbulet diatas tadi, dan memahami sedikit teknologi mobil agan, maka akan lebih mudah bagi saya buat ngasih tips dengan beberapa alasannya :


Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Inti dari thread ane sebenarnya cuman pada tips kelima, dimana setelah kita berakselerasi ane sarankan untuk melepas gas, kemudian menginjak gas kembali dengan pijakan lebih lembut. Ane lebih menyarankan agan jalan konstan 100 kmh di tol daripada harus mengail top speed sampe 140 bahkan 200 kmh namun kemudian ada halangan di depan agan. Begitu pula di jalam protokol non-tol. lebih baik konstan 50kpj daripada sebentar 80kpj terus macet 5kpj. emoticon-Ngakak (S)



Last.. Jangan lupa juga buat tetap safety driving. Selalu pakai sabuk pengaman dan jangan kebut - kebutan. Karena di rumah masih ada orang - orang tersayang yang berharap kita selamat sampai tujuan.

Mohon maaf kalo ane repost, tetapi tujuan ane buat berbagi ilmu dan berdiskusi. Juga menekankan untuk lebih memahami kendaraan agan, baik itu motor atau mobil emoticon-Kiss (S)
TS sendiri masih mahasiswa kere gan, kemana - mana naik motor emoticon-Ngakak (S)
Tapi kalo ada perlunya sih selalu siap jadi sopir keluarga emoticon-Hammer (S)


Thanks buat para kaskuser yang main ke thread ane,
Monggo dipraktekkan tipsnya
Sengaja ane post di Lounge, karena ane yakin ga semua kaskuser sempat mampir ke forum otomotif kan? emoticon-Big Grin
Ane berharap emoticon-Rate 5 Star dari agan - agan semua,
Jika ada yang berkenan, silahkan kasih emoticon-Cendol (S)
Dan kalo gasuka jangan di emoticon-Bata (S) ya gan

Regards,
Pengky
0
5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan