- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Menakjubkan! Inilah 10 Jembatan Tertinggi Di Dunia!


TS
littleCrab
Menakjubkan! Inilah 10 Jembatan Tertinggi Di Dunia!

Quote:
Sebelumnya ane mau ucapin terima kasih buat agan/sista yang udah mampir di thread ane ini.


Quote:
Thread ini anti repost ya
Cek No Repost

Cek No Repost
Quote:
Halo agan/sista yang cakep dan manis-manis
. Apa kabarnya, semoga sehat walafiat ya.
Kali ini ane mau bahas tentang jembatan nih. Tau jembatan kan? Hehe, itu loh tempat untuk menuntaskan hajat.
(Itu jamban kali
). Hahaha.
Nah, biasanya kalau kita membicarakan kehebatan sebuah jembatan, kemungkinan yang terpikirkan oleh kita adalah panjang jembatan tersebut, ya kan? Kali ini agak sedikit berbeda, karena kita akan membahas tentang tinggi jembatan. Ya, jembatan bukan soal panjang pendek doang lho gan/sis
, tapi juga soal tinggi.
Gan/sis tau kan pilar yang ada di jembatan-jembatan modern. Itu lho yang menopang struktur setiap jembatan agar jembatan tetap kuat menahan segala rintangan yang dilaluinya (oh.. itu mah tiang
). Semakin tinggi suatu jembatan biasanya semakin tidak stabil, oleh karena itu dibutuhkan struktur dan terapan teknologi yang canggih agar si jembatan siap melaksanakan tugas yang telah diembankan padanya. 
Dewasa ini, kebutuhan akan transportasi sudah seperti kebutuhan akan nasi setiap hari. Akan sangat memudahkan bahkan dapat mendatangkan keuntungan dan efisiensi bila jarak transportasi itu dikurangi. Meskipun di tempat yang tinggi.
Misalnya, gan/sis ada di bukit A, ingin ke bukit B. Gan/sis harus nurunin bukit A dulu lalu naik ke bukit B. Nah, bagaimana kalau kita persimple, dengan cara bikin jembatan antara A dan B. Tentunya akan lebih cepat sampai dan efisien kan?. (Yah... "Simple")
Baiklah, inilah 10 jembatan-jembatan tertinggi di dunia.


Kali ini ane mau bahas tentang jembatan nih. Tau jembatan kan? Hehe, itu loh tempat untuk menuntaskan hajat.
(Itu jamban kali

Nah, biasanya kalau kita membicarakan kehebatan sebuah jembatan, kemungkinan yang terpikirkan oleh kita adalah panjang jembatan tersebut, ya kan? Kali ini agak sedikit berbeda, karena kita akan membahas tentang tinggi jembatan. Ya, jembatan bukan soal panjang pendek doang lho gan/sis

Gan/sis tau kan pilar yang ada di jembatan-jembatan modern. Itu lho yang menopang struktur setiap jembatan agar jembatan tetap kuat menahan segala rintangan yang dilaluinya (oh.. itu mah tiang


Dewasa ini, kebutuhan akan transportasi sudah seperti kebutuhan akan nasi setiap hari. Akan sangat memudahkan bahkan dapat mendatangkan keuntungan dan efisiensi bila jarak transportasi itu dikurangi. Meskipun di tempat yang tinggi.
Misalnya, gan/sis ada di bukit A, ingin ke bukit B. Gan/sis harus nurunin bukit A dulu lalu naik ke bukit B. Nah, bagaimana kalau kita persimple, dengan cara bikin jembatan antara A dan B. Tentunya akan lebih cepat sampai dan efisien kan?. (Yah... "Simple")
Baiklah, inilah 10 jembatan-jembatan tertinggi di dunia.
Quote:
Daftar berikut ini berdasarkan tinggi bangunannya. Tinggi bangunan di sini adalah jarak dari puncak vertikal maximum jembatan sampai titik terbawahnya yang terlihat.

Quote:
10. Jembatan Jiujang Fuyin
Quote:
Quote:
Statistik
Tinggi bangunan : 244,3 meter
Bentang Terpanjang : 818 meter
Tipe : Jembatan Kabel Pancang
Diresmikan : 2013
Lokasi : Jiujiang, Tiongkok
Tinggi bangunan : 244,3 meter
Bentang Terpanjang : 818 meter
Tipe : Jembatan Kabel Pancang
Diresmikan : 2013
Lokasi : Jiujiang, Tiongkok

Quote:
Jembatan Jiujiang Fuyinjuga disebut jembatan Jiujiang II, adalah jembatan yang membentang sungai Yangtze antara Huangmei, Huanggang di Propinsi Hubei dengan Jiujiang di Propinsi Jiangxi. Di jembatan ini, ada 6 jalur jalan Tol G70 Fuzhou–Yinchuan.
Awal konstruksi pada tanggal 27 September 2009 dan selesai pada 28 Oktober 2013.
Awal konstruksi pada tanggal 27 September 2009 dan selesai pada 28 Oktober 2013.

Quote:
9. Jembatan Zhongxian Huyu
Quote:
Quote:
Statistik
Tinggi bangunan : 274,5 meter
Bentang Terpanjang : 460 meter
Tipe : Jembatan Kabel Pancang
Diresmikan : 2010
Lokasi : Huangshi, Tiongkok
Tinggi bangunan : 274,5 meter
Bentang Terpanjang : 460 meter
Tipe : Jembatan Kabel Pancang
Diresmikan : 2010
Lokasi : Huangshi, Tiongkok

Quote:
Jembatan Zhongxian Huyuadalah jembatan yang membentang sungai Yangtze di Zhong, Chongqing, Tiongkok. Selesai dibangun pada tahun 2010. Dilalui oleh jalan Tol G50 Shanghai–Chongqing.
Dengan bentang utamanya sepanjang 460 meter, membuat jembatan Zhongxian Huyu menjadi salah satu jembatan kabel pancang terpanjang di dunia. Jembatan ini dibangun 134 meter di atas sungai aslinya. Namun, waduk yang dihasilkan oleh pembangkit listrik Three Gorges Dam membuat tinggi air bertambah dan jarak bebas jembatan pun berkurang hingga 84 meter saat ketinggian mencapai puncaknya.
Dengan bentang utamanya sepanjang 460 meter, membuat jembatan Zhongxian Huyu menjadi salah satu jembatan kabel pancang terpanjang di dunia. Jembatan ini dibangun 134 meter di atas sungai aslinya. Namun, waduk yang dihasilkan oleh pembangkit listrik Three Gorges Dam membuat tinggi air bertambah dan jarak bebas jembatan pun berkurang hingga 84 meter saat ketinggian mencapai puncaknya.

Quote:
8. Jembatan Great Belt East
Quote:

Quote:
Statistik
Tinggi bangunan : 254 meter
Bentang Terpanjang : 1.624 meter
Tipe : Jembatan Suspensi
Diresmikan : 1998
Lokasi : Slagelse, Denmark
Tinggi bangunan : 254 meter
Bentang Terpanjang : 1.624 meter
Tipe : Jembatan Suspensi
Diresmikan : 1998
Lokasi : Slagelse, Denmark

Quote:
Jembatan Great Belt East(nama aslinya: Østbroen) merupakan jembatan suspensi yang menghubungkan Halsskov and Sprogø. Dibangun tahun 1991 hingga 1998 dengan anggaran US$ 950 Juta (atau sekitar Rp. 46.371.651.183.200,00).
Dengan bentang sepanjang 1.624 meter, sehingga jembatan ini merupakan jembatan dengan bentangan suspensi terpanjang urutan ke 3 di dunia, dibawah Jembatan Akashi Kaikyō dan Jembatan Xihoumen. Jembatan Great Belt East ini sebenarnya direncanakan untuk selesai tepat waktu agar menjadi jembatan terpanjang di dunia, namun pada akhirnya ditunda dan dikalahkan.
Jarak bebas untuk kapal adalah 65 meter, yang artinya, kapal pesiar terbesar di dunia, yaitu kapal pesiar kelas Oasis, pas muat di bawahnya (tanpa cerobong asap-TS).
Kedua tiang utamanya adalah titik tertinggi di Denmark (untuk bangunan solid, bukan tower sutet
), yaitu 254 meter di atas permukaan laut.
Dengan bentang sepanjang 1.624 meter, sehingga jembatan ini merupakan jembatan dengan bentangan suspensi terpanjang urutan ke 3 di dunia, dibawah Jembatan Akashi Kaikyō dan Jembatan Xihoumen. Jembatan Great Belt East ini sebenarnya direncanakan untuk selesai tepat waktu agar menjadi jembatan terpanjang di dunia, namun pada akhirnya ditunda dan dikalahkan.
Jarak bebas untuk kapal adalah 65 meter, yang artinya, kapal pesiar terbesar di dunia, yaitu kapal pesiar kelas Oasis, pas muat di bawahnya (tanpa cerobong asap-TS).
Kedua tiang utamanya adalah titik tertinggi di Denmark (untuk bangunan solid, bukan tower sutet

Quote:


Quote:
7. Jembatan Jingyue
Quote:

Quote:
Statistik
Tinggi bangunan : 265 meter
Bentang Terpanjang : 816 meter
Tipe : Jembatan Kabel Pancang
Diresmikan : 2010
Lokasi : Jingzhou, Tiongkok
Tinggi bangunan : 265 meter
Bentang Terpanjang : 816 meter
Tipe : Jembatan Kabel Pancang
Diresmikan : 2010
Lokasi : Jingzhou, Tiongkok

Quote:
Jembatan Jingyueadalah jembatan kabel pancang yang menyeberangi sungai Yangtze antara Jianli, Propinsi Hubei dengan Yueyang, Propinsi Hunan. Jembatan ini diresmikan pada bulan Juni tahun 2010. Jembatan ini juga merupakan salah satu dari 10 jembatan kabel pancang terbesar di dunia.
Beberapa bulan setelah diresmikan, dikenakan tarif bagi pengendara yang melewati jembatan ini.
Beberapa bulan setelah diresmikan, dikenakan tarif bagi pengendara yang melewati jembatan ini.

Quote:
6. Jembatan Yi Sun-sin
Quote:

Quote:
Statistik
Tinggi bangunan : 270 meter
Bentang Terpanjang : 1.545 meter
Tipe : Jembatan Suspensi
Diresmikan : 2012
Lokasi : Yeosu, Korea Selatan
Tinggi bangunan : 270 meter
Bentang Terpanjang : 1.545 meter
Tipe : Jembatan Suspensi
Diresmikan : 2012
Lokasi : Yeosu, Korea Selatan

Quote:
Jembatan Yi Sun-sinmerupakan jembatan suspensi yang terletak di pesisir selatan Korea Selatan. Jembatan in merupakan jembatan suspensi ke-4 terpanjang di dunia, dengan bentang utama sepanjang 1.545 m sejak diresmikan pada tahun 2012.
Yi Sun-sin adalah nama laksamana Korea yang lahir pada 1545, dan merupakan orang pertama yang membuat kapal perang lapis baja yang disebut kapal kura-kira (Turtle Ship), dan mempertahankan negaranya dari angkatan laut Jepang pada masa Dinasti Joseon. Jembatan ini didesain oleh Yooshin corporation dan dibangun oleh Daelim Industrial Company.
Jembatan ini pernah menjadi finalis di Outstanding Structure Award (semacam penghargaan untuk insinyur, arsitek, kontraktor, dan owner untuk bangunan yang paling keren, inovatif, dan kreatif) pada tahun 2013.
Yi Sun-sin adalah nama laksamana Korea yang lahir pada 1545, dan merupakan orang pertama yang membuat kapal perang lapis baja yang disebut kapal kura-kira (Turtle Ship), dan mempertahankan negaranya dari angkatan laut Jepang pada masa Dinasti Joseon. Jembatan ini didesain oleh Yooshin corporation dan dibangun oleh Daelim Industrial Company.
Jembatan ini pernah menjadi finalis di Outstanding Structure Award (semacam penghargaan untuk insinyur, arsitek, kontraktor, dan owner untuk bangunan yang paling keren, inovatif, dan kreatif) pada tahun 2013.

Quote:
5. Jembatan Stonecutters
Quote:

Quote:
Statistik
Tinggi bangunan : 298 meter
Bentang Terpanjang : 1.018 meter
Tipe : Jembatan Kabel Pancang
Diresmikan : 2009
Lokasi : Hong Kong, Hong Kong
Tinggi bangunan : 298 meter
Bentang Terpanjang : 1.018 meter
Tipe : Jembatan Kabel Pancang
Diresmikan : 2009
Lokasi : Hong Kong, Hong Kong

Quote:
Jembatan Stonecuttersadalah jembatan yang membentang kanal Rambler di Hong Kong, yang menghubungkan Nam Wan Kok, Pulau Tsing Yi dan Pulau Stonecutters. Dek jembatannya selesai dibangun pada 7 April 2009, semenjak itu jembatan ini menjadi jembatan dengan kabel pancang terpanjang ke-2 di dunia. Dibuka untuk lalu lintas pada 20 Desember 2009.
Pembangunan dimulai pada 27 April 2004 dengan kerjasama oleh Maeda–Hitachi–Yokogawa–Hsin Chong dengan anggaran HK$2.76 Milliar (menurut laporan sih over buget
).
Karena tantangan dan kesulitan yang ekstrim dalam membangun jembatan Stonecutters ini, proyek pembangunannya ditayangkan di Discovery Channel dalam acara Extreme Engineering pada 1 November 2006 dan 27 April 2009.
Jembatan Stonecutters memenangkan 10 penghargaan tertinggi dalam acara tahunan Structural Award, yang dipersembahkan oleh Institution of Structural Engineers, Inggris.
Pembangunan dimulai pada 27 April 2004 dengan kerjasama oleh Maeda–Hitachi–Yokogawa–Hsin Chong dengan anggaran HK$2.76 Milliar (menurut laporan sih over buget

Karena tantangan dan kesulitan yang ekstrim dalam membangun jembatan Stonecutters ini, proyek pembangunannya ditayangkan di Discovery Channel dalam acara Extreme Engineering pada 1 November 2006 dan 27 April 2009.
Jembatan Stonecutters memenangkan 10 penghargaan tertinggi dalam acara tahunan Structural Award, yang dipersembahkan oleh Institution of Structural Engineers, Inggris.

Quote:
4. Jembatan Akashi-Kaikyo
Quote:
Quote:
Statistik
Tinggi bangunan : 298,3 meter
Bentang Terpanjang : 1.991 meter
Tipe : Jembatan Suspensi
Diresmikan : 1998
Lokasi : Kobe, Jepang
Tinggi bangunan : 298,3 meter
Bentang Terpanjang : 1.991 meter
Tipe : Jembatan Suspensi
Diresmikan : 1998
Lokasi : Kobe, Jepang

Quote:
Jembatan Akashi Kaikyō, atau disebut juga Jembatan Mutiaraadalah jembatan yang menghubungkan kota Kobe di daratan Honshu dengan Iwaya di Pulau Awaji, di Jepang.
Sejak selesai di tahun 1998, jembatan ini menjadi jembatan dengan bentang tengah terpanjang di antara jembatan suspensi lain di dunia, yaitu sepanjang 1.991 meter.
Aslinya, jarak kedua menara jembatan ini adalah 1.990 meter, namun gempa Hanshin pada 17 Januari 1995 menambah jarak itu sepanjang 1 meter, sehingga bentangannya menjadi 1.991 meter. Kedua menara tersebut menjulang 282 meter di atas permukaan laut, dan jembatan dapat memuai karena panas hingga sepanjang 2 meter dalam satu hari.
Sejak selesai di tahun 1998, jembatan ini menjadi jembatan dengan bentang tengah terpanjang di antara jembatan suspensi lain di dunia, yaitu sepanjang 1.991 meter.
Aslinya, jarak kedua menara jembatan ini adalah 1.990 meter, namun gempa Hanshin pada 17 Januari 1995 menambah jarak itu sepanjang 1 meter, sehingga bentangannya menjadi 1.991 meter. Kedua menara tersebut menjulang 282 meter di atas permukaan laut, dan jembatan dapat memuai karena panas hingga sepanjang 2 meter dalam satu hari.
Quote:


Quote:
3 Besar lanjut ke Post #2
Diubah oleh littleCrab 06-03-2015 05:21
0
5.9K
Kutip
37
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan